TINGKAT DUKUNGAN KELUARGA DAN KECEMASAN MAHASISWA DIV KEPERAWATAN ANESTESIOLOGI UNIVERSITAS ‘AISYIYAH YOGYAKARTA MENGHADAPI OBJECTIVE STRUCTURED CLINICAL EXAMINATION (OSCE)
Main Article Content
Abstract
Salah satu faktor penyebab kegelisahan pada mahasiswa adalah ketika mereka menghadapi ujian Objective Structured Clinical Examination (OSCE). Dukungan dari keluarga dapat memberikan perasaan gembira, aman, nyaman, dan mendapatkan dukungan emosional yang dapat memengaruhi kesehatan mental. Oleh karena itu, dukungan keluarga dapat mengurangi tingkat kecemasan, meningkatkan semangat hidup, dan memperkuat komitmen untuk tetap semangat dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kaitan antara dukungan keluarga dan tingkat kecemasan yang dihadapi mahasiswa DIV Anestesiologi di Universitas Aisyiyah Yogyakarta dalam menghadapi Objective Structured Clinical Examination (OSCE). Metode penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan analisis korelasional melalui pendekatan cross-sectional. Sebanyak 110 responden diambil sebagai sampel penelitian dengan menggunakan metode random sampling. Hasil uji Spearman Rank menunjukkan bahwa tingkat kecemasan mahasiswa memiliki hubungan signifikan dengan perilaku prokrastinasi dalam penyusunan skripsi, yang dibuktikan dengan nilai ρ-value sebesar 0.001 (ρ <0.005). Dalam sampel tersebut, sebanyak 36 responden (32.7%) mengalami kecemasan berat, sementara 9 responden (8.2%) tidak mengalami kecemasan. Responden dengan dukungan keluarga baik berjumlah 61 orang (55.5%), sedangkan yang memiliki dukungan keluarga kurang hanya 22 responden (20.0%). Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dan tingkat kecemasan pada mahasiswa DIV Anestesiologi yang menghadapi Objective Structured Clinical Examination (OSCE) di Universitas Aisyiyah Yogyakarta.
Downloads
Article Details
References
Anggraeini, N. (2018). Gambaran Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Tingkat Tiga D-III Keperawatan Dalam Menghadapi Uji Kompetensi Di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 1(2), 131. https://doi.org/10.17509/jpki.v1i2.9752
Apriady, T., Yanis, A., & Yulistini, Y. (2016). Prevalensi Ansietas Menjelang Ujian Tulis pada Mahasiswa Kedokteran Fk Unand Tahap Akademik. Jurnal Kesehatan Andalas, 5(3), 666–670. https://doi.org/10.25077/jka.v5i3.596
Cavanaugh, J. . (2012). The Akaike Informational Criterion. The University of Lowa.
Christianto, L. P., Kristiani, R., Nicholas Franztius, D., Darren Santoso, S., & Ardani, A. (2020). Kecemasan mahasiswa di masa pandemi Covid-19. JURNAL SELARAS. Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 3(1), 67–82.
Cutrona, C.E., Cole, V., Colangelo, N., Assouline, S.G., and Russell, D. W. (1994). “Perceived parental social support and academic achievement: An attachment theory perspective.” Journal of Personality and Social Psychology, 66.
Dhiya, F., Rizqi, N., & Ediati, A. (2020). Dukungan Sosial Keluarga Dan Kecemasan Dalam Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa Semester Akhir. Empati, 8(4), 71–76.
Eldawaty, T. E. P. S. (2021). Tingkat Kecemasan Mahasiswa dalam Penyusunan Skirpsi di Prodi Penjaskesrek Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Jurnal Consilia, 2(2), 105–113. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia
Ellicia, S. (2021). Hubungan antara atribusi caregiver tentang tanggung jawab pasien dan persepsi dukungan sosial pada pasien penyakit kronis. 1996, 6.
Eniyaheni. (2018). Dukungan Sosial Keluarga terhadap Pemulihan Orang dengan Skizofrenia ( ODS ) di Bali Kadek Yah Eni dan Yohanes Kartika Herdiyanto Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 5(2), 268–281.
