EFEKTIVITAS E-LKPD BERBASIS STEM UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN LITERASI NUMERASI DAN SAINS DALAM PEMBELAJARAN LISTRIK DINAMIS DI SMA NEGERI 1 PURBALINGGA
Efektivitas, e-LKPD, STEM, Literasi Numerasi dan Sains
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD) berbasis Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) dalam menumbuhkan literasi numerasi dan sains pada pembelajaran listrik dinamis. Adanya integrasi-LKPD berbasis STEM dalam pendidikan diharapkan menjadi salah satu solusi alternatif platform pendidikan online untuk mencapai tujuan pembelajaran fisika yang menarik, kontekstual, ilmiah, dan lebih efektif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kualitatif. Subjek penelitian ini adalah semua peserta didik kelas XII IPA 6, XII IPA 7, dan XII IPA 8 yang berturut-turut jumlahnya 33,34, dan 32 peserta didik. Instrumen penelitian ini adalah daftar pengecekan (check list) tentang pelaksanaan kegiatan pembelajaran listrik dinamis menggunakan e-LKPD berbasis STEM dan jurnal harian. Komponen-komponen dalam setiap langkah pelaksanaan kegiatan pembelajaran listrik dinamis menggunakan e-LKPD berbasis STEM yang teramati pada setiap observasi diberi skor 1 sebaliknya yang tidak teramati diberi skor 0. Persentase efektivitas selanjutnya dikonsultasikan dengan penggolongan persentase untuk ditentukan tingkat keefektifannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase efektivitas e-LKPD berbasis STEM untuk menumbuhkan keterampilan literasi numerasi pada kelas XII IPA 6, XII IPA 7, dan XII IPA 8 berturut-turut adalah 77%, 85%, dan 93% dengan tingkat keefektifan sudah efektif, sangat efektif, dan sangat efektif. Sedangkan persentase efektivitas e-LKPD berbasis STEM untuk menumbuhkan keterampilan literasi sains pada kelas XII IPA 6, XII IPA 7, dan XII IPA 8 berturut-turut adalah 77%, 85%, dan 91% dengan tingkat keefektifan sudah efektif, sangat efektif, dan sangat efektif. Dengan demikian, e-LKPD berbasis STEM yang paling efektif menumbuhkan keterampilan literasi numerasi dan sains dalam pembelajaran listrik dinamis di SMA Negeri 1 Purbalingga adalah pada tindakan III dengan pelaksanaan skenario pembelajaran yang lebih memperhatikan manjemen waktu.