PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING MELALUI SUPERVISI KLINIS BERKELANJUTAN
Kinerja Guru, Pembelajaran Daring, Supervisi Klinis Berkelanjutan
Abstract
Tujuan penelitian tindakan sekolah yang telah dilaksanakan ini adalah untuk mengetahui: penerapan supervisi klinis berkelanjutan dapat meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran daring di SDN Kalimenur Kapanewon Sentolo tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan di SDN kalimenur, Kapanewon Sentolo, Kabupaten Kulon Progo yang merupakan tempat tugas peneliti. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus, dengan setiap siklusnya dilaksanakan proses pemberian bantuan profesioanl kepada guru yang mengalami masalah dalam pembelajaran agar guru yang bersangkutan dapat mengatasi masalahnya dengan menempuh langkah yang sistematis mencakup tahap perencanaan, tahap pengamatan dan tahap analisis dan tindak lanjut. Kemudian dilaksanakan observasi / penilaian berupa supervise respon guru, supervise rencana persiapan pembelajaran jarak jauh sekaligus dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan, yaitu mulai Bulan Agustus sampai dengan Oktober 2021. Subyek penelitian adalah guru- guru kelas bawah SDN Kalimenur, Kapanewon Sentolo tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 3 guru. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peningkatan Kinerja Guru dalam Pembelajaran Daring melalui Penerapan Supervisi Klinis Berkelanjutan memiliki dampak positif dalam meningkatkan kinerja guru. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman guru dari pembinaan yang diberikan oleh kepala sekolah (peningkatan kinerja guru dari siklus I ke siklus II, sebesar 9,6 %) pada siklus II ketuntasan pembinaan guru secara kelompok maupun pribadi telah tercapai.