Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kinerja UMKM Dengan Inovasi Produk Sebagai Variabel Mediasi

(Studi Pada Sektor UMKM Makanan Dan Minuman Bersertifikat Halal Di Kabupaten Wonosobo)

  • Dwi Endah Nuraini Universitas Muria Kudus
  • Supriyono Supriyono Universitas Muria Kudus
  • Mamik Indaryani Universitas Muria Kudus
Keywords:
Kompetensi, Motivasi, Inovasi Produk, Kinerja UMKM

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi dan motivasi terhadap kinerja UMKM dengan inovasi produk sebagai variabel mediasi (studi pada sektor UMKM makanan dan minuman bersertifikat halal di Kabupaten Wonosobo).

Metedologi - Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, berdasarkan tingkat penjelasan, maka jenis penelitian ini merupakan penelitian asosiatif atau penelitian yang menguji pengaruh antar variabel. Jumlah sampel yang diambil 110 responden dari Populasi 670 pelaku UMKM yang sudah bersertifikat halal di lingkungan wilayah Kabupaten Wonosobo. Pengambilan sampel menggunakan model non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data responden dengan menggunakan kuesioner google form. Analisis data menggunakan SEM pada software AMOS.

Hasil - Penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi tidak berpengaruh terhadap inovasi produk, motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk, kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM, motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM, dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM.

Implikasi - Penelitian ini menggunakan data UMKM sektor makanan dan minuman yang sudah bersertifikat halal di Kabupaten Wonosobo. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi pada pelaku UMKM sektor makanan dan minuman agar bisa meningkatkan kinerjanya dan dapat bersaing pada pemasaran global.

Kata kunci: Kompetensi, Motivasi, Inovasi Produk, Kinerja UMKM

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-29
How to Cite
NurainiD., SupriyonoS., & IndaryaniM. (2024, January 29). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kinerja UMKM Dengan Inovasi Produk Sebagai Variabel Mediasi. MAGNA: Journal of Economics, Management, and Business, 3(1), 25-38. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/magna.v3i1.6662
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 203 times
PDF downloaded = 88 times