ANALISIS UTILITAS JALAN UNTUK MENDUKUNG KAWASAN YANG RAMAH LINGKUNGAN DESA WONOYOSO, MOJOSARI, MOJOTENGAH, WONOSOBO
penyelesaian masalah, jalan paving, beton
Abstract
Kerusakan jalan dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya air, perubahan suhu, cuaca, temperatur udara, material konstruksi perkerasan, kondisi tanah dasar yang tidak stabil, proses pemadatan di atas lapisan tanah dasar yang kurang baik dan tonase atau muatan kendaraan-kendaraan berat yang melebihi kapasitas serta volume kendaraan yang semakin meningkat. Keberadaan jalan raya sangatlah diperlukan untuk menunjang laju pertumbuhan ekonomi, pertanian serta sektor lainnya. Mengingat manfaatnya yang begitu penting maka dari itulah sektor pembangunan dan pemeliharaan jalan menjadi prioritas untuk dapat diteliti dan dikembangkan dalam perencanaan, pelaksanaan, serta pemeliharaannya. Ruas jalan Raya Desa wonoyoso sepanjang Jalan mengalami kerusakan yang cukup signifikan, baik kerusakan Ringan maupun kerusakan berat pada beberapa ruas jalan dan hampir sepanjang ruas jalan tersebut. Tahapan penelitian ini meliputi: pemetaan jaringan jalan, identifikasi jenis perkerasan, kerusakan perkerasan jalan dan penyusunan rencana perbaikan kerusakan. Hasil penelitian ini didapatkan jaringan jalan yang ada telah terkoneksi dari jalan kecil (gang) ke jalan lingkungan sampai ke jalan besar. Ada dua jenis perkerasan jalan dilokasi penelitian yaitu jalan beton, dan jalan paving.
Downloads
References
ASHRAE. Handbook ofFundamental Chapter 8. Physiological Principles, Comfort, and Health ASHRAE.USA. 1989.
Christady, H., 2011, Perancangan Perkerasan Jalan Dan Penyelidikan Tanah, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Dwiyanto, A. (2009). Kuantitas dan kualitas ruang terbuka hijau di permukiman perkotaan. Teknik, 30(2), 88-92.
Hardiyatmo, 2007, Pemeliharaan Jalan Raya, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Hardiyatmo, (2016). Alternatif solusipembangunan perkerasan jalan pada subgrade berdaya dukung, Prosiding Seminar Nasional Geoteknik PS S1 Teknik Sipil Unlam, Banjarmasin, ISBN :978-602-6483-02-71.
Hermawan, (2014), Karakteristik rumah tinggal tradisional di daerah pegunungan jawa tengah, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 1(3), pp.212-219. Doi: http://doi.org/10.32699/ppkm.v1i3.267.
Hermawan, Prianto, E., dan Setyowati, E., (2014) Prediksi Kenyamanan Termal dengan PMV di SMK 1 Wonosobo, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 1(1), pp. 13-20. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v1i1.229.
Hermawan, Prianto, E., dan Setyowati, E., (2018), Studi lapangan variabel iklim rumah vernakular pantai dan gunung dalam menciptakan kenyamanan termal adaptif, jurnal arsitektur ZONASI, Vol. 1 No. 2, Oktober 2018, p-ISSN 2621-1610, e-ISSN 2620-9934.
Hermawan, Prianto, E., dan Setyowati, E., (2018), Analisa perbandingan suhu permukaan dinding rumah vernakular pantai dan gunung, jurnal arsitektur ARCADE, Vol 2, No 3 (2018), e-ISSN 2597-3746, p-ISSN 2580-8613.
Hermawan, Prianto, E., dan Setyowati, E., (2018), Studi tipologi rumah vernakular pantai dan gunung (studi kasus di kabupaten demak dan kabupaten wonosobo), Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ III(2018) 259-266, e-ISSN: 2354-869X, p-ISSN: 2614-3763.
Indonesia, B. S. (1998). SNI (Standar Nasional Indonesia).
Irianto, C. R., (2012), Nilai CBR Unsoaked dan kv Subbase Course pada Batu Kuning (Dolomite Limestone) dengan Rasio Perbandingan Agregat Kasar dan Agregat Halus, Skripsi S-1, Program Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oglesby, C.H., and Hicks, R.G. 1996. Teknik Jalan Raya. Jakarta: Erlangga.
Kahiri, Amin. (2012). Evaluasi Jenis danTingkat Kerusakan dengan MenggunakanMetode Pavement Conditon Index (PCI) Studi Kasus Jalan Soekarno-Hatta,Dumai 05+000-10+000. Fakultas Teknik, Politeknik Negeri Bengkalis.Dumai.
Nurutomo, Eko Setyo, 2012. PerencanaanKembali Menggunakan PerkerasanKaku dengan Metode BinaMarga2003dan AASHTO 1993.Universitas SultanAgeng Tirtayasa.
Oglesby Clarkson H.,Hicks R. Gary, 1996, Teknik Jalan Raya Jilid2, penerbit Erlangga, Jakarta.
Sukirman, Silvia. (1999). Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Bandung :Nova Nomor : 03 / MN / B / 1983.
Sukirman, 2010,Perencanaan Tebal Struktur Perkerasan Lentur, Penerbit Nova, Bandung.
Sulaksono W, Sony, 2001. Rekayasa Jalan, Institut Teknologi Bandung.
Yusdiana, E.D., Satyawisudariniq I., (2018). Penerapan metode pert dan cpm dalam pelaksanaan proyek pembangunan jalan paving untuk mencapai efektivitas waktu penyelesaian proyek. Jurnal Manajemen dan Bisnis, VOL. 2 NO. 3/DESEMBER 2018, hlm 20-28, ISSN : 2579- 4892.