Desain Virtual Reality sebagai Inovasi Peningkatkan Transparansi Proses Produksi pada Koptan Simpotove Palolo
inovasi, virtual reality, teknologi, koperasi, vanili
Abstract
Pemasaran hasil pertanian di Indonesia seringkali menghadapi tantangan besar, terutama dalam hal distribusi informasi antara produsen dan konsumen yang terpisah oleh jarak yang jauh. Salah satu contohnya adalah koperasi tani pemasaran vanili simpotove yang memasarkan produk pertanian mereka secara nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain teknologi virtual reality (VR) sebagai inovasi digital dalam strategi pemasaran vanili di koperasi dengan memberikan transparansi proses produksi vanili kepada pelanggan. Teknologi VR memungkinkan pengalaman visual yang interaktif dan mendalam, sehingga memberikan transparansi dalam proses produksi vanili. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis kebutuhan koperasi dalam meningkatkan hubungan dengan pelanggan, efisiensi distribusi informasi, serta efektivitas pemasaran produk. Hasil dari penelitian ini menunjukaan bahwa penerapan virtual reality pada koperasi pemasaran tani vanili simpotove dapat membantu koperasi dalam meningkatkan transparansi operasional serta dapat menumbuhkan rasa percaya pelanggan terhadap koperasi.
Downloads
References
Baharudin, A., Dzaki, M., Erlangga, R., & Ernah. (2023). Kajian Potensi Komoditas Vanilla Indonesia di Pasar Internasional. Raya Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor-Sumedang, 45363.
Bido, F., Auriza, M. Z., & Sutomo, M. (2023). Inovasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Balaroa Pewunu. Jurnal Visi Manajemen, 9(2).
Fat, S., Kadang, J., & Sastrawan, E. (2023). Inovasi Produk Metode Manual Brew Aero Press Di Re.Kreasi Coffe. 2(2).
Hairurnisa, R., Zainuddin, F., & Hadi, S. (2024). Analisis Rantai Pasok Bahan Baku Utama Agroindustri Keripik Pisang Arzizah.
Hendrayana, D., Rahmah, N. A., Ariatama, A., & Tobing, S. H. R. L. (2022). 71 Studi Literatur: Penggunaan Virtual Reality sebagai Media Pembelajaran dan Uji Kompetensi untuk Industri Perfilman. https://doi.org/10.52969/jsnc.v8i2i.158
Herman, Miru, S., & Asngadi. (2023). The Effect Of Supply Chain Management On Smis Operational Performance(Study on Packaged Coffee Powder Industry in Sigi District). https://doi.org/10.59769/tajam.v4i3.57
Ihya, D. I., Ulumuddin, Hasyim, N., & Muslih. (2023). Adaptasi Pemasaran Digital Berbasis Virtual Reality Produk UMKM Lumintu. JURNAL INFORMATIKA UPGRIS, 9(2).
Indahlya, A., Bachri, S., Sutomo, M., & Dwiwijaya, K. A. (2024). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Content Marketing, Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di Tiktok Shop (Studi Pada Mahasiswa Universitas Tadulako) (Vol. 15).
Ishak, A. A., Lamusa, F. A. H., Adda, H. W., Manajemen, P., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2023). Pengembangan Teknik Pemasaran Dan Inovasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kedai Vespa Palu. Jurnal Mutiara Ilmu Akuntansi (JUMIA), 1(2).
Nathania, A. N., & Listiawati, S. (2022). Get To Know Production Activities : “Definition, Purpose, Factors, Functions, And Type Of Production". https://jurnal.pptq-annaafi.org/index.php/jemantansi
Nurfatimah, D., Asngadi, A., Miru, S., & Syamsuddin, S. (2024). Pengendalian Proses Produksi Untuk Meningkatkan Kualitas Produk Pada Usaha Out Of The Box Di Kota Palu. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan Indonesia, 2(1), 200–206. https://doi.org/10.61132/jepi.v2i1.363
Nurhayati, L. (2019). Rancangan Aplikasi Customer Relationship Management Pada UKM (Studi Kasus CV. AlBarru).
Palaguna, A. A., Samudra, S., & Fadjar, A. (2023). Strategi Pengembangan Dan Inovasi Bisnis UD. Barokah Berbasis Sumber Daya Manusia. Jurnal of Management and Social Sciences, 1(3), 54–64. https://doi.org/10.59031/jmsc.v1i3.154
Paluwati, L., Bachri, S., & Ponirin. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Dan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Pada PT. Federal International Finance cabang Palu). www.fifgroup.
Pramudya, M. F. A., Zainudin, F., Syamsuddin, & Hadi, S. (2024). Analysis Of Supply Chain Management Activities (Case Study On Zaskia Furniture Business In Palu City). In JOURNAL OF ADVANCED STUDIES IN MANAGEMENT (Vol. 1, Issue 1).
Prastiyanto, A., & Setiawan, I. (2018). Inovasi Pemanfaatan Virtual Reality Sebagai Media Penyuluhan Pertanian. https://www.researchgate.net/publication/353485616
Prastiyanto, A., Setiawan, I., & Noor, T. I. (2018). Introduksi Inovasi Pemanfaatan Virtual Reality Sebagai Media Penyuluhan Pertanian.
Pratowo, R. D. (2022). Penggunaan Teknologi Virtual Reality Pada Perancangan Arsitektur.
Putri, S. A., Voutama, A., & Heryana, N. (2023). Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality Sebagai Media Pengenalan Umkm Jawa Barat Berbasis Aplikasi ArtstepsARTSTEPS.
Rahma, Hadi, S., & Miru, S. (2024). Supply Chain Digitalization Through Application Prototypes For Leading Commodities In Central Sulawesi.
Rambunga, M. R., Samudra, S., & Adda, H. W. (2023). Inovasi Produk Pada Usaha Narasa Potato Dalam Mengatasi Persaingan Di Industri Kreatif. 1(3), 327–332. https://e-journal.naureendigition.com/index.php/pmb
Risnawati, R., Wirastuti, W., Natsir, S., Rosanty, N. P. E., Fadjar, A., Munawarah, M., & Fera, F. (2022). Adaptasi Dan Kolaborasi Menuju Koperasi Inovatif Kota Palu. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(4), 698–707. https://doi.org/10.36312/sasambo.v4i4.927
Shodiq, J., Yulianti, I., Qomariyah, E., & Nabilah, P. (2024). Penerapan Virtual Reality Terhadap Retansi Pengetahuan. Oktober, 120–124. https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i10.966
Syamsuddin, Saharuddin, Yusrizal, Dharmawati, T., & Fatmawati, E. (2024). Utilizing Blockchain Technology in Global Supply Chain Management: An Exploration of Scalable Information Systems. https://doi.org/10.4108/eetsis.4374_______________
Thahir, H., Hadi, S., Zahra, F., Arif, I., & Rombe, E. (2022). Strengthening effects of managerial innovativeness in promoting sustainable supply chain management in tourism business. Uncertain Supply Chain Management, 10(3), 923–932. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2022.3.002
Thahir, H., Rombe, E., & Hadi, S. (2018). Peningkatan Nilai Tambah Sektor Usaha Pariwisata Berkelanjutan Berbasis Manajemen Rantai Pasok: Studi Pustaka dan Konsep.
Wijiyanto, & Nurohman. (2023). Penerapan Unified Modelling Language untuk Pemodelan Sistem Customer Relationship Management.