PENERAPAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS AKSARA JAWA
Keterampilan membaca, Keterampilan menulis, aksara Jawa, Metode CIRC, Aksara Jawa
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa siswa kelas VIIIA SMP Negeri 4 Wates pada semester genap tahun ajar 2021/2022 dengan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). (2) Meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa siswa kelas VIIIA SMP Negeri 4 Wates pada semester genap tahun ajar 2021/2022 dengan metode CIRC. (3) Mendeskripsikan penerapan metode CIRC yang dapat meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa siswa kelas VIIIA SMP Negeri 4 Wates pada semester genap tahun ajar 2021/2022. (4) Mendeskripsikan penerapan metode CIRC yang dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa siswa kelas VIIIA SMP Negeri 4 Wates pada semester genap tahun ajar 2021/2022. Langkah-langkah penerapan metode CIRC yaitu siswa dikelompokkan secara heterogen dengan anggota kurang lebih 4 orang setiap kelompok (CIRC AJ-1). Siswa bekerja sama saling membacakan bacaan beraksara Jawa yang diberikan (CIRC AJ-2). Siswa saling berdiskusi untuk memberikan tanggapan terhadap bacaan beraksara Jawa (CIRC AJ-3). Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok (CIRC AJ-4). Siswa menulis dengan menggunakan aksara Jawa (CIRC AJ-5). Siswa membuat karya seni sastra beraksara Jawa (CIRC AJ-6). Guru dan siswa membuat kesimpulan bersama (CIRC AJ-7). Pemberian penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik (CIRC AJ-8). Melalui penerapan metode CIRC dapat meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa siswa kelas VIIIA yang ditunjukkan melalui ketuntasan pada siklus 1 sebesar 70% dan pada siklus 2 sebesar 88%. Sedangkan melalui penerapan metode CIRC dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa yang ditunjukkan melalui ketuntasan pada siklus 1 sebesar 74% dan pada siklus 2 sebesar 95%. Penerapan langkah-langkah metode CIRC ternyata juga dapat meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa dengan hasil 75% pada siklus 2 dan 76 pada siklus 2, sedangkan penerapan langkah-langkah metode CIRC juga dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa siswa kelas VIIIA, dengan 74% pada siklus 1 dan 75% pada siklus 2.