Farahat Et al. (2016). The Objective Structured Clinical Exam (OSCE): A Qualitative Study Exploring The Healthcare Student’s Experience. Sheffield: Student Engagement And Experience Journal.
Fidment. (2012). Objective Structured Clinical Examination (OSCE) : A Qualitative Study Exploring The Healtcare Student’s Experience. Sheffield : Student Engangement And Experience Journal.
Fitriah, F. N., Harsoyo, S., & Wiyono, J. (2017). Dukungan Keluarga Lansia dan Gangguan Kemandirian Dalam ADL (Activity Of Daily Living). Journal of Applied Nursing (Jurnal Keperawatan Terapan), 3(1), 13. https://doi.org/10.31290/jkt.v(3)i(1)y(2017).page:13-19
Friedman, M. M. (2013). Buku Ajar Keperawatan Keluarga: Riset, Teori dan Praktek. ECG.
Gunawan, Y. E. S., Landi, M., & Anthasari, D. (2018). Hubungan Antara Motivasi, Dukungan Keluarga Dan Kecemasan Mahasiswa Dalam Menghadapi Ujian Proposal Di Prodi Keperawatan Waingapu. Jurnal Info Kesehatan, 16(1), 72–82. https://doi.org/10.31965/infokes.vol16.iss1.173
Habibullah, M., Hastiana, Y., & Hidayat, S. (2019). Kecemasan Mahasiswa Dalam Menghadapi Seminar Hasil Skripsi Di Lingkungan Fkip Universitas Muhammadiyah Palembang. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 10(1), 36. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v10i1.2015
Hamilton, M. (1959). The Assessment of Anxiety States by Ranting. Br J Med Pshyhol.
Hartaji, D. A. (2012). Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa yang Berkuliah. Dengan Jurusan Pilihan Orangtua. Naskah Publikasi: Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.
Hawari, D. (2011). Manajemen Stress, Cemas, Dan Depresi. FKUI.
Health Professional Education Quality (HPEQ). (2013). Blueprint OSCE Pendidikan DIII Keperawatan Dan Ners. http://xa.yimg.com/kq/groups/21863226/104024717/name/BLUEPRI%0ANT+(15=NOPEMBER+2013)+akmani+(MF)(2).pdf.
Henriani. (2016). Perbedaan Tingkat Kecemasan Antara Mahasiswa Laki-Laki dan Mahasiswa Perempuan S1 Ilmu Keperawatan Angkatan 2014 Stikes Muhammadiyah Samarinda dalam Menghadapi Ujian OSCE.
Hidayah, R. N. (2020). Pengalaman dalam menghadapi ujian osce regular semester ganjil tahun akademik 2019/2020 oleh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Islam …. http://etheses.uin-malang.ac.id/19554/
Himpsi. (2020). Seri Sumbangan Pemikiran Psikologi untuk Bangsa Ke-5 Kesehatan Jiwa dan Resolusi Pascapandemi di Indonesia. Himpsi.or.Id, September 2019, 1–13. https://himpsi.or.id/blog/pengumuman-2/post/kesehatan-jiwa-dan-resolusi-pascapandemi-di-indonesia-panduan-penulisan-132
Ibrahim, Prof.Dr.H. Ayub Sani, S. K. (2012). Panik neurosis dan gangguan cemas. jelajah nusantara.
Icha. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 bagi Mahasiswa. Artikel IAIN Tulungagung. https://perpustakaan.iaintulungagung.ac.id/index.php/2020/07/23/dampak-pandemi-covid-19-bagi-mahasiswa/
Indriyani. D. (2013). Aplikasi Konsep dan Teori Keperawatan Maternitas Postpartum dengan Kematian Janin. Ar-Ruzz media.
Istiqamah, L. Z. (2018). Kecemasan Pasien Pre Operasi Dengan General. In Politeknik Kesehatan Kemenkes.
