METODE WALI KELAS DALAM MEMBINA AKHLAK SANTRI DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR 7

  • subhi nur nurdin universitas muhammadiyah lampung
  • M. Sholihin Universitas Muhammadiyah Lampung
  • M. Rizkal Fajri Universitas Muhammadiyah Lampung

Abstract

Tujuan pendidikan adalah mengutamakan akhlak peserta didik, sehingga peneliti perlu mendalami metode pembinaan akhlak yang diterapkan oleh wali kelas di Pondok Pesantren Darussalam Gontor 7 Tahun 1445-1446 H kepada peserta didik baru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan sumber utama data manusia (Resource Person), dan temuan penelitian disimpulkan dengan pernyataan yang terdiri dari kalimat dan kata. Hasil dari pembahasan ini adalah metode yang digunakan oleh wali kelas menggunakan beberapa metode, yaitu metode uswatun hasanah (keteladanan), metode pembiasaan positif, metode pemberian nasehat, metode pengawasan, serta Targhib (Pahala) dan Tarhib. Metode (Hukuman), Dalam hal ini metode wali kelas sudah berjalan dengan baik dan terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan akhlak yaitu faktor pengurus asrama, wali, minat, bakat, dan lingkungan sosial.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif Munandar ( 2022), Metode Guru Dalam Membina Akhlak Siswa Di Madrasah Aliyah. JER, Jurnal Of Educational Research, Vol 1, No 1, Hal. 11
Lutfi Izuddin et al., (2019) “Penerapan Metode Pembinaan Akhlak Terhadap Santri Baru Di Pondok Modern Darussalam Gontor Tahun Pelajaran 2018/2019,” In Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://eprints.ums.ac.id/76991/
Mohamad Jamaludin,Umamatul Khaeriyah, Dan Suteja, (2021) “Pembinaan Akhlak Santri Melalui Pendekatan Keteladanan Di Pondok Pesantren An-Nidhom Kota Cirebon,” Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 4, No. 2
Munawar Rahmad, (2016) Filsafat Akhlak “Mengkaji Ontologi Akhlak Mulia dengan Epistimologi Qurani”(Bandung: Celtic Press).
Muhammad Fadillah dan Latif Mualifatu Khorida,( 2013 ) “Pendidikan dan Karakter Anak Usia Dini “(Jogjakarta: Ar-RUZZ MEDIA).
Mas Pur, “Arti Uswatun Hasanah – Arab Dan Dalil”, https://www.freedomsiana.id/uswatun-hasanah. Di Akses Pada 28 Februari 2024 Jam 22.15.
Dr. Muhajir, M.A, ( 2015 ) “Materi dan Metode Pendidikan Anak dalam Al-Qur’an” IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. FTK Banten Press.
Pras, Arti Wali Kelas di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), https://kbbi.lektur.id/wali-kelas, diakses 2 februari 2024 Jam 20.00.
Ria, Peranan Wali Kelas di Sekolah, https://www.trigonalmedia.com/2015/03/peranan-wali-kelas-di-sekolah.html diakses 16 februari 2024 Jam 21.00
Robert L Gibson , (2010) Bimbingan dan Konseling, (yogyakarta: Pustaka Pelajar )
Sugiyono. ( 2009 ) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Bandung: Afabeta)
Syabuddin Gade, (2019) “Membumikan Pendidikan Akhlak Mulia Anak Usia Dini,”(Aceh: Naskah Aceh).
Sutrisno Ahmad, Ali Syarqoni Dan Rif’at Hasan, (2011) “Ushul Tarbiyah wa ta’lim” juz 1 ( Ponorogo: Darussalam Press)
Widiati Isana, ( 2016 ) “Pembinaan Keberagamaan dan Keilmuan Generasi Muda di Madrasah Diniyah Attaqwa, Desa Cisontrol Kabupaten Ciamis Tahun 1983-1989,” Al-Tsaqafa : Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, Vol.13, No. 2
Yusron Ghoni, (2021) “komunikasi Interpersonal Antara Wali Kelas Dengan Santri Kelas 3 Dalam Penanaman Nilai-Nilai Akhlak,” Sahafa : Jurnal of Islamic Comunication, Vol. 3, No.2
Published
2024-12-13
How to Cite
nurdin, subhi, SholihinM., and FajriM. Rizkal. 2024. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 7 (2), 237-47. Accessed December 22, 2024. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/paramurobi.v7i2.7463.

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times