Analisis Bibliometrik: Peran Digital Marketing dalam Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah

  • Rozi Irfan Rosyadhi Universitas Negeri Jakarta
  • Muhammad Yusuf Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Digital Marketing, UMKM, Pengembangan Bisnis, Analisis Bibliometrik, VOSviewer

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pemasaran digital berkontribusi pada pertumbuhan bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan menerapkan metode bibliometrik. Data diambil dari publikasi ilmiah yang terdaftar dalam database Scopus dari tahun 2022 hingga 2024. Selain itu, penelitian ini menggunakan Tinjauan Pustaka Sistematis (SLR) untuk menilai dan memahami hasil yang berkaitan dengan topik ini. VOSviewer dan R Studio digunakan untuk menggambarkan tren penerbitan serta hubungan antar istilah kunci. Temuan penelitian menunjukkan ada tiga istilah kunci utama: pemasaran digital, UMKM, dan perkembangan bisnis. Artikel yang paling banyak disitasi adalah "Optimization of MSMEs Empowerment in Facing Competition in the Global Market During the COVID-19 Pandemic Time" dengan total 32 sitasi. Pemasaran digital terbukti efektif dalam memperbaiki dan memperluas jangkauan pemasaran produk UMKM. Namun, penelitian ini terbatas pada database Scopus dan mencakup empat tahun terakhir. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan agar menggunakan berbagai database untuk mendapatkan pandangan yang lebih menyeluruh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, C., Hermawan, D., Srinadi, N., Kusuma, T. M. & Artikel, R. (2021). Yumary: Jurnal
Pengabdian kepada Masyarakat Penerapan Digital Marketing sebagai Strategi
Pengembangan Usaha Ternak Tikus Putih (The Application of Digital Marketing as a Strategy For Developing White Rat Farm Business). 2(1), 29–37. https://doi.org/10.35912/jpm.v2i1.503
Akuntansi, J., Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-, S., Laura Hardilawati, W., Muhammadiyah Riau, U., Ekonomi dan Bisnis Jl Tuanku Tambusai Ujung, F. & -Riau, P. (2020). The Survival Strategy Of Smes During The Covid-19 Pandemic. In Jurnal Akuntansi & Ekonomika (Vol. 10, Issue 1). http://ejurnal.umri.ac.id/index.php/jae
Amin Effendy, A. & Sunarsi, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam
Mendirikan UMKM Dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan. 4(3).
Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. In ATRABIS:
Jurnal Administrasi Bisnis (Vol. 6, Issue 2).
Hartanto, Y., Firmansyah, A. & Adhrianti, L. (2022). Implementation Digital Marketing Pesona 88 Curup in to Build Image for the Decision of Visit Tourist Attraction.
Jannatin, R., Wardhana2, M. W., Haryanto, R., Pebriyanto, A. & Banjarmasin, P. N. (2019).
PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM.
Annur, C. M. (2022, November 23). Ini media sosial dengan pengguna terbanyak pada Oktober 2022. Katadata.
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2022). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice. Pearson.
Tiago, M. T. P., & Veríssimo, J. M. C. (2021). "Digital marketing and social media: Why bother?" Business Horizons, 67(5), 703-711.
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2023). "Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media." Business Horizons, 66(1), 59-68.
Grewal, D., & Levy, M. (2022). Marketing. McGraw-Hill Education.
Wirtz, J., & Lovelock, C. (2023). Services Marketing: People, Technology, Strategy. World Scientific.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2022). Marketing Management. Pearson.
Ryan, D. (2023). Understanding Digital Marketing: Marketing Strategies for Engaging the Digital Generation. Kogan Page.
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2022). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice. Pearson.
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2023). "Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media." Business Horizons, 66(1), 59-68.
Grewal, D., & Levy, M. (2022). Marketing. McGraw-Hill Education. .
Wirtz, J., & Lovelock, C. (2023). Services Marketing: People, Technology, Strategy. World Scientific.
Published
2025-09-04
How to Cite
Rosyadhi, R. I., & Yusuf, M. (2025, September 4). Analisis Bibliometrik: Peran Digital Marketing dalam Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 9(1), 106-114. https://doi.org/https://doi.org/10.32500/jematech.v9i1.8329
Section
Articles