ANALISIS EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN DARING DALAM MATA KULIAH ASUHAN NEONATUS, BAYI DAN BALITA DI PRODI KEBIDANAN POLITEKNIK BANJARNEGARA

Main Article Content

Lia Aria Ratmawati

Abstract

Tujuan: untuk menganalisis efektivitas media pembelajaran daring dalam mata kuliah asuhan neonatus, bayi dan balita di Prodi Kebidanan Politeknik Banjarnegara.


Metodologi: penelitian dengan kualitatif deskriptif melalui kuesioner yang dibagikan dengan berbantuan googleform dengan analisis tematik pada 12 responden yang sudah mendapatkan mata kuliah asuhan neonatus, bayi dan balita dengan metode secara daring selama masa pandemi Covid-19. Hasil: penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran media daring di Prodi Kebidanan cukup baik menyesuaikan kondisi dan kebutuhan mahasiswa; pembelajaran daring pada mata kuliah asuhan neonatus, bayi dan balita berjalan baik dan sesuai pada tujuan pembelajaran; jenis media pembelajaran daring yang digunakan WhatsApp, Google Meet, Google Classroom dan Zoom Meeting; penerimaan materi melalui media daring oleh mahasiswa dapat dipahami dengan baik walaupun lebih efektif bila disampaikan offline; faktor pendukung dalam pembelajaran yaitu cara dosen dalam penyampaian materi yang mudah dipahami dan keaktifan mahasiswa; kendala dalam pembelajaran yaitu kuota, sinyal internet dan rasa bosan; dan solusi terhadap kendala dalam pembelajaran daring yaitu mencari tempat dan sinyal yang mendukung untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.


Kesimpulan: Perlu adanya pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif di masa pandemi dalam mata kuliah mata kuliah asuhan neonatus, bayi dan balita.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
RatmawatiL., “ANALISIS EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN DARING DALAM MATA KULIAH ASUHAN NEONATUS, BAYI DAN BALITA DI PRODI KEBIDANAN POLITEKNIK BANJARNEGARA”, Jurnal Ilmiah Kesehatan, vol. 11, no. 2, pp. 9-18, Nov. 2021.
Section
Jurnal Ilmiah Kesehatan

References

Aan Widiyono. 2020. Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177.
Asdar, A. F. 2020. The Effectiveness Of Online Learning On Bahasa Indonesia During Covid-19 Pandemic. 509(Icollite), 57–62. https://Doi.Org/10.2991/Assehr.K.201215.009
Audie, N. 2019. Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.
Butnaru, G. I., Niță, V., Anichiti, A., & Brînză, G. 2021. The Effectiveness Of Online Education During Covid 19 Pandemic—A Comparative Analysis Between The Perceptions Of Academic Students And High School Students From Romania. Sustainability (Switzerland), 13(9).
https://Doi.Org/10.3390/Su13095311
Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. 2020. Buku Pendidikan Tinggi Di masa Pandemi Covid-19: Pembelajaran Perguruan Tinggi dan Implementasi Merdeka Belajar di Masa Pandemi Covid-19. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Jakarta
Ferdiana, S. 2020. Persepsi Mahasiswa Tentang Penggunaan Media Daring Pada Program S1 Ilmu Gizi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surabaya Selama Masa Pandemi Corona Virus Disease (COVID19). Indonesian Journal of Science Learning, 1(1), 5–12.
Hayes, C., Hardian, H., & Sumekar, T. 2017. Pengaruh Brain Training Terhadap Tingkat Inteligensia Pada Kelompok Usia Dewasa Muda. Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro), 6(2), 402– 416.
Henik, I, Indarto A.S, D. T. 2014. Persepsi Mahasiswa Tentang Media Pembelajaran E- Learning, Jurnal Ilmu Kebidanan, 2(2).
Heriyanto, H. 2018. Thematic Aanalysis sebagai Metode Menganalisa Data Untuk Penelitian Kualitatif. Anuva, https://doi.org/10.14710/anuva.2.3.317-324.
Hidayat, Muhammad Yusuf. 2016. Pengaruh Slow Learner dan Kejenuhan Belajar terhadap Kesulitan Belajar Fisika Siswa MTs Madani Alauddin Kabupaten Gowa. UIN Alauddin Makassar. Vol. 5, No. 2, hal. 332-341
Hikmat, Hermawan, E., Aldim, & Irwandi. 2020. Efektivitas Pembalajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Survey Online. Digital Library, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung, 1–7. http://digilib.uinsgd.ac.id/30625/


