PENERAPAN MODEL ADVANCE ORGANIZER DENGAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA-6 SMAN 1 KANDAT

  • Budi Hariyanto
Keywords:
Hasil belajar fisika, Advance organizer, Peta konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendiskripsikan peningkatan hasil belajar fisika siswa SMA dengan model pembelajaran advance organizer dengan peta konsep, (2) Mengetahui respon siswa tentang pembelajaran fisika dengan model pembelajaran advance organizer dengan peta konsep. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas XI MIPA-6 SMAN 1 Kandat yang berjumlah 36 siswa, subjek pelaksana tindakan adalah peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, catatan lapangan, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya (1) Perhatian siswa dalam pembelajaran fisika sebelum tindakan sebesar 27,78% pada akhir Siklus mencapai 83,33%. (2) Kemauan siswa dalam pembelajaran fisika sebelum tindakan sebesar 30,56% pada akhir Siklus mencapai 91,16%. (3) Konsentrasi siswa dalam pembelajaran fisika sebelum tindakan sebesar 22,22% pada akhir Siklus mencapai 77,78%. (4) Kesadaran siswa dalam pembelajaran fisika sebelum tindakan sebesar 25% pada akhir Siklus mencapai 80,56%. (5) Hasil belajar fisika sebelum tindakan sebesar 52,77% pada tes akhir mencapai 86,11%. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dan respon yang baik dari siswa terhadap pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran advance organizer dengan peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar fisika dan mendapat respon yang baik dari siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-30
How to Cite
HariyantoB. (2022, August 30). PENERAPAN MODEL ADVANCE ORGANIZER DENGAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA-6 SMAN 1 KANDAT. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(8), 1078-1086. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/5292

STATISTICS

Abstract viewed = 246 times
PDF downloaded = 84 times