UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATERI FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA DAN DUNIA DI KELAS XI IPS 2 SEMESTER I MAN 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Suntani Suntani
Keywords:
Prestasi belajar, Pembelajaran Kooperatif, Model Numbered Head Together

Abstract

Penelitian ini mengambil lokasi di MAN 2 Karanganyar. Penelitian ini dilakukan dari bulan Agustus 2018 sampai dengan Oktober 2018. Subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas XI IPS 2 MAN 2 Karanganyar. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara Analisis Data dengan menggunakan analisis diskripsi kualitatif. Prosedur penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian: Pada kondisi awal diperoleh hasil yang tidak memuaskan dimana sebanyak 31 siswa atau 74% tidak tuntas karena nilai prestasi belajarnya di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 72. Sedangkan yang mempunyai nilai di atas KKM sebanyak 8 siswa atau 26%. Siklus I: Sebanyak 21 siswa atau 68% tuntas dan 10 siswa atau 32% siswa tidak tuntas. Tingkat ketuntasan ini masih di bawah 75%. Siklus II: Sebanyak 27 siswa atau 87% tuntas dan 4 siswa atau 13% tidak tuntas. Ketuntasan 87% yang berada di atas 75% ini menandakan bahwa perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan menggunakan metode Numbered Head Together dan penggunaan alat peraga telah berhasil. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas maka hipotesis tindakan: “Dengan menggunakan metode Numbered Head Together dapat meningkatkan prestasi belajar geografi pada Materi Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia siswa kelas XI IPS 2 Semester I Tahun Ajaran 2018/2019”, terbukti kebenarannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-25
How to Cite
SuntaniS. (2022, June 25). UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATERI FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA DAN DUNIA DI KELAS XI IPS 2 SEMESTER I MAN 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(5), 665-677. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/2957

STATISTICS

Abstract viewed = 206 times
PDF downloaded = 104 times