IMPLEMENTASI MODIFIKASI BOLA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI PADA MATERI SEPAK TAKRAW SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KALIKAJAR WONOSOBO SEMESTER II TAHUN 2018/2019
Hasil belajar, Sepak Takraw, Modifikasi bola
Abstract
Pembelajaran Pendidikan Jasmani materi Sepak Takraw yang peneliti laksanakan belum berhasil sesuai dengan target ketuntasan belajar siswa yang telah peneliti tentukan, karena dari 30 orang siswa yang mengikuti pembelajaran hanya 13 orang siswa (43,33) yang mengalami ketuntasan dalam belajarnya. Selebihnya yang 17 orang siswa (56, 67%) belum bias mencapai status tuntas dalam belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Jasmani materi Sepak Takraw menggunakan pendekatan permainan pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Kalikajar Kec.Kalikajar Kabupaten Wonosobo Semester II Tahun 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus yang dilakukan secara berulang dan berkelanjutan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang siswa dan objeknya adalah hasil belajar Pendidikan Jasmani materi sepak takraw. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Pendidikan Jasmani materi Sepak takraw. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa dari rata-rata nilai pada data awal siswa 72, 83 dan memiliki ketuntasan belajar sebesar 43, 33%. Pada akhir siklus pertama nilai rata-rata siswa menjadi 79,4 dengan ketuntasan belajarnya menjadi76, 67% dan pada akhir siklus kedua nilai rata-rata siswa naik menjadi 84,47 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 96, 67%.