https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/magna/issue/feedMagna: Journal of Economics, Management, and Business2025-07-30T06:51:13+07:00Open Journal Systems<p>Journal of Economics, Management, and Business</p>https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/magna/article/view/9832Pengaruh Gaya Hidup Digital dan Personal Branding di Media Sosial Terhadap Keputusan Karir Mahasiswa2025-07-28T07:39:03+07:00Yori Nur Mayshanurmayshayori@gmail.comAina Tasyatasyaaina673@gmail.comAmmara Fazilatun Nisaammarafazilatunisa@gmail.comSyarifah Silvi Helmina Aryanisyarifahsilviha@gmail.comHutomo Atman Maulanahutomomaulana@polbeng.ac.id<p><strong>Tujuan</strong> - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya hidup digital dan personal branding di media sosial terhadap keputusan karir mahasiswa, serta meninjau peran review sebagai faktor yang memengaruhi kedua variabel tersebut</p> <p><strong>Metode </strong>– Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik <em>analisis Partial Least Square-Structural Equation Modeling</em> (PLS-SEM). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 mahasiswa yang dipilih melalui purposive sampling.</p> <p><strong>Hasil </strong>- Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup digital dan personal branding di media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan karir mahasiswa. Selain itu, review juga terbukti memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap gaya hidup digital dan personal branding. Temuan ini mengindikasikan bahwa informasi dan ulasan digital dapat membentuk pola perilaku serta citra diri mahasiswa yang berdampak langsung pada pilihan karir mereka.</p> <p><strong>Implikasi</strong> - Penelitian ini adalah pentingnya literasi digital dan kesadaran personal branding dalam pembinaan karir mahasiswa.</p> <p><strong>Orisinalitas</strong> - Orisinalitas penelitian ini terletak pada integrasi variabel <em>review</em> sebagai prediktor awal yang menghubungkan pengaruh media digital terhadap proses pengambilan keputusan karir di era digital.</p>2025-07-28T06:58:22+07:00##submission.copyrightStatement##https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/magna/article/view/9963Analisis SWOT Dan AHP Dalam Strategi Pemasaran Pada Hotel Baby Angel Dieng Mitra Red Doorz2025-07-28T07:39:04+07:00Nailil Mahfirohtrihudiyatmanto@unsiq.ac.idM. Trihudiyatmantotrihudiyatmanto@unsiq.ac.idEni Candra Nurhayatitrihudiyatmanto@unsiq.ac.id<p><strong>Tujuan -</strong> Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan pemasaran hotel Baby Angel Dieng Mitra Red Doorz di Wonosobo Jawa Tengah.</p> <p><strong>Metodologi -</strong> Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pertama, Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats), IFAS (Internal Factors Analysis Summary), EFAS (External Factors Analysis Summary), dan AHP (Analytic Hierarchy Process). Analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi hotel Baby Angel Dieng Mitra Red Doorz, sementara IFAS dan EFAS digunakan untuk mengukur bobot dan rating dari faktor-faktor tersebut guna menentukan posisi hotel dalam matriks SWOT. Selanjutnya, metode AHP digunakan untuk menentukan prioritas strategi pemasaran yang optimal.</p> <p><strong>Hasil -</strong> Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis SWOT hotel Baby Angel Dieng Mitra Red Doorz berada dalam kuadran I yang mendukung strategi agresif. Strategi yang disarankan antara lain promosi yang lebih masif dan peningkatan kualitas hotel dalam menambah kerjasama dengan pihak ketiga. Sedangkan analisis AHP mengidentifikasi strategi pemasaran prioritas pertama adalah strategi 5, yaitu dengan menambah fasilitas dan karyawan serta mengadakan program pelatihan dan pendidikan bagi karyawan.</p> <p><strong>Keterbatasan -</strong> Penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan, seperti tidak mendapatkan semua data internal, dan pesatnya perkembangan media sosial dan teknologi dapat membuat hasil analisis kurang sesuai karena adanya perubahan di masa depan. Dengan adanya keterbatasan dalam penelitian ini agenda penelitian mendatang bagi peneliti selanjutnya dapat dilakukan dengan studi perbandingan terhadap industri jasa penginapan lainnya dan pengembangan rencana implementasi yang lebih mendalam.</p> <p><strong>Implikasi -</strong> Hasil penelitian ini bertujuan bagi untuk menyelesaikan permasalahan terkait belum tercapainya target pemasaran di Hotel Baby Angel Dieng Mitra Red Doorz serta menjadi masukan dan bahan refrensi bagi infestor yang akan menanamkan sahamnya di Hotel Baby Angel Dieng Mitra Red Doorz.</p>2025-07-28T07:35:24+07:00##submission.copyrightStatement##https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/magna/article/view/9979Pengaruh Viral Marketing Store Atmosphere Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian2025-07-30T06:51:13+07:00Alfin Setia Pamungkasbahtiarefd@unsiq.ac.idBahtiar Efendibahtiarefd@unsiq.ac.id<p><strong>Tujuan <em>-</em></strong> Tujuan peneletian ini adalah untuk mengetahui pengaruh viral marketing store atmosphere dan brand terust terhadap keputusan pembelian pada kedai kopi Bahagia kalibeber.</p> <p><strong>Metodologi -</strong> Penelian ini merupakan penelitian kauntitaf dengan popusali sebanyak 104 orang dengan mungunakan Teknik analisis data kuantitatif pengumpulan data mengunakan kuesioner.analis data statistic mengunakan Teknik analisis regresi berganda uji hipostesis mengunakan uji f dan uji t.</p> <p><strong>Hasil -</strong> hasil penelitian ini 1. Viral marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di kedai kopi Bahagia Kalibeber. 2 Store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap keputusan penbelian pada kedai kopi Bahagia Kalibeber. 3 Brand trust berpengaruh signifikan terhadap keputusan penbelian pada kedai kopi Bahagia Kalibeber.</p>2025-07-30T06:51:12+07:00##submission.copyrightStatement##