Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Aparat Pemerintah Daerah: Dengan Variabel Moderasi Gaya Kepemimpinan, Komitmen Organisasi, Dan Budaya Organisasi

(Studi Empiris Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Wonosobo)

  • Widhi Pranowo Badan Pusat Statistik
Keywords:
Anggaran, Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi, Variabel Moderating

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja aparat pemerintah daerah dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya (studi empiris pada Pemerintah Daerah Kabupaten Wonosobo)

Metode – Penelitian ini menggunakan metode penelitian kausal komparatif dengan mengidentifikasi hubungan sebab akibat antara variabel independen dan dependen. Sampel yang digunakan sebanyak 41 responden serta kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda.

Hasil - Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan jika partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja aparat dan gaya kepemimpinan. Namun penyusunan anggaran tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap komitmen organisasi dan budaya organisasi. Pemerintah perlu menyelenggarakan briefing/workshop yang didalamnya ada pemberian motivasi dan penciptaan sistem oleh pemerintah daerah dimana semua orang dapat ikut mengakses proses penyusunan anggaran dari awal hingga akhir.

Implikasi – Secara teoritis penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi dalam penyusunan anggaran terhadap kinerja aparat pemerintah daerah, serta juga diharapkan sebagai sarana pengembangan ilmu pengetahuan yang secara teoritis dipelajari di bangku perkuliahan. Secara praktis Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Pemerintah Kabupaten Wonosobo dalam mengambil kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan penyusunan anggaran yang dapat meningkatkan kinerja aparat   Pemerintah   Daerah   didalam   instansi-instansi   yang   berada   di lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonosobo.

Orisinalitas - Makalah ini melihat hubungan beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja aparat pemerintah daerah, dengan variabel moderasi gaya kepemimpinan, komitmen organisasi dan budaya organisasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-31
How to Cite
PranowoW. (2024, July 31). Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Aparat Pemerintah Daerah: Dengan Variabel Moderasi Gaya Kepemimpinan, Komitmen Organisasi, Dan Budaya Organisasi. MAGNA: Journal of Economics, Management, and Business, 3(2), 64-83. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/magna.v3i2.7963
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times