Mengembangkan Kemampuan Berpikir Komputasi dan Efikasi Diri Calon Guru Sekolah Dasar: Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Pemrograman Scratch

  • Muhtar Sofwan Hidayat
  • Firdaus Firdaus
  • Eli Trisnowati
Keywords:
Berpikir komputasi, Efikasi diri, Pembelajaran proyek, Pemrograman scratch

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menerapkan pembelajaran berbasis proyek menggunakan pemrograman scratch untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir komputasi calon guru SD. Secara khusus tujuan penelitian ini antara lain untuk: (1) Mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis proyek dengan pemrograman scratch terhadap kemampuan berpikir komputasi calon guru SD? (2) Mengetahui dampak positif pembelajaran berbasis proyek dengan pemrograman scratch terhadap efikasi diri calon guru SD? Penelitian ini akan mengadopsi pendekatan mix method. Untuk penelitian kuantitatifnya menggunakan desain quasi experimental design with control and experimental groups. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran proyek (1) secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan berpikir komputasi calon guru sekolah dasar; (2) memiliki dampak positif yang signifikan terhadap efikasi diri mereka. Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dengan pemrograman scratch dapat meningkatkan aspek kognitif dan nonkognitif dari kemampuan berpikir komputasi calon guru sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-25
How to Cite
HidayatM., FirdausF., & TrisnowatiE. (2021, December 25). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Komputasi dan Efikasi Diri Calon Guru Sekolah Dasar: Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Pemrograman Scratch. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 1(1), 29-37. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/2395

STATISTICS

Abstract viewed = 73 times
PDF downloaded = 50 times

Most read articles by the same author(s)