IMPLEMENTASI DESAIN RUANG KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V MI MA’ARIF KLESMAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024

  • Annisa Kunia Safariyana
  • Muhtar Sofwan Hidayat
  • Maryono Maryono
Keywords:
Desain Ruang Kelas, Motivasi Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui bagaimana desain kelas mempengaruhi motivasi belajar anak di kelas MI Ma'arif Klesman. 2) Menilai seberapa baik siswa MI Ma'arif Klesman dapat belajar dalam lingkungan yang nyaman dengan melihat desain ruang kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berdasarkan korelasi. Anak-anak kelas V dijadikan sebagai sampel penelitian. Siswa diberikan angket tentang penerapan desain kelas sebelum penerapannya. Setelah itu, pengaturan tempat duduk berbentuk U digunakan sebagai bagian dari desain ruang kelas. Untuk meningkatkan motivasi belajar, kuesioner dibagikan kepada siswa. Setelah itu, Spss digunakan untuk mengolah kuesioner. Temuan penelitian menunjukkan bahwa, di Madrasah Klesman Ibtidaiyah, arsitektur kelas tidak memiliki dampak nyata terhadap semangat belajar siswa. Model musim panas digunakan untuk menggambarkan hal ini. Terlihat bahwa R Square sebesar 7,6% menunjukkan bahwa meskipun variabel desain ruang mempunyai pengaruh yang kecil yaitu sebesar 7,6% terhadap variabel motivasi belajar siswa, namun sisanya sebesar 92,4% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Hasil uji hipotesis yang mempunyai nilai f sebesar 2,772 pada ambang signifikansi 0,108 > 0,05 menunjukkan bahwa model regresi tidak dapat diterapkan atau dengan kata lain desain kelas tidak ada sangkut pautnya dengan semangat siswa untuk belajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-08-04
How to Cite
SafariyanaA., HidayatM., & MaryonoM. (2024, August 4). IMPLEMENTASI DESAIN RUANG KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V MI MA’ARIF KLESMAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 4(2), 1-7. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/8039

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times