MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN KELAS III MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DI SEKOLAH DASAR NEGERI GEBANGAN SEMESTER I TAHUN AJARAN 2020/2021

  • Rusmimawarti Rusmimawarti
Keywords:
Hasil belajar, Model Student Teams, Achievement Divisions (STAD), PPKN

Abstract

Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Students Team Achiement Divisions (STAD) dan untuk meningkatkan prestasi belajar PPKN materi Harga Diri pada siswa kelas III di SDN Gebangan. Jenis metode penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas. Jenis tindakan yang digunakan adalah Model Pembelajaran Students Team Achiement Divisions (STAD). Waktu Penelitian dilakukan mulai bulan Februari 2021 sd Mei 2020. Tempat penelitian di SDN Gebangan Kabupaten Kulon Progo.Subjek Penelitian adalah Peserta didik Kelas III berjumlah 19 siswa. Objek Penelitian adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKN. Menggunakan jenis penelitian tindakan kelas langkah-langkahnya meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dilaksanakan 2 siklus tindakan. Kesimpulannya bahwa Pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan model Pembelajaran Students Team Achiement Divisions (STAD dapat diterima baik oleh siswa, hal ini ditunjukkan dengan respon siswa yang baik dalam pembelajaran, terjadinya kenaikan, keaktifan siswa, dan penggunaan model Pembelajaran Students Team Achiement Divisions (STAD dalam pembelajaran PPKN dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Gebangan, dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar pada siklus I yaitu 32% meningkat menjadi 95% pada siklus 2.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-18
How to Cite
RusmimawartiR. (2022, October 18). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN KELAS III MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DI SEKOLAH DASAR NEGERI GEBANGAN SEMESTER I TAHUN AJARAN 2020/2021. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(10), 1488-1494. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/5356

STATISTICS

Abstract viewed = 162 times
PDF downloaded = 99 times