PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMA NEGERI 1 KRAMAT KABUPATEN TEGAL
Hasil Belajar, Bahasa Inggris, Media Pembelajaran, Numbered Head Together
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Inggris pada kelas 12 MIPA 1 SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menurut Arikunto (2006) Penelitian adalah kegiatan mencermati suatu objek dengan menggunakan aturan metodologi tertentu untuk memperoleh data dan informasi yang bermanfaat meningkatkan mutu suatu hal, serta menarik minat dan penting bagi peneliti. Tindakan adalah kegiatan yang sengaja dilakukan dengan tujuan tertentu. Kelas adalah sekelompok anak yang dalam waktu yang sama menerima pelajaran dari seorang pengajar. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah penelitian yang dilakukan dalam dua tahapan siklus, dimana masing-masing siklus I dan siklus II dilaksanakan dua kali pertemuan proses pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam Penelitian ini berjumlah 36 peserta didik di kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah apabila 75% peserta didik dapat mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) di kelas XII IPA 1 menunjukan adanya peningkatan ketuntasan prestasi belajar peserta didik pada siklus I dengan rata-rata sebesar 73.46 meningkat menjadi 80,58 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar juga meningkat dari siklus I sebesar 72,22% meningkat menjadi 86,11% pada siklus II.