Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE) https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe <p>Journal of Economics, Business and Engineering (JEBE) is a journal for the publication of scientific research results/ Thesis/ Dissertation of students in the fields of Economics, Business, and Engineering. Journal of Economics, Business and Engineering (JEBE) is published 2 (two) times a year, in October and April with&nbsp;e-ISSN&nbsp;<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1571477660" target="_blank" rel="noopener">2716-2583</a>.</p> en-US hsibyan@unsiq.ac.id (Hidayatus Sibyan) jebe@unsiq.ac.id (JEBE) Thu, 31 Oct 2024 00:00:00 +0700 OJS 3.1.0.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP MINAT MELALUI PERAN MEDIASI SIKAP https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/6539 <p>Penelitian ini menunjukkan pengaruh persepsi kemudahan penggunaan terhadap minat menggunakan media sosial. Tetapi, hubungan antara persepsi kemudahan dan minat terhadap prosedur pengakuan teknologi tak senantiasa pasti. Peran sikap sebagai mediator merupakan aspek yang menarik untuk diteliti lebih lanjut. Penelitian ini mengangkat pendekatan TAM (<em>Technology Acceptance Model</em>), dimana <em>Technology Acceptance Model</em> (TAM) ialah konsep yang dirancang untuk menegaskan perilaku pengguna dalam mengadopsi dan menggunakan teknologi. Analisis statistik dilakukan guna untuk mengevaluasi hubungan antara persepsi kemudahan terhadap sikap melalui peran mediasi sikap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara persepsi kenyamanan dan minat melalui fungsi mediasi sikap. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan kepada pembaca mengenai persepsi kemudahan terhadap minat melalui sikap.</p> Veni Frensiska ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/6539 Thu, 31 Oct 2024 02:33:26 +0700 PURCHASE DECISION SKINCARE RESEARCH MAPPING : SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW ANALYSIS https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7027 <p>Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemetaan serta tinjauan literature sistematik (SLR) terkait keputusan pembelian skincare. Pendekatan kualitatif digunakan menggunakan Google Scholar dengan rentang waktu 2018-2023 dengan kata kunci keputusan pembelian skincare. Penelitian ini memadukan pendekatan kualitatif dengan memanfaatkan sumber data dari google scholar dengan bahasa inggris dan&nbsp; alat bantu aplikasi <em>Publish or Perish</em>. Data yang digunakan berupa narasi, paparan, dan kutipan dari berbagai bahan pustaka yang relevan dengan fokus penelitian. Teknik pengumpulan data dengan cara mencari artikel dengan kata kunci <em>“Purchase Decision Skincare” </em>pada aplikasi <em>Publish or Perish</em>. setelah didapatkan data pada kata kunci tersebut lalu dicopy dalam format excel , setelah itu pada menu aplikasi <em>publish or perish save result</em> dengan format Ris. Hasil analisis menunjukkan publikasi tertinggi terjadi pada tahun 2023 dengan jumlah 9 artikel publikasi sedangkan publikasi terendah terjadi pada tahun 2019 dan 2021 masing-masing sebanyak 1 publikasi. Hasil Visualisasi diatas menunjukan produktivitas jurnal yang telah menerbitkan artikel tentang Purchase Decision Skincare. Dari kata kunci diatas dapat kita lihat yang paling sering atau banyak digunakan adalah purchase decision dan product quality.</p> Chindy Wulandari, Rozalinda Rozalinda, Aidil Novia, Hulwati Hulwati, Ahmad Wira, M. Niko Andeska ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7027 Thu, 31 Oct 2024 02:40:27 +0700 PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PLATFORM SHOPEE, TOKOPEDIA, LAZADA, DAN TIKTOK SHOP DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM MAKANAN RINGAN (STUDI KASUS PADA UMKM MAKANAN RINGAN DI TASIKMALAYA) https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7023 <p>Penelitian ini membandingkan efektivitas empat platform e-commerce, yakni Shopee, Tokopedia, Lazada, dan TikTok Shop, dalam meningkatkan penjualan produk UMKM makanan ringan di Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan memanfaatkan data sekunder dari penjualan 40 produk makanan ringan UMKM di Tasikmalaya. Analisis dilakukan menggunakan uji Kruskal-Wallis dan analisis post-hoc dengan pendekatan metode komparatif. