PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN “GOOGLE MEET” UNTUK MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DARING MELALUI PROGRAM “COACHING AND MENTORING” DI SD NEGERI NGALIYAN, SAMIGALUH, KABUPATEN KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  • Rumino Rumino
Keywords:
Kemampuan guru, Google Meet, Coaching and Mentoring, Pembelajaran daring

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan: kemampuan guru dalam menggunakan “Google Meet” untuk melaksanakan pembelajaran daring melalui kegiatan “Coaching and Mentoring” di SD Negeri Ngaliyan, Samigaluh tahun pelajaran 2020/2021. Langkah perbaikan kinerja guru ini menggunakan jenis penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dilaksanakan selama 3 siklus, di mana setiap siklus terdiri dari masing-masing siklus 2 pertemuan. Adapun langkah-langkah pelaksanaan menggunakan metode/prosedur penelitian yaitu dilakukan berdasarkan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah Guru SD Negeri Ngaliyan, Samigaluh, Kulon Progo Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 8 Orang yang terdiri dari guru kelas dan guru mapel. Obyek perbaikan kinerja tentang penyusunan soal HOTS. Hasil penelitian terhadap kemampuan guru dalam menggunakan “Google Meet” untuk pembelajaran daring siklus I pertemuan ke-1 diperoleh skor rata-rata 2.8; persentase 55.3%. Pada siklus I pertemuan ke-2 diperoleh skor rata-rata 3,4; persentase 67.3% dengan kategori “kurang. Siklus II pertemuan ke-1 jumlah skor rata-rata 3.9; prosentase 78.5% dengan kategori “cukup”. Pada siklus II pertemuan ke-2; diperoleh skor rata-rata 4,4 prosentase 89.5%. Nilai tersebut termasuk dalam kategori “Baik”. Kemampuan narasumber dalam menyampaikan materi Coaching and Mentoring diperoleh hasil siklus I pertemuan ke-1 ini memperoleh nilai rata-rata 76.6; persentase 76.6%; dengan kategori “memuaskan”. Siklus I pertemuan ke-2 nilai rata-rata 79.2; presentase 79.2% dengan kategori “Memuaskan”. Pada siklus II pertemuan ke-1 hasil observasi kemampuan nara sumber memperoleh nilai rata-rata 81.1; persentase 81.1% dengan kategori “Memuaskan”. Sikus II pertemuan ke-2 86.4; presentase 86.4%; dengan kategori “Sangat Memuaskan”. Hasil observasi peserta terhadap kemampuan narasumber dalam menyampaikan materi Coaching and Mentoring mengalami peningkatan sebesar 5,3%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-05-30
How to Cite
RuminoR. (2022, May 30). PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN “GOOGLE MEET” UNTUK MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DARING MELALUI PROGRAM “COACHING AND MENTORING” DI SD NEGERI NGALIYAN, SAMIGALUH, KABUPATEN KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(5), 728-741. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/2962

STATISTICS

Abstract viewed = 135 times
PDF downloaded = 134 times