PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR MENULIS TEKS PIDATO PERSUASIF MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA PESERTA DIDIK KELAS IX D SEMESTER I SMP NEGERI 2 BANJARMANGU TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Murdiati Supeni
Keywords:
Peningkatan, Rasa ingin tahu, Prestasi belajar, Ketuntasan belajar, Pendekatan Scientific

Abstract

Keterampilan menulis teks pidato persuasif perlu ditanamkan pada peserta didik. Hal ini bertujuan agar peserta didik berlatih mampu mengajak/membujuk pendengar atau penyimak agar terpengaruh terhadap isi pidato yang disampaikan. Materi ini secara substansial sangat besar manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Namun, prestasi, rasa ingin tahu, dan ketuntasan belajar peserta didik pada materi ini belum sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini dikarenakan guru dalam proses pembelajaran belum menggunakan pendekatan, strategi, model, yang sesuai dengan materi dan peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus dengan tujuan meningkatkan prestasi belajar, rasa ingin tahu, dan ketuntasan prestasi belajar melalui penerapan pendekatan Scientifik. Penelitian ini dilakukan dari bulan Juli sampai September 2019 pada peserta didik kelas IX D semester gasal di SMP Negeri 2 Banjarmangu tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian tindakan kelas yang penulis lakukan melalui penerapan pendekatan Scientific pada materi “Menulis Teks Pidato Persuasif” ini, dapat meningkatkan rasa ingin tahu dari kategori tinggi 48% pada pra siklus menjadi 64% pada siklus I, dan 84% pada siklus II. Prestasi belajar peserta didik meningkat dari nilai tertinggi 85 pada pra siklus menjadi 90 pada siklus I, dan 95 pada siklus II. Ketuntasan belajar meningkat dari 64% pada pra siklus menjadi 72% pada siklus I, dan 84% pada Siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-30
How to Cite
SupeniM. (2022, April 30). PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR MENULIS TEKS PIDATO PERSUASIF MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA PESERTA DIDIK KELAS IX D SEMESTER I SMP NEGERI 2 BANJARMANGU TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(4), 585-591. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/2995

STATISTICS

Abstract viewed = 342 times
PDF downloaded = 130 times