TIPE SUDUT CHAMFER DALAM PERKERASAN PAVING DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN FINITE ELEMENT METHOD
Abstract
Paving adalah salah satu jenis material yang sering digunakan dalam konstruksi jalan. Jenis perkerasan ini terdapat chamfer yang merupakan desain geometris. Sudut chamfer berpengaruh signifikan terhadap performa dan stabilitas permukaan jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara variasi sudut chamfer dengan penurunan permukaan jalan, variasi sudut yang digunakan dalam penelitian ini ada 4, yaitu: 300, 450, 600, dan 750 dengan jarak antar paving 3 mm. Penelitian ini penting dilakukan supaya dapat diketahui model sudut chamfer terbaik yang memiliki pengaruh signifikan terhadap penurunan. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis FEM dengan perangkat lunak PLAXIS 3D. Metode tersebut digunakan untuk memodelkan interaksi antara paving dengan roda di atasnya, sementara variasi chamfer dievaluasi untuk mengukur dampaknya terhadap penurunan permukaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paving dengan sudut chamfer 750 memiliki pengaruh yang paling signifikan dalam pembebanan. Perbedaan sudut chamfer yang lebih besar secara nyata mempengaruhi respons paving terhadap beban. Dengan memperhatikan pergeseran arah Z, ditemukan bahwa terjadi penurunan hingga 7.441E-3 cm, yang merupakan penurunan terbesar dibanding dengan lainnya. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa sudut chamfer memberikan peran penting dalam kualitas perkerasan paving, meskipun mutu paving sangat baik, sudut chamfer yang cukup besar dapat menyebabkan penurunan signifikan pada permukaan jalan.
Downloads
References
Franco, M. A. M., & De Sousa, J. S. (2020). Sustainable constructions: Applications for the city of Uberaba - MG. Revista de Gestao Ambiental e Sustentabilidade, 9(1). https://doi.org/10.5585/GEAS.V9I1.16205
George, A., Athira, I. C., Joseph, N. S., Joseph, S., Unnikrishnan, V., Mathew, M. S., …
Thomas, M. R. (2022). Influence of Using Waste Materials as Partial Replacement of Coarse Aggregates in Concrete Paver Blocks. Lecture Notes in Civil Engineering (Vol. 193). https://doi.org/10.1007/978-3-030-87379-0_63
Hettiarachchi, H. A. C. K., & Mampearachchi, W. K. (2016). New block design and laying parameters for interlocking concrete block pavements to improve human thermal comfort levels in urban spaces. International Journal of Sustainable Building Technology and Urban Development, 7(2), 104–115. https://doi.org/10.1080/2093761X.2016.1172278
Jamshidi, A., Kurumisawa, K., White, G., Nishizawa, T., Igarashi, T., Nawa, T., & Mao, J. (2019). State-of-the-art of interlocking concrete block pavement technology in Japan as a post-modern pavement. Construction and Building Materials, 200, 713–755. https://doi.org/10.1016/j.conbuildmat.2018.11.286
Jusli, E., Md. Nor, H., Jaya, R. P., Haron, Z., Bujang, M., & Wan Azahar, W. N. A. (2019). Waste tyre rubber application in semi-rigid and flexible pavement. Handbook of Research on Resource Management for Pollution and Waste Treatment. https://doi.org/10.4018/978-1-7998-0369-0.ch001
M. A. Al-Jumaili, Finite Element Modelling of Asphalt Concrete Pavement Reinforced with Geogrid by Using 3-D Plaxis Software. Trends in Transport Engineering and Applications, 2016, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/321950129
Mampearachchi, W. K., & Senadeera, A. (2014). Determination of the Most Effective Cement Concrete Block Laying Pattern and Shape for Road Pavement Based on Field Performance. Journal of Materials in Civil Engineering, 26(2), 226–232. https://doi.org/10.1061/(asce)mt.1943-5533.0000801
Putra Muttaqien, A. R. (2024). Kinerja Pelayanan Mobil Penumpang Umum Kota Semarang pada Masa Pandemi Covid-19 Studi Kasus Trayek C.8. Warta Penelitian Perhubungan, 35(2), 1–12. https://doi.org/10.25104/warlit.v35i2.2025
R. T. Arjun Siva Rathan, V. Sunitha, P. Murshida, and V. Anusudha, Influence of bedding and jointing sand on the shear strength characteristics of Interlocking Paver Blocks–bedding sand interface, International Journal of Pavement Engineering, vol. 23, no. 7, pp. 2160–2175, 2022, doi: 10.1080/10298436.2020.1847286.