UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATERI FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA DAN DUNIA DI KELAS XI IPS 2 SEMESTER I MAN 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Prestasi belajar, Pembelajaran Kooperatif, Model Numbered Head Together
Abstract
Penelitian ini mengambil lokasi di MAN 2 Karanganyar. Penelitian ini dilakukan dari bulan Agustus 2018 sampai dengan Oktober 2018. Subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas XI IPS 2 MAN 2 Karanganyar. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara Analisis Data dengan menggunakan analisis diskripsi kualitatif. Prosedur penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian: Pada kondisi awal diperoleh hasil yang tidak memuaskan dimana sebanyak 31 siswa atau 74% tidak tuntas karena nilai prestasi belajarnya di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 72. Sedangkan yang mempunyai nilai di atas KKM sebanyak 8 siswa atau 26%. Siklus I: Sebanyak 21 siswa atau 68% tuntas dan 10 siswa atau 32% siswa tidak tuntas. Tingkat ketuntasan ini masih di bawah 75%. Siklus II: Sebanyak 27 siswa atau 87% tuntas dan 4 siswa atau 13% tidak tuntas. Ketuntasan 87% yang berada di atas 75% ini menandakan bahwa perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan menggunakan metode Numbered Head Together dan penggunaan alat peraga telah berhasil. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas maka hipotesis tindakan: “Dengan menggunakan metode Numbered Head Together dapat meningkatkan prestasi belajar geografi pada Materi Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia siswa kelas XI IPS 2 Semester I Tahun Ajaran 2018/2019”, terbukti kebenarannya.