PENERAPAN METODE EKSPLORASI DAN EKSPOSITORI UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAB INSPIRASI AL-QUR’AN KELAS VIII SMP AL MADINA KABUPATEN WONOSOBO
Metode eksplorasi, Metode ekspositori, critical thinking, Pendidikan Agama Islam
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan dengan menggunakan metode pembelajaran eksplorasi dan ekspositori dan untuk mengetahui manakah critical thinking siswa yang lebih tinggi antara critical thinking siswa dengan menggunakan metode eksplorasi dan ekspositori dan Model pembelajaran konvensional.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menggunakan penelitian eksperimen one-group, yaitu eksperimen yang dikenakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding menggunakan pretest dan postest. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII F yang berjumlah 19 siswa dikenakan pretest dan diakhir dikenakan posstest. Kemudian hasilnya diolah, dianalisis, dengan menggunakan uji t-test dan uji gain untuk mengetahui perbedaan dan peningkatan antara dua metode tersebut.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Critical thinking siswa kelas VIII SMP Al Madina Wonosobo setelah menggunakan metode eksplorasi dan ekspositori lebih baik, Terbukti dari rata-rata nilai pretest yaitu 76,58 dan nilai rata-rata posttest adalah 89,74. 2) Keefektifan dalam penggunaan metode eksplorasi dan ekspositori pada kelas VIII SMP Al Madina Wonosobo baik, terbukti dari hasil uji gain kelas eksperimen 0,56 (sedang). 3) metode eksplorasi dan ekspositori di SMP Al Madina Wonosobo dapat meningkatkan critical thinkink siswa kelas VIII. Terbukti dari T_hitung = 6,853 dan T_(tabel ) = 2,100 untuk a=5% dan 2,878 untuk a=1% dengan df n-2=38, karena T_(hitung > T_(tabel ) )maka H_a diterima bahwa dengan adanya metode pembelajaran eksplorasi dan ekspositori dapat meningkatkan critical thinking siswa kelas VIII di SMP Al Madina Wonosobo.