Mengembangkan Kemampuan Berpikir Komputasi dan Efikasi Diri Calon Guru Sekolah Dasar: Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Pemrograman Scratch
Berpikir komputasi, Efikasi diri, Pembelajaran proyek, Pemrograman scratch
Abstract
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menerapkan pembelajaran berbasis proyek menggunakan pemrograman scratch untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir komputasi calon guru SD. Secara khusus tujuan penelitian ini antara lain untuk: (1) Mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis proyek dengan pemrograman scratch terhadap kemampuan berpikir komputasi calon guru SD? (2) Mengetahui dampak positif pembelajaran berbasis proyek dengan pemrograman scratch terhadap efikasi diri calon guru SD? Penelitian ini akan mengadopsi pendekatan mix method. Untuk penelitian kuantitatifnya menggunakan desain quasi experimental design with control and experimental groups. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran proyek (1) secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan berpikir komputasi calon guru sekolah dasar; (2) memiliki dampak positif yang signifikan terhadap efikasi diri mereka. Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dengan pemrograman scratch dapat meningkatkan aspek kognitif dan nonkognitif dari kemampuan berpikir komputasi calon guru sekolah dasar.