MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MENGGUNAKAN MICROSOFT SWAY DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN KEGIATAN IHT DI SD NEGERI KEMBANGMALANG
Kompetensi Guru, Pembelajaran Jarak Jauh, Microsoft Sway, In House Training
Abstract
Penelitian Tindakan Sekolah ini dilakukan karena peneliti melihat kenyataan yang ada di lapangan bahwa beberapa guru dalam kemampuan TI masih kurang, Tuntutan untuk pembelajaran jarak jauh sangat membutuhkan kecakapan dalam TI agar dapat melayani peserta didik dengan baik dan pembelajaran dapat bermakna. Keadaan ini dapat dilihat dari proses pembelajaran jarak jauh masih sangat sederhana dalam melayani siswa. Tujuan penelitian tindakan sekolah ini adalah agar guru-guru mampu meningkatkan potensi dalam pembelajaran jarak jauhnya dan sejauh mana In House Training dapat meningkatkan kemampuan guru sebagai pendekatan yang digunakan Kepala Sekolah. Penelitian tindakan sekolah ini menggunakan model siklus classroom Action Reserch dari suharsimi Arikunto. Rancangan penelitian Kemmis & Mc Taggat di lakukan di SD Negeri Kembangmalang Kapanewon Panjatan dengan jumlah guru kelas dan mata pelajaran sebanyak 7 orang, sedangkan pelaksanaan penelitian tindakan ini terdiri dari dua siklus dengan metode Deskriptif kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan adanya peningkatan kompetensi guru dalam menyusun materi pembelajaran jarak jauh dengan Microsoft Sway dan In House Training efektif. Hal ini dapat terlihat dari hasil IHT 61 menjadi 85,7 sebagai pengambilan data kualitaitif. Dan dalam pretest dan postest nya semakin meningkat sebagai pengambilan data kuantitatifnya. Peningkatan kompetensi guru melalui IHT menggunakan Microsoft Sway juga didukung kesungguhan trainer untuk mendampingi dan mendorong peserta, kesungguhan peserta dan rajin berlatih, sarana yang memadahi.