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan dalam efektivitas keempat platform e-commerce dalam meningkatkan penjualan produk UMKM. Analisis post-hoc mengungkapkan bahwa Shopee dan TikTok Shop lebih efektif dalam meningkatkan penjualan dibandingkan Tokopedia dan Lazada. Temuan ini dapat membantu UMKM memilih platform e-commerce yang paling sesuai untuk mengoptimalkan penjualan produk makanan ringan mereka.</p> Hafizha Nurul Qolby, Shiddiq Hafizhulmalik, Rejas Pratama, Dian M. Manufandu, Syti Sarah Maesaroh ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7023 Thu, 31 Oct 2024 02:45:19 +0700 ANALISIS PENGARUH WORK FROM HOME TERHADAP KESEIMBANGAN KERJA DAN KEHIDUPAN PRIBADI DI KOTA TASIKMALAYA https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7038 <p>Dalam era perubahan global yang menuju fleksibilitas kerja, <em>Work From Home</em> (WFH) telah menjadi pilihan utama bagi banyak individu untuk menyeimbangkan tuntutan profesional dan kehidupan pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh <em>work from home</em> (WFH) terhadap keseimbangan kerja dan kehidupan pribadi di Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan menggunakan software pengolahan data SPSS versi 25. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokerelasi, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, uji T, dan uji F. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>Work From Home</em> memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap keseimbangan kerja dan kehidupan pribadi di Kota Tasikmalaya.</p> A’la Abid, Adelia Rahayu, Desra Kusnandar, Dzakwan Rafi Arrayyan, Syti Sarah Maesaroh ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7038 Thu, 31 Oct 2024 02:53:49 +0700 KESADARAN MAHASISWA MENGENAI GREEN ECONOMY: MENUJU NET ZERO EMISSION TAHUN 2060 https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7051 <p>Di tengah krisis lingkungan yang semakin mendesak, konsep<em> Green Economy</em> menjadi sangat relevan sebagai solusi untuk mencapai <em>Net Zero Emission</em> pada tahun 2060. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesadaran mahasiswa terhadap <em>Green Economy </em>sebagai langkah awal dalam mengidentifikasi peran mereka sebagai agen perubahan. Dalam penelitian ini menggunakan&nbsp; metode kuantitatif deskriptif dan hasil penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, Dalam penelitian ini disebarkan kuesioner melalui Google Form kepada mahasiswa Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia (FPEB UPI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki tingkat kesadaran yang tinggi, berada pada tahap <em>Conscious Competence</em>, dalam hal ini mereka sudah mampu menerapkan konsep-konsep ekonomi hijau dalam praktiknya. Namun, dalam pelaksanaannya masih memerlukan kesadaran yang lebih mendalam. Temuan ini menegaskan urgensi pendidikan dan pelatihan yang lebih mendalam tentang ekonomi hijau di kalangan mahasiswa sehingga mereka dapat berkontribusi secara signifikan dalam upaya global menuju <em>Net Zero Emission</em>. Dengan demikian, mahasiswa tidak hanya menjadi pelaku ekonomi hijau yang terampil, tetapi juga pemimpin masa depan yang dapat menginspirasi perubahan positif dalam masyarakat.