PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WINDOW SHOPPING TSTS (TWO STAY TWO STRAY) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENGGALI ISI TEKS PENJELASAN (EKSPLANASI) ILMIAH YANG DIDENGAR DAN DIBACA BAGI SISWA KELAS VI SEMESTER I SDN 2 MOJORENO KECAMATAN SID
Hasil belajar, Model pembelajaran, Window Shopping TSTS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses, hasil belajar pengetahuan dan ketrampilan siswa dalam mempelajari materi Menggali Isi Teks Penjelasan (Eksplanasi) Ilmiah yang Didengar dan Dibaca melalui Penerapan Model Pembelajaran Window Shopping TSTS (Two Stay Two Stray) bagi siswa kelas VI semester I SD Negeri 2 Mojoreno tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Mojoreno Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Wonogiri, pada bulan Juli sampai dengan bulan November 2019 dengan subyek siswa kelas VI SD Negeri 2 Mojoreno yang terdiri dari 21anak dengan satu rombongan belajar. Prosedur penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dikembangkan Kenmis dan Taggart melalui langkah-langkah: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I menerapkan model pembelajaran Window Shopping TSTS dengan kelompok besar dan siklus II menerapkan model pembelajaran Window Shopping TSTS dengan kelompok kecil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Window Shopping TSTS dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dari kondisi awal yang kurang ke kondisi akhir yang baik. Terdapat peningkatan kualitas pembelajaran sebesar 53%, peningkatan hasil belajar pengetahuan sebesar 19,05 poin dengan persentase ketuntasan naik 43%, peningkatan hasil belajar keterampilan sebesar 19,05 poin dengan persentase ketuntasan naik 43%. Indikator kinerja penelitian dari data pelaksanaan siklus II telah mencapai target yaitu proses pembelajaran mencapai rata-rata persentase siswa minimal 81% dan tergolong dalam kategori sangat baik, dan pada hasil belajar pengetahuan dan keterampilan mencapai KKM yaitu 70 dan ketuntasan klasikal 80%.