Pengembangan Panduan Model Pembelajaran Sosiodrama untuk Peningkatan Mahārah Al-Kalām Siswa SMA An Nida' Islamic Boarding School Wonosobo

  • Shidqil Mubarok UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta
Keywords:
Learning Model Development, Sociodrama, Maharah al-Kalam

Abstract

This research has been motivated by the struggle of teachers to overcome the difficulty in applying innovative and practical learning models, as they need to understand complexity of teaching textbooks without being provided with a complete explanation. The sociodrama learning model handbook is expected to be useful in overcoming academic problems of Arabic language learning models with sociodrama method. It also to measure the necessity of teachers in creating an effective Arabic language learning model handbook. The research is based on potentials and problems in the field especially in the Arabic language learning model by sociodrama method. This research was conducted by research and development approach (R&D) and used ten steps of the research that formulated by Sugiyono. As a development product, it is used to provide the necessity of teachers at Senior HighSchool of An Nida’ Islamic Boarding School Wonosobo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Makruf, Imam. 2009. Strategi pembelajaran bahasa Arab aktif. Semarang: Need’s Press
Madzkur, Ali ahmad. tadris funun al lughah al arobiyah, qohiroh: darul fiqri
Ruman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan, Profesionalisme Guru, Cet-3 Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Bahri, Syaiful, dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Fuad, Ihsan. 2011. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipt
Ismail, Anang. 2006. Education Games, Yogyakarta: Pilar Media
Mufarrokah, Anisatul. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Teras
Joce Bruce, Marsha. 2016. Models Of Teaching Model-Model Pengajaran. Cet-9 Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Tarigan, Guntur. Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Bandung: ANGKASA
Mukrima, Syifa S. 53 Metode Belajar dan Pembelajaran Plus Aplikasinya. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.
Nining, Mistina. 2018. Bukan Kelas Biasa; Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-Kelas Inspiratif. Surakata: Kaketa Group.
Ismail Adang. 2006. Education Game. Yogyakarta: Pilar Media.
Mulyasa. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi; Konsep Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Rosyda Karya.
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana Media Group
Sudjana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Abidin, Yunus. 2015. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama
Mujib, Nailul. 2012. Permainan Edukatif Pendukung Pembelajaran Bahasa Arab 2. Jogjakarta: DIVA press
Maksudin, Nuraini. 2018. Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Teori dan Praktik. Jogjakarta: Pascasarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK)
Yuni, Frida. 2014. Teori Drama dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Penerbit Ombak
Endraswara, Suwardi. 2011. Metode Pembelajran Drama Apresisasi, Ekspresi, dan Pengkajian.Yogyakarta: CAPS
Nuha, Ulin. 2012. Metodologi Super Efektif Pembelajaran Jogjakarta: Diva Press
Makruf, Imam. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif. Semarang: Need’s Press
Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama
Rakhmawati,Yunita. 2011. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Pembelajaran Bahasa Arab. Semaramg: Walisonggo Press
Ainin. 2018. Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Malang: CV Bintang Sejahtera.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta
Widodo, Ardi, Sembodo, dkk. 2006. Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa Juruasan PBA Fakultas Tarbiyah, yogyakarta: Suka Press.
Sugiyono, 2016. Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Suyuto. 2013. Kontribusi metode sosiodrama terhadap prestasi belajar sejarah kebudayaan islam pada siswa kelas V MI Guppi Timbang Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2012/2013 Skripsi Sarjana,Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo
Khasanah, Lutfi. 2017. Pengingkatan mahārah kalam Bahasa Arab menggunakan model jigsaw pada siswa MTs N Kalibeber Skripsi Sarjana,Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo,
Yasin, Ahmad. 2013. Eksperimentasi metode sosiodrama terhadap upaya peningkatan Mahārah kalam dalam pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas VIII MTs N Jatimulyo Kulon Progo Tahun 2013/2014 Skripsi Sarjana, UIN Sunan Kalijaga.
Rahning, Pelaksanaan Metode Drama Untuk Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Arab Progam Sertifikasi Pusat Bahasa STAIN Pontianak (Tesis, Universitas Islam Negri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2011), Hlm. 87
Zulfaeda, Pengaruh Penerapan Metode Sosiodrama Terhadap Sikap Nasionalisme Siswa Kelas VIII SMP N 2 Magelang Tahun Ajaran 2012/2013, (Semarang: Universiatas Negri Semarang, 2013). Hal. 69
Aminah, Yusuf. 2018. Jurnal dengan judul “Pengembangan Metode Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Dengan Kooperatif Berbasis Teori Kecerdasan Majemuk Pada Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyahí. (Semarang: Universiatas Negri Semarang)
KBBI Ofline V. 1.5.1. http://pusatbahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/
Published
2020-04-09
How to Cite
MubarokS. (2020, April 9). Pengembangan Panduan Model Pembelajaran Sosiodrama untuk Peningkatan Mahārah Al-Kalām Siswa SMA An Nida’ Islamic Boarding School Wonosobo. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 217-232. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/liar.v3i2.657

STATISTICS

Abstract viewed = 201 times
PDF downloaded = 134 times