Majalah alodokter (on line), diakses tanggal 21 september 2021.https://www.alodokter.com/virus-corona,
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. 2020. Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, 1–10. http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/
Jones, K., & Sharma, R. 2019. Imagining A Future For Online Learning. New York
Karnawati, & Mardiharto. 2020. Sekolah Minggu Masa Pandemi Covid-19: Kendala, Solusi, Proyeksi. Jurnal STT Simpson, 13-24 doi: 10.46445/djce.vlil.291.
Khasanah, Nasa, E., Jus’aini. 2021. Efektifitas Media WhatsApp Group Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Tekologi Pendidikan, Vol.10 No.1. Hal.47-65. DOI : https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1344
Kuntarto, E. 2017. Kefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Diperguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature / ILE&E/Vol.3 No. 1
Margiyanti, NP., Handayani, TY., Roza, N. 2021. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Daring Terhadap Prestasi Mahasiswa Prodi Diploma III Kebidanan. Jurnal SI Pendidikan Vol 13 No 2. Hal.132-137. DOI: 10. 26418/jvip.v13i2.46448
Mirzon Daheri, Juliana, Deriwanto, A. D. A. 2020. Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445
Permatasari, D., Amirudin, Sittika, A.J., 2021. Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 6. Hal.3704-3714. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1082
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.
Putra, R., & Irwansyah, I. 2020. Media Komunikasi Digital, Efektif namun Tidak Efisien, Studi Media Richness Theory dalam Pembelajran Jarak Jauh Berbasis Teknologi di Masa Pandemi. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, 1(2), 1-13.
Rachmat, A., & Krisnadi, I. 2020. Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring (Online) Untuk Siswa SMK Negeri 8 Kota Tangerang Pada Saat Pandemi Covid 19. Magister Teknik Elektro Universitas Mercu Buana, 1–7
Sadikin, A., Hamidah, A., Pinang, K., Jl, M., Ma, J., Km, B., Indah, M., Jaluko, K., Kode, K. M., & Indonesia, P. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224
Suhada, I., Kurniati, T., Pramadi, A., Listiawati, M., Biologi, P. P., Gunung, S., & Bandung, D. 2020. Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Masa Wabah Covid-19. Digital Library UIN Sunan Gunung Jati, 2019, 1–9. http://digilib.uinsgd.ac.id/30584/
Suhendra, A. D., Asworowati, R. D., & Ismawati, T. 2020. Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Pandemi Covid-19 Di Universirtas Abdurachman Saleh Situbondo. Akrab Juara, 5(1), 43–54. http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/919.
Susanto, E., Sasongko, R. N., Kristiawan, M., Nipriansyah, N., & Purdiyanto, P. 2021. Constraints Of Online Learning Using Google Classroom During Covid-19. Education Quarterly Reviews, 4(2). Https://Doi.Org/10.31014/Aior.1993.04.02.201
Syarifudin, A. S. 2020. Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072
Tafonao, T. 2018. Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. Https://Doi.Org/10.32585/Jkp.V2i2.113
Tim Penulis UNIKA Soegijapranata. 2020. 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. Semarang: UNIKA Soegijapranata
Vitasari, Ita. 2016. Kejenuhan (Burnout) Belajar di Tinjau dari Tingkat Kesepian dan Kontrol Diri pada Siswa kelas XI SMA Negeri 9 Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta
Zhang, W., Wang, Y., Yang, L., & Wang, C. (2020). Suspending Classes Without Stopping Learning : China ’ s Education Emergency Management Policy in the COVID-19 Outbreak. Risk and Financial Management, 13(55), 1–6