PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MEMBUAT INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP MELALUI SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK KELOMPOK DI SD NEGERI DEMEN SEMESTER II TAHUN 2021/2022
Kompetensi Guru, Instrumen Penilaian Sikap, Supervisi Akademik
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru dalam membuat instrumen penilaian sikap melalui supervisi akademik teknik kelompok di SD Negeri Demen Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian tindakan sekolah. Jenis tindakan yang digunakan adalah supervisi akadmik teknik kelompok, Waktu Penelitian dilakukan mulai bulan Februari sd Maret 2022. Tempat penelitian di SD Negeri Demen. Subjek penelitian adalah 6 guru kelas SD Negeri Demen, Temon, Kulon Progo.Objek Penelitian adalah kemampuan guru dalam membuat penilaian kompetensi sikap. Kemudian dampak yang diharapkan dalam tindakan penelitian tindakan ini adalah terjadi peningkatan kemampuan guru dalam membuat instrumen penilaian sikap. Langkah-langkah dilaksanakan yaitu penelitian kondisi awal, siklus 1, siklus 2. Setiap siklus tindakan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan sebagai berikut: Pelaksanaan Supervisi Akademik Teknik Kelompok dilaksanakan selama 2 tahap. Setelah memperoleh hasil pengamatan pada siklus II, yaitu peningkatan kemampuan guru yang signifikan yaitu siklus 1 baru 50% menjadi 100% pada siklus ke 2 dalam membuat istrumen penilaian kompetensi sikap maka penelitian dihentikan sampai dengan tahap siklus II. Atas dasar temuan diatas dapat disimpulkan bahwa jika para guru diberikan supervisi atau pembinaan dengan menggunakan Teknik Kelompok dan para guru diberi bahan ajar yang lengkap, maka kemampuan guru dalam membuat penilaian kompetensi sikap dapat ditingkatkan.