Jhonson , L., & Leny, R. (2010). Keperawatan Keluarga. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Johnson, J. E. (1998). Stress, social support, and health in frontier elders. Journal of Gerontological Nursing, 24(5), 29–35. https://doi.org/10.3928/0098-9134-19980501-12
Kemenkes R.I. (2016). Profl Kesehatan RI Tahun 2016.
Komisi Nasional Etik Penelitian Kesehatan. (2011). Pedoman Nasional Etik Penelitian Kesehatan 201. Litbang Kementerian Kesehatan. http://www.ke.litbang.kemkes.go.id/kom14/wp-content/uploads/2017/12/Pedoman-Nasional-Etik-Penelitian-Kesehatan-2011-Unedited-Version.pdf.
Kusumaningtyas, A. (2019). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Sikap Ibu Dalam Pemberian ASI Ekslusif dalam perspektif agronursing di Kecamatan Panti Jember.
Lastina, F. F., & Abidin, Z. (2013). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa Sma Negeri 2 Kota Magelang. Jurnal EMPATI, 2(3), 373–382. https://doi.org/10.14710/empati.2013.7360
Listyaningrum, T. ., Rohmah, A. ., Puspito, H., Fahmi, D., Hidayati, R. ., & Purnamasari, V. (2020). Panduan praktikum metodologi penelitian. tidak dipublikasikan.
Lubis, K., & Kunci, K. (2019). Hubungan Pemberian Informasi Dengan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Pre Operasi di Ruang Kenanga I dan Melati III RSUD Dr . Pirngadi Medan Tahun 2019. Jurnal Kesehatan, 1–5. http://repo.poltekkes-medan.ac.id/xmlui/handle/123456789/2114
Malfasari, E., Devita, Y., Erlin, F., & Filer, F. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Di Stikes Payung Negeri Pekanbaru. Jurnal Ners Indonesia, 9(1), 124. https://doi.org/10.31258/jni.8.2.124-131
Misgiyanto, & Susilawati, D. (2019). Hubungan Antara Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Penderita Kanker Serviks Paliatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 22(2), 92–100.
Murdianto, J. (2021). Sambutan Prodi KAN UNISA.
Mustikasari & Rachmawati, V. (2019). Tingkat Kecemasan dan Stres pada Mahasiswa yang Mengikuti Objective structure clinical examination ( OSCE ). JPPNI Vol. 03/No.03/Desember 2018-Maret 2019 LATAR, 71.
Notoatmodjo, S. (2020). Metodologi Penelitian Kesehatan (2nd ed.). Rineka Cipta.
Nurul. (2013). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Pasien Preoperasi di Ruang Perawatan Bedah Baji Kamase 1 dan 2 Rumah Sakit Labuang Baji Makassar. Skripsi, 74.
Nylen, K. J. (2009). Effects of prenatal maternal distress on reproductive outcomes. University of Iowa.
Pefbrianti, D., Hariawan, H., Kurniawan, S., Sasongko, H., Alivian, G. N., & Yusuf, A. (2018). Intervensi Nonfarmakologik Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Pasien Preoperasi: Literature Review. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 9(2).
Perceka, A. L. (2020). Hubungan Motivasi Dan Dukungan Keluarga Dengan Keinginan Mahasiswa S1 Keperawatan Semester 8 Untuk Meneruskan Program Profesi Ners Di Stikes Karsa Husada Garut. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(4), 1. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=feOk96MAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=feOk96MAAAAJ:WF5omc3nYNoC
Prameswari, A. (2014). gambaran tingkat kecemasan mahasiswa program studi diploma bidan pendidik reguler dalam menyusun CSR di Stikes ’Aisyiyah Yogyakarta.
Priyoto. (2016). Konsep Manajemen stress. Nuha Medika.
Procidano, M., & Heller, K. (1983). Measures of perceived social support from friends and from family: Three val-idation studies. American Journal of Community Psychol-Ogy, 11.
Prof. Dr. Soekidjo Notoatmojo. (2020). Metodologi Penelitian Kesehatan. PT Rineka Cipta.
