IMPLEMENTASI MODEL BERDIFERENSIASI DENGAN PRINSIP KOLABORATIF DAN PARTISIPATIF UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Widi Retnowati
Keywords:
Kolaboratif, Partisipatif, Keaktifan belajar, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifian dan hasil belajar siswa di kelas VIIC SMPN 2 Nanggulan semester gasal kompetensi sistem pencernaan manusia menggunakan model berdiferensiasi menggunakan prinsip kolaboratif dan partisipatif tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan instrumen tes. Instrumen yang digunakan adalah pengamatan, pedoman, wawancara, hasil kinerja siswa, dan tes hasil belajar. Indikator keberhasilan adalah terjadinya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Teknik analisis menggunakan analisa deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model berdiferensiasi menggunakan prinsip kolaboratif dan partisipatif mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam peningkatan rata-rata keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar berdiferensiasi menggunakan prinsip kolaboratif dan partisipatif 75,55%, sedangkan pada siklus II diperoleh data keaktifan siswa sebesar 85,79%. Peningkatan hasil belajar siswa dibuktikan pada rata-rata hasil belajar siswa siklus I hasil belajar siswa sebesar 46,13%, sedangkan pada siklus II sebesar 78,88%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model berdiferensiasi menggunakan prinsip kolaboratif dan partisipatif dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIIC SMPN 2 Nanggulan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-30
How to Cite
RetnowatiW. (2022, July 30). IMPLEMENTASI MODEL BERDIFERENSIASI DENGAN PRINSIP KOLABORATIF DAN PARTISIPATIF UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(7), 981-989. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/5282

STATISTICS

Abstract viewed = 194 times
PDF downloaded = 133 times