PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIl BELAJAR TEKNOLOGI DASAR MENJAHIT, MATERI MENJAHIT KAMPUH PADA SISWA KELAS X TB3 TAHUN PELAJARAN 2015/2016 SEMESTER GANJIL

  • Chomsijati Chomsijati
Keywords:
Tutor sebaya, Hasil belajar, Menjahit kampuh

Abstract

Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah seberapa besar peningkatan hasil belajar Teknologi Dasar Menjahit, materi menjahit kampuh pada siswa kelas X TB3 tahun pelajaran 2015/2016 semester ganjil SMK Negeri 1 Tengaran setelah melaksanakan pembelajaran Teknologi Dasar Menjahit dengan menerapkan metode tutor sebaya. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus pada 37 siswa. Hasil Penelitian menunjukkan penerapan metode tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar teknologi dasar menjahit materi menjahit kampuh dapat meningkatkan capaian hasil belajar dengan rata-rata masih dalam kategori kurang, yaitu sebesar 71,89. Siswa yang memperoleh nilai dalam kategori kurang sebanyak 22 siswa atau 59,46% dalam rentang nilai 0-74, , sebanyak 14 siswa atau 37,84% memperoleh nilai kategori baik dalam rentang nilai 80-84, dan 1 siswa yang memperoleh nilai berkategori sangat baik atau sebesar 2,70%. Pra siklus hasilnya masih rendah dan perlu ditingkatkan. Siklus I nilai rata-rata siswa sudah dalam kategori baik, yaitu sebesar 77,84%. 7 siswa yang memperoleh nilai dalam kategori kurang, siswa memperoleh nilai kategori cukup tidak ada, sebanyak 29 siswa atau 78,38% memperoleh nilai kategori baik , dan 1 siswa yang memperoleh nilai berkategori sangat baik atau sebesar 2,70%. Siswa yang mencapai ketuntasan ada 30 siswa atau 81,08%. Hasil tes tertulis siklus I belum bisa dijadikan patokan untuk menyimpulkan adanya peningkatan dibandingkan hasil tes prasiklus, karena hasil tes tertulis hanya memperoleh bobot 30 % , dan harus dilihat hasil tes unjuk kerja siklus I yang mempunyai bobot 70% agar dapat diperoleh nilai akhir siklus I. Siklus II nilai rata-rata siswa mencapai kategori baik 82,43, kategori baik, yaitu sebesar 76,7. Terdapat 8 siswa yang memperoleh nilai dalam kategori sangat baik atau 23,93%. Siswa yang memperoleh nilai kategori baik sebanyak 29 siswa atau 76,7%, dan tidak ada seorang siswapun yang memperoleh nilai kategori cukup dan kurang. Semua siswa atau 100% mencapai ketuntasan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-30
How to Cite
ChomsijatiC. (2022, July 30). PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIl BELAJAR TEKNOLOGI DASAR MENJAHIT, MATERI MENJAHIT KAMPUH PADA SISWA KELAS X TB3 TAHUN PELAJARAN 2015/2016 SEMESTER GANJIL. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(7), 918-924. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/5276

STATISTICS

Abstract viewed = 111 times
PDF downloaded = 120 times