Implementasi Praktik Pembukuan Akuntansi Dan Pengelolaaan Keuangan Bagi Pelaku UMKM Di Desa Bandingan Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara

  • Khusnul Hidayah Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Herlina Dwi Cahyani Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • M. Trihudiyatmanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Heri Purwanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Agus Putranto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Akuntansi, Pengelolaan Keuangan, UMKM

Abstract

Praktik akuntansi merupakan solusi bagi pelaku UMKM. Pelaku UMKM perlu menyusun laporan keuangan sesuai dengan regulasi yang tercantum dalam Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Dalam praktiknya pelaku usaha UMKM masyarakat Desa Bandingan ini masih kurang memperhatikan akan perencanaan pengelolaan keuangan terlebih dalam mengontrol aliran arus kas. Pengelolaan menjadi salah satu hal yang penting bagi pelaku bisnis UMKM. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan dan pemahaman mengenai perencanaan pembukuan serta pengelolaan keuangan yang benar.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai sosialisasi UMKM bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pencatatan dan penyusunan laporan keuangan bagi pelaku UMKM di Desa Bandingan Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara.

Adapun metode yang digunakan dalam sosialisai UMKM ini dilakukan dengan cara survei pendahuluan yaitu observasi lapangan. Pelaku UMKM yang dipilih dalam sosialisasi dan pendampingan mengenai pembukuan ini adalah pelaku UMKM yang memang belum mengerti tentang pembukuan, dan memiliki waktu luang untuk mengikuti kegiatan sosialisasi. Kegiatan sosialisasi ini membekali para pelaku UMKM di Desa Bandingan tentang materi komponen keuangan yang terdiri dari neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan perubahan modal/ekuitas, dan catatan atas laporan keuangan.

Kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) UNSIQ berupa sosialisasi “ Strategi Pengelolaan Keuangan untuk Mendorong UMKM Naik Kelas “ ini sangat membantu para pelaku UMKM. Sosialisasi ini menghimbau para pelaku UMKM untuk memisahkan antara uang untuk keperluan usaha dan uang untuk keperluan pribadi. Hal ini bertujuan agar pelaku UMKM dapat mengidentifikasi perkembangan model usaha mereka dengan baik sehingga mereka dapat melakukan perluasan usaha.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-01
How to Cite
HidayahK., CahyaniH., TrihudiyatmantoM., PurwantoH., & PutrantoA. (2024, April 1). Implementasi Praktik Pembukuan Akuntansi Dan Pengelolaaan Keuangan Bagi Pelaku UMKM Di Desa Bandingan Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara. JEPEmas: Jurnal Pengabdian Masyarakat (Bidang Ekonomi), 3(1), 24-31. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jepemas/article/view/6875
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 54 times
PDF downloaded = 17 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>