METODE WALI KELAS DALAM MEMBINA AKHLAK SANTRI DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR 7
Abstract
Tujuan pendidikan adalah mengutamakan akhlak peserta didik, sehingga peneliti perlu mendalami metode pembinaan akhlak yang diterapkan oleh wali kelas di Pondok Pesantren Darussalam Gontor 7 Tahun 1445-1446 H kepada peserta didik baru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan sumber utama data manusia (Resource Person), dan temuan penelitian disimpulkan dengan pernyataan yang terdiri dari kalimat dan kata. Hasil dari pembahasan ini adalah metode yang digunakan oleh wali kelas menggunakan beberapa metode, yaitu metode uswatun hasanah (keteladanan), metode pembiasaan positif, metode pemberian nasehat, metode pengawasan, serta Targhib (Pahala) dan Tarhib. Metode (Hukuman), Dalam hal ini metode wali kelas sudah berjalan dengan baik dan terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan akhlak yaitu faktor pengurus asrama, wali, minat, bakat, dan lingkungan sosial.
Downloads
References
Lutfi Izuddin et al., (2019) “Penerapan Metode Pembinaan Akhlak Terhadap Santri Baru Di Pondok Modern Darussalam Gontor Tahun Pelajaran 2018/2019,” In Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://eprints.ums.ac.id/76991/
Mohamad Jamaludin,Umamatul Khaeriyah, Dan Suteja, (2021) “Pembinaan Akhlak Santri Melalui Pendekatan Keteladanan Di Pondok Pesantren An-Nidhom Kota Cirebon,” Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 4, No. 2
Munawar Rahmad, (2016) Filsafat Akhlak “Mengkaji Ontologi Akhlak Mulia dengan Epistimologi Qurani”(Bandung: Celtic Press).
Muhammad Fadillah dan Latif Mualifatu Khorida,( 2013 ) “Pendidikan dan Karakter Anak Usia Dini “(Jogjakarta: Ar-RUZZ MEDIA).
Mas Pur, “Arti Uswatun Hasanah – Arab Dan Dalil”, https://www.freedomsiana.id/uswatun-hasanah. Di Akses Pada 28 Februari 2024 Jam 22.15.
Dr. Muhajir, M.A, ( 2015 ) “Materi dan Metode Pendidikan Anak dalam Al-Qur’an” IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. FTK Banten Press.
Pras, Arti Wali Kelas di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), https://kbbi.lektur.id/wali-kelas, diakses 2 februari 2024 Jam 20.00.
Ria, Peranan Wali Kelas di Sekolah, https://www.trigonalmedia.com/2015/03/peranan-wali-kelas-di-sekolah.html diakses 16 februari 2024 Jam 21.00
Robert L Gibson , (2010) Bimbingan dan Konseling, (yogyakarta: Pustaka Pelajar )
Sugiyono. ( 2009 ) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Bandung: Afabeta)
Syabuddin Gade, (2019) “Membumikan Pendidikan Akhlak Mulia Anak Usia Dini,”(Aceh: Naskah Aceh).
Sutrisno Ahmad, Ali Syarqoni Dan Rif’at Hasan, (2011) “Ushul Tarbiyah wa ta’lim” juz 1 ( Ponorogo: Darussalam Press)
Widiati Isana, ( 2016 ) “Pembinaan Keberagamaan dan Keilmuan Generasi Muda di Madrasah Diniyah Attaqwa, Desa Cisontrol Kabupaten Ciamis Tahun 1983-1989,” Al-Tsaqafa : Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, Vol.13, No. 2
Yusron Ghoni, (2021) “komunikasi Interpersonal Antara Wali Kelas Dengan Santri Kelas 3 Dalam Penanaman Nilai-Nilai Akhlak,” Sahafa : Jurnal of Islamic Comunication, Vol. 3, No.2
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format), and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).