PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MATERI MENJELASKAN SUMBER ENERGI PANAS BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 1 WONOSARI KEC. KALIKAJAR KAB. WONOSOBO SEMESTER II TAHUN 2019/2020
Hasil belajar, Model Pembelajaran, Cooperatif Tipe Script
Abstract
Hasil belajar muatan IPA materi menjelaskan sumber energi panas bagi siswa kelas V SD Negeri 1 Wonosari Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo yang dapat mencapai kriteria ketuntasan dalam belajarnya atau memperoleh nilai minimal sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75 hanya 9 orang siswa (47,37%). Selebihnya yang 10 orang siswa (52,63%) belum dapat mencapai ketuntasan dalam belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar muatan IPA materi menjelaskan sumber energi panas bagi siswa kelas V SD Negeri 1 Wonosari Kecamatan Kalikajar kabupaten Wonosobo semester II tahun pelajaran 2018/2019 dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Script. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus yang dilakukan secara berulang dan berkelanjutan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Wonosari Kecamatan Kalikajar kabupaten Wonosobo yang berjumlah19 orang siswa yang terdiri dari 11 orang siswa laki – laki dan 8 orang siswa perempuan dan objeknya adalah hasil belajar muatan IPA materi menjelaskan sumber energi panas. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar karena sebelum diterapkan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Script dari 19 orang siswa hanya 9 orang siswa (47,37%) yang dapat mencapai ketuntasan dalam belajarnya. Setelah dilakukan tindakan siklus I siswa yang dapat mencapai ketuntasan dalam belajarnya meningkat menjadi 15 orang siswa (78,95) selanjutnya pada siklus II siswa yang tuntas dalam belajarnya meningkat menjadi 19 orang siswa (100%).