PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MUATAN PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH SISWA KELAS V SD POTORONO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Sumarjono Sumarjono
Keywords:
Keaktifan belajar, Hasil belajar, Metode Index Card Match

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan metode Index Card Match pada Kelas V SD Potorono tahun pelajaran 2019/2020. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila ada peningkatan aktifitas belajar siswa lebih dari atau sama dengan 81 dan hasil belajar siswa lebih dari 75 yang mencapai Kriteria ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas V A SD Potorono Banguntapan sebanyak 28 siswa. Data yang diperoleh berupa lembar observasi dan hasil tes akhir kegiatan belajar mengajar. Teknik analisa data yang digunakan adalah Teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode Index Card Match mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS, yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan dari siklus I sebesar 79,94% menjadi 89% pada siklus II, (2).Penerapan metode Index Card Match juga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata –rata dari siklus I (78) dan siklus II (81,6). Demikian juga dengan jumlah siswa yang mencapai nilai KKM > 75 dari siklus 10 siswa, Siklus I ada 17 dan siklus II ada 24 anak. Jadi hanya tinggal 4 anak yang belum mencapai KKM.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-03-30
How to Cite
SumarjonoS. (2022, March 30). PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MUATAN PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH SISWA KELAS V SD POTORONO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(3), 446-461. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/2982

STATISTICS

Abstract viewed = 240 times
PDF downloaded = 121 times