PENANAMAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DAN KEPEDULIAN PADA PESERTA DIDIK MELALUI SEKOLAH KOPI DI SMP NEGERI 4 SATU ATAP PAGENTAN
Karakter, Tanggung Jawab, Kepedulian, Sekolah Kopi
Abstract
Tujuan penulisan Best Practice ini adalah untuk menjelaskan sejauh mana peran serta guru dalam membentuk karakter peserta didik terhadap perubahan perilaku peserta didik di SMP Negeri 4 Satu Atap Pagentan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Adapun hasil pengamatan penulis menunjukkan hal-hal sebagai berikut: Pertama, peserta didik kurang mendapatkan perhatian secara khusus dari lingkungan keluarga terkait pendidikan karakter. Hal ini terjadi karena hampir 90% kesibukan orang tua sebagian besar bermata pencaharian petani. Berangkat pagi pulang sore. Padahal orang yang terdekat dan sering bertemu itulah yang akan membentuk karakternya. Kedua, Peserta didik banyak bergaul dengan teman-teman yang tidak sebaya/ bebas saat di luar sekolah tanpa ada pembimbingan dari orang tua, sehingga cara berfikir dan bersikap pun tidak mencerminkan usia anak seusianya. Banyak dipengahruhi oleh sikap dan karakter orang yang lebih dewasa. Ketiga, Kepedulian guru terhadap sikap dan perilaku peserta didik selama di sekolah. Guru banyak yang acuh tak acuh dan kurang perhatian terhadap pendidikan karakter peserta didik. Contohnya: anak membuang sampah sembarangan, merusak tanaman sekolah, berkata kurang sopan, baju tidak dimasukkan, bila bertemu guru tidak memberi salam dan lain-lain. Bapak ibu guru di sekolah menganggap seolah olah semua itu merupakan tugas guru BP dan kesiswaan. Berkaca dari hal-hal di atas harapan penulis akan terbentuk pola hidup dan karakter anak akan berubah dan menjadi lebih baik.