Purnamasari, I. (2019). Hubungan Persepsi Mahasiswa Keperawatan Dengan Kecemasan Selama Mengikuti Pembelajaran Klinik Di Rumah Sakit. Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia, 1, 130–135. https://doi.org/10.52020/jkwgi.v1i0.841
Purnamasari, V. (2019). Pengetahuan penata anestesi tentang kompetensi pembimbing klinik keperawatan anestesiologi. Health Sciences and Pharmacy Journal, 3(2), 47. https://doi.org/10.32504/hspj.v3i2.137
Rahmayanti, Y. E., & Rahmawati, T. (2018). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kejadian Depresi Pada Remaja Awal. Jurnal Asuhan Ibu&Anak, 6, 47–54.
Raisa Farida Kafil, S.Kep., Ners., M. K. (2022). Panduan praktikum metodologi penelitian klinis.
RAUF, N. S. (2017). Perbandingan Tingkat Kecemasan Antara Mahasiswa Semester Satu Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Dan Program Studi Pendidikan Kedokteran Gigi S1 Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin Angkatan.
Riskesdas. (2018). Situasi Kesehatan Jiwa Di Indonesia. In InfoDATIN (p. 12).
Ruswanto. (2016). hubungan Dukungan KeluargaTerhadap Kepatuhan Kunjungan Antenatal Care (ANC) di PUSKESMAS Mergangsan Kota Yogyakarta. http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7347
Sadock, K. (2017). Buku Ajar Psikiatri Klinis (Concise Textbook Of Clinical Psychiatry). ECG.
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Helath Psychology: Biopsychosocial interactions. 7th ed. New Jersey: John Willey & Sons, Inc. Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif.
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2012). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions, 7th edition. John Wiley & Sons, Inc.
Sarason, I. G. (1983). Assessing Social Support: The Social Support Questionnaire. Journal of Personality and Social Psychology, 44(1).
Sitepu, Y. R. B. T. P. D. melitus T & Simanungkalit, J. N. (2019). Jurnal Penelitian Perawat Profesional. 89–94.
Slamet, B. (2007). Psikologi Umum. PT Remaja Rosdakarya.
Sugiarto, E. (2016). Analisis Emosional, Kebijaksanaan Pembelian Dan Perhatian Setelah Transaksi Terhadap Pembentukan Disonansi Kognitif Konsumen Pemilik Sepeda Motor Honda Pada UD. Dika Jaya Motor Lamongan, Jurnal Manajemen Universitas Islam Lamongan, Volume I, No.01. I(01), 2016.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alphabet.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.
Sunarty, K. (2015). Pola Asuh Orang Tua dan Kemandirian Anak.
Syarifah, R. (2019). Identifikasi Respon Kecemasan Pada Pasien Pre Operasi Katarak di Kabupaten Jember. 1–120.
Syazuana, D. F. N. hartati. (2022). Hubungan dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan pada mahasiswa manjelang ujian akhir semester. JIM FKep, 5(4), 26–33.
Toban, C. M., Almar, J., & Rande, K. T. (2020). Hubungan Kecemasan dengan Kelulusan OSCE pada Mahasiswa S1 Keperawatan Semester IV Stikes Toraja.
Toby, M. P. (2018). Hubungan Antara Kecemasan Akademik dengan Penggunaan Defense Machanism pada Mahasiswa. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Undang-Undang Kesehatan. (2014). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan. Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.
Waruwu, A. (2021). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Stres pada Mahasiswa yang Menyusun Skripsi di Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. Universitas Medan Area, 1–115.
Word Health Organization. (2017). Mental Health ATLS 2017 states profile. Ganeva : World health organization https://www.who.int/mental_health/evidence/atlas/profiles-2017/IDN.pdf?ua=1.
Yetty, M. (2015). Gambaran Kecemasan Pada Remaja Putri Yang Mengalami Menarche.
Yudha, adi kusuma. (2013). Hubungan Kecemasan Menghadapi Skripsi Dengan Penggunaan Media Online: Facebook Pada Mahasiswa Keperawatan S1 Di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 12–32.