</p> Fathin Mufid Akram, Intan Cendra Kasih, Jihan Tiara Juneiya Adzany, Novi Sawalani, Buyung Firmansyah ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7051 Thu, 31 Oct 2024 02:59:05 +0700 PENGARUH RETURN ON ASSET DAN RETURN ON EQUITY TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUBSEKTOR INDUSTRI KIMIA DASAR https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7149 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah fluktuatif dari harga saham dapat dipengaruhi oleh Return On Asset dan Return On Equity. Perusahaan manufaktur subsektor kimia dasar yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2018-2022 menjadi objek dalam penelitian ini. terdapat dua 16 perusahaan manufaktur subsektor kimia dasar yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2020. Dari 16 perusahaan tersebut, hanya 7 perusahaan saja yang memenuhi kriteria purposive sampling yang telah ditentukan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang dibantu dengan program SPSS 26. Hasil yang didapatkan adalah, Return On Asset memiliki pengaruh negatif, Return On Equity memiliki &nbsp;positif, serta Return On Asset dan Return On Equity secara bersama-sama memiliki pengaruh positif terhadap tingkat fluktuatif harga saham. Berdasarkan kesimpulan yang didapatkan, peneliti menyarankan studi masa depan hendaknya meneliti variabel independen lain selain dari yang telah peneliti gunakan agar mengetahui implikasinya terhadap harga saham.</p> Naila Nura'ini, Nanu Hasanuh ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7149 Thu, 31 Oct 2024 03:02:14 +0700 PENGARUH KEY OPINION LEADER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE MELALUI BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7028 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari bagaimana para pemengaruh pendapat&nbsp; (<em>key opinion leader</em>) mempengaruhi keputusan mereka untuk membeli produk <em>skincare</em>. Dengan mempertimbangkan citra merek yang juga dikenal sebagai "<em>brand image</em>", citra merek berperan sebagai penghubung antara keduanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data dari 106 pengguna <em>skincare </em>melalui kuesioner online, Pengambilan sampel menggunakan teknik <em>simple random sampling</em>. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linear berganda. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan <em>software </em>komputer SPSS 18 for Windows. Analisis data menunjukkan bahwa KOL pemasaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen tentang produk <em>skincare</em>, menunjukkan betapa pentingnya bekerja sama dengan KOL dalam strategi pemasaran. Selain itu, <em>brand image </em>memediasi hubungan antara KOL <em>marketing </em>dan keputusan pembelian, menunjukkan bahwa persepsi konsumen terhadap merek memainkan peran penting dalam mengubah pengaruh KOL pada keputusan pembelian. Hasil ini memiliki konsekuensi yang signifikan bagi pelaku bisnis dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan produk <em>skincare </em>di <em>marketplace</em>.</p> Alifya Arina Zahra, Mochammad Revo Izqulby, Sulthan Dzaki Abdillah, Umair Abdullah Farouqi, Syiti Sarah Maesaroh ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7028 Thu, 31 Oct 2024 03:06:28 +0700 EVALUASI PELAKSANAAN PROYEK OKINAWA SUSHI DENGAN METODE NILAI HASIL DI PT BINERKAHAN HENTA PUTRA https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7082 <p>Pengendalian waktu dan biaya merupakan faktor yang harus dipertimbangkan perusahaan dalam mengerjakan suatu proyek. Keterlambatan pekerjaan dan ketidaktepatan dalam menyusun Rencana Anggaran Biaya Proyek (RABP) menyebabkan kerugian bagi perusahaan. Pada Maret 2023, PT Binerkahan mengerjakan proyek pembangunan <em>rooftop</em> Okinawa Sushi di PIK 2. Pada proyek ini, perusahaan mengalami keterlambatan pekerjaan dan ketidaksesuaian biaya aktual dengan RABP sehingga diperlukan cara untuk mengevaluasi proyek agar perusahaan dapat lebih baik dalam merencanakan waktu dan biaya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kinerja proyek Okinawa Sushi dengan metode Analisis Nilai Hasil. Metode Analisis Nilai Hasil merupakan metode yang digunakan untuk mengukur kinerja proyek dengan membandingkan kegiatan dan biaya yang direncanakan dengan kondisi aktual. Hasil analisis menunjukkan bahwa proyek <em>rooftop</em> Okinawa Sushi selesai dikerjakan 6 hari lebih lambat dari rencana dan biaya yang dikeluarkan lebih besar Rp.2.500.000 dari biaya yang direncanakan. Proyek berjalan lebih lambat pada minggu ke-3 dan ke-5, serta mengeluarkan biaya yang lebih besar dari anggaran pada minggu ke-2, ke-3 dan ke-5. Hal ini ditunjukkan oleh Indeks Kinerja Jadwal dan Biaya proyek dengan nilai kurang dari 1.