PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KONDISI GEOGRAFIS BENUA ASIA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA PESERTA DIDIK KELAS IX A SEMESTER I SMP NEGERI 1 COMAL KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Hasil belajar, Benua Asia, Numbered Head Together, Tuna rungu
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar perserta didikpada materi kondisi geografis benua Asia melalui pembelajaran kooperatif Numbered Head Together. Subyek penelitian adalah peserta didik Kelas IXA Semester I SMP negeri I Comal Kabupaten Pemalang Tahun 2018/2019 dengan permasalahan kurangnya kemampuan perserta didik memahami kondisi geografis benua Asia pada data prasiklus. Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, masing – masing siklus meliputi 4 langkah: perencanaan, tindakan, observasi dan refeleksi. Selama pembelajaran dilaksanakan penilaian partisipasi keaktifan peserta didik dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran oleh teman sejawat serta tes formatif pada akhir siklus. Pelaksanaan prasiklus yaitu tanggal 16,17 Juli 2018, siklus I tanggal 23, 30 juli 2018 dan siklus 2 tanggal 31 Juli ,6 agustus 2018. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil Belajar IPS Materi Kondisi Geografis Benua Asia melalui Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together Kelas IX A Semester I SMP negeri I Comal Kabupaten Pemalang Tahun 2018/2019 yang mendapat nilai sama atau lebih tinggi KKM 75 pada prasiklus 53,13 %, setelah pelaksanaan siklus 1menjadi 75,00 %, dan pada siklus 2 mencapai 93,75% dan batas indikator ketercapaian terlampaui. Hasil tersebut diatas menunjukan bahwa pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan perserta didik serta aktifitas pendidik pada materi kondisi geografis beua Asia.