PELATIHAN BUDIDAYA IKAN AIR PAYAU DI KABUPATEN LAMONGAN DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR ANALOGI

  • Frendy Arbiansyah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • R.A. Retno Hastijanti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Darmansjah Tjahja Prakasa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords:
Pelatihan, air payau, analogi, perikanan budidaya

Abstract

Tambak, persawahan,  dan sungai, serta perikanan tangkap (laut) di wilayah Brondong dan Paciran merupakan sebagian besar potensi perikanan Kabupaten Lamongan. Air tawar dan air payau digunakan untuk mengembangkan akuakultur. Sekitar 1.380 hektar pertanian air payau terletak di sepanjang pantai utara. Kabupaten lamongan sendiri memiliki Jumlah persebarana Usaha Budidaya Ikan Air Payau Berbasis Rumah yang masih belum begitu banyak, yaitu mencapai 388 Usaha Budidaya Ikan Air Payau Berbasis Rumah. Oleh karena itu perlu adanya fasilitas pelatihan budidaya ikan air payau dengan konsep yang ideal untuk meningkatakan kualitas budidaya perikanan, meningkatkan jumlah prodiksi perikanan daerah dan Usaha Budidaya Ikan Air Payau Berbasis Rumah,dan meningkatkan kualitas SDM yang sudah ada di bidang budidaya ikan air payau. Metode yang digunakan pada Pelatihan Budidaya Ikan Air Payau adalah metode deskriptif dan pengumpulan data menggunakan sumber primer dan sekunder (melalui kutipan dari beberapa buku, jurnal dan karya ilmiah) lalu setelah data-data tersebut didapatkan maka akan diolah dan dianalisis. Konsep yang digunakan adalah “Alongan” yaitu tangkapan melimpah. Menunjukkan bahwa Kabupaten Lamongan memiliki potensi perikanan tangakap maupun budidayanya. Alongan juga merupakan doa dan harapan untuk kejayaan perikanan kabupaten lamongan. Dengan pengguannan konsep alongan diaharapkan dapat memberikan semngat untuk para nelayan dan petani tambak untuk terus meningkatkan nilai produksi perikanan daerah. Disamping itu fasilitas ini juga sebagai tempat sertifikasi profesi dan tempat wisata pemancingan. Dengan desain menggunakan pendekatan analogi pada bentuk bangunan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Izzati Husna, & Nurjaman Andri. (2021). KAJIAN PRINSIP ARSITEKTUR ANALOGI PADA MASSA BANGUNAN HOTEL U JANEVALLA BANDUNG.
Jayusman, I., Agus, O., & Shavab, K. (2020). STUDI DESKRIPTIF KUANTITATIF TENTANG AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. In Halaman | 13 Jurnal Artefak (Vol. 7, Issue 1). https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/artefak
RPJPD Kabupaten Lamongan 2005-2025. (2012). Pemerintah Kabupaten Lamongan.
Teguh Harijono, M. Zainal Arifin, Mohsan Abrori, & Lusiana Ritonga. (2019). Modul Teknik Budidaya Ikan Air Payau (Pertama). AMAFRAD Press.
Published
2024-06-30
How to Cite
ArbiansyahF., HastijantiR. R., & PrakasaD. T. (2024, June 30). PELATIHAN BUDIDAYA IKAN AIR PAYAU DI KABUPATEN LAMONGAN DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR ANALOGI. Jurnal Ilmiah Arsitektur, 14(1), 8-12. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/jiars.v14i1.4601
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times