PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN “GOOGLE MEET” UNTUK MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DARING MELALUI PROGRAM “COACHING AND MENTORING” DI SD NEGERI NGALIYAN, SAMIGALUH, KABUPATEN KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Kemampuan guru, Google Meet, Coaching and Mentoring, Pembelajaran daring
Abstract
Penelitian Tindakan Sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan: kemampuan guru dalam menggunakan “Google Meet” untuk melaksanakan pembelajaran daring melalui kegiatan “Coaching and Mentoring” di SD Negeri Ngaliyan, Samigaluh tahun pelajaran 2020/2021. Langkah perbaikan kinerja guru ini menggunakan jenis penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dilaksanakan selama 3 siklus, di mana setiap siklus terdiri dari masing-masing siklus 2 pertemuan. Adapun langkah-langkah pelaksanaan menggunakan metode/prosedur penelitian yaitu dilakukan berdasarkan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah Guru SD Negeri Ngaliyan, Samigaluh, Kulon Progo Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 8 Orang yang terdiri dari guru kelas dan guru mapel. Obyek perbaikan kinerja tentang penyusunan soal HOTS. Hasil penelitian terhadap kemampuan guru dalam menggunakan “Google Meet” untuk pembelajaran daring siklus I pertemuan ke-1 diperoleh skor rata-rata 2.8; persentase 55.3%. Pada siklus I pertemuan ke-2 diperoleh skor rata-rata 3,4; persentase 67.3% dengan kategori “kurang. Siklus II pertemuan ke-1 jumlah skor rata-rata 3.9; prosentase 78.5% dengan kategori “cukup”. Pada siklus II pertemuan ke-2; diperoleh skor rata-rata 4,4 prosentase 89.5%. Nilai tersebut termasuk dalam kategori “Baik”. Kemampuan narasumber dalam menyampaikan materi Coaching and Mentoring diperoleh hasil siklus I pertemuan ke-1 ini memperoleh nilai rata-rata 76.6; persentase 76.6%; dengan kategori “memuaskan”. Siklus I pertemuan ke-2 nilai rata-rata 79.2; presentase 79.2% dengan kategori “Memuaskan”. Pada siklus II pertemuan ke-1 hasil observasi kemampuan nara sumber memperoleh nilai rata-rata 81.1; persentase 81.1% dengan kategori “Memuaskan”. Sikus II pertemuan ke-2 86.4; presentase 86.4%; dengan kategori “Sangat Memuaskan”. Hasil observasi peserta terhadap kemampuan narasumber dalam menyampaikan materi Coaching and Mentoring mengalami peningkatan sebesar 5,3%.