Financial Strength and Direction on College Student’s Learning Cycles
kekuatan finansial, pengelolaan keuangan, siklus pembelajaran
Abstract
Studi ini meneliti dampak antara kekuatan finansial dan pengelolaan keuangan terhadap siklus belajar mahasiswa di beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Kekuatan finansial (financial strength) diukur sebagai kemampuan mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan finansial mereka, sedangkan pengelolaan keuangan (financial direction) mengacu pada keterampilan dalam mengelola keuangan pribadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi untuk mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dan observasi. Hasil studi menunjukkan bahwa kekuatan finansial yang stabil memungkinkan mahasiswa untuk fokus pada pembelajaran tanpa distraksi keuangan, sementara pengelolaan keuangan yang baik membantu dalam mengelola dana secara efisien. Kesimpulannya, siklus pembelajaran mahasiswa secara signifikan dipengaruhi oleh kekuatan finansial dan pengelolaan keuangan, hal ini menyoroti pentingnya meningkatkan literasi keuangan di kalangan mahasiswa untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini sangat penting karena rendahnya literasi keuangan dapat menghambat proses belajar. Oleh karena itu, memperkuat literasi keuangan merupakan langkah yang paling tepat untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Banyak mahasiswa terjerat kasus pinjaman online karena tidak mampu memenuhi kebutuhan atau karena tidak bisa mengatur keuangan dengan baik.
Downloads
References
Artha, F. A. & Wibowo, K. A., 2023, 'Pengaruh literasi keuangan, perencanaan keuangan, dan sikap keuangan terhadap pengelolaan keuangan pribadi', Majalan Ekonomi dan Bisnis, 1(4), https://doi.org/10.26714/vameb.v19i1.10625.
Assyfa, L. N., 2020, 'Pengaruh uang saku, gender, dan kemampuan akademik terhadap perilaku pengelolaan keuangan pribadi mahasiswa akuntansi dengan literasi keuangan sebagai variabel intervening', PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Akuntansi, 13(1), Retrieved from https://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/view/372/130.
Agustine, P. T. & Pratiwi, W., 2023, 'Pengaruh tingkat ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MA Ma’arif Nu Cimanggu', Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 1(1), pp. 36-44, https://doi.org/10.62387/hatta.v1i1.9.
Bybee, R. W. & Landes, N. M., 2022, 'The Learning Cycle: Elementary School Science and Beyond', International Journal of Science Education, 44(2), pp. 189-212, https://doi.org/10.1080/09500693.2021.2017489.
Devi, A., Juniartina, S. W. & Pujiani, R., 2020, 'Analisis Model Pembelajaran Berbasis Learning Cycle Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA', Jurnal Pendidikan Fisika IAIN Salatiga, 7(1), pp. 43-52.
Guo, Y., Zhang, X., Wang, Y., Zhang, Y. & Yang, S., 2019, 'The Effect of Economic Stress on College Students' Emotional Intelligence: Mediating Role of Social Support and Coping Strategies', Frontiers in Psychology, 10, p. 1442.
Kartini, I. M. & Mashudi, A., 2022, 'Literasi Keuangan dan Financial Direction: Studi Pada Generasi Milenial Di Kota Malang', Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 6(1), pp. 1-10, http://dx.doi.org/10.32812/jibeka.v13i1.111.
Kiyosaki, R. T., 2022, Rich dad poor dad: what the rich teach their kids about money that the poor and middle class do not! (20th Anniversary ed.), Plata Publishing.
Kusumawardhani, R., Cahyani, P. D. & Ningrum, N. K., 2020, 'Analisis perbedaan tingkat literasi keuangan antara mahasiswa', Jurnal Ilmiah Manajemen, 10, pp. 15-18, http://dx.doi.org/10.22441/mix.2020.v10i1.002.
Kusumawati, R. R., 2023, 'Ruang lingkup dan fungsi manajemen keuangan', Financial Management, pp. 1-21.
Mankiw, N. G., 2020, Principles of economics (9th ed.), Cengage Learning.
NCA, 2024, Pendidikan tinggi: Mahasiswa dalam incaran pinjaman daring, Kompas Data, Jakarta, Retrieved from https://data.kompas.id/artikel-detail/print/65b9498b6cba93392d7ad87d.
Rizcay, S. A., Okianina & Basri, M., 2022, 'Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Akademik Mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang', Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 23(1), pp. 1-10.
Safri, F., 2018, 'Pendidikan Ekonomi dan Pengelolaan Keuangan Pribadi Pada Masyarakat Desa', Jurnal Kajian Ilmiah Ekonomi, 18(1), pp. 17-28.
Sari, M. P. & Irdhayanti, E., 2022, 'Pengaruh pengetahuan perencanaan keuangan dan sikap keuangan terhadap perencanaan keuangan pada mahasiswa', Economina, 1(3), Retrieved from https://doi.org/10.55681/economina.v1i3.100.
Septianingrum, I., 2022, 'Model pembelajaran learning cycle 7E untuk meningkatkan keterampilan kritis', Jurnal Ilmiah Kependidikan, 276, https://doi.org/10.20961/jkc.v10i2.65506.
Smith, A., 2023, The wealth of nations (Modern Library Classics), Modern Library.
Sugiyono, 2022, Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D (2nd ed.), Alfabeta, Bandung.
Utami, W. Z. S. & Garnika, E., 2022, 'Hubungan antara tingkat ekonomi orang tua dengan motivasi belajar siswa', Journal Scientific of Mandalika, 3, p. 90, https://doi.org/10.36312/10.36312/vol3iss2pp90-95.
Yusanto, Y., 2019, 'Ragam pendekatan penelitian kualitatif', Journal of Scientific Communication, pp. 2-9, https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764.