</p> Theresa Alvionita Adolina Sihombing, Nur Yulianti Hidayah ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7082 Thu, 31 Oct 2024 03:10:30 +0700 ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN TRANSPORTASI BENTOR ONLINE DAN BENTOR KONVENSIONAL DI KOTA GORONTALO https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7134 <p>Peran transportasi sangatlah signifikan dalam mengembangkan perekonomian. Dalam konteks kemajuan teknilogi transportasi, telah muncul layanan bentor online yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat dalam akses transportasi. Terdapat indikasi bahwa hal ini telah mengubah preferensi masyaralat dalam menggunakan transportasi, dengan lebih banyak orang memilih bentor online dibandingkan bentor konvensional. Hal ini berpotensi mempengaruhi pendapatan pengemudi, baik yang terlibat dalam layanan bentor online maupun konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pendapatan antara pengemudi bentor online dan pengemudi bentor konvensional, profil pendapatan dari kedua jenis pengemudi tersebut, dan faktor pendorong pengemudi bentor konvensional ikut bergabung atau tidak ikut bergabung menjadi pengemudi bentor online di Kota Gorontalo. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder yang diperoleh melalui sumber data, kuesioner, dan wawancara langsung dengan pengemudi bentor online dan konvensional di Kota Gorontalo. Metode penelitian ini menggunakan analisis Independent Sample t-Test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdepat perbedaan, dimana pendapatan rata-rata pengemudi bentor online lebih tinggi dibandingkan dengan pendapatan rata-rata pengemudi bentor konvensional di Kota Gorontalo. Profil pendapatan dari kedua jenis pengemudi ini dikontribusi oleh pengantaran penumpang. Faktor pendorong pengemudi bentor konvensional ikut bergabung menjadi pengemudi bentor online antara lain kemudahan mendapatkan penumpang, potensi pendapatan yang lebih tinggi, serta&nbsp; fleksibilitas dan ketersediaan penumpang yang lebih besar. Faktor pendorong pengemudi bentor konvensional tidak ikut bergabung menjadi pengemudi bentor online antara lain keberadaan pelanggan tetap, kebebasan menentukan tarif, ketidaksesuaian tarif aplikasi dengan jarak tempuh, serta kendala teknologi dan para pengemudi bentor konvensional ingin melestarikan bisnis komunitas.</p> Anis Lutfia, Sri Endang Saleh, Boby Rantow Payu ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7134 Thu, 31 Oct 2024 03:15:41 +0700 PENGARUH ARUS KAS OPERASI DAN LABA BERSIH TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN SEKTOR PROPERTI DAN REAL ESTATE https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7174 <p>Artikel ini menjelaskan dampak arus kas operasi serta laba bersih secara parsial maupun bersamaan kepada harga saham. Poin utama dari analisis ini ialah mengungkapkan bagaimana arus kas operasi serta laba bersih berdampak pada harga saham. Sebanyak 91 perusahaan properti dan <em>real estate</em> yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia antara tahun 2017 hingga 2022 dijadikan populasi pada penelitian ini. Teknik yang diterapkan untuk memilih sampel disebut <em>purposive sampling</em>. Penelitian ini memakai informasi sekunder yang dikumpulkan dari catatan keuangan perusahaan. Sebagai hasilnya, sebanyak 6 perusahaan menjadi sampel, dan 36 data akhir telah memenuhi kriteria dan dianggap memiliki integritas data yang tinggi. Uji Regresi Linier Berganda, dengan memakai sebuah perangkat lunak<em> Statistical Package for Social Science </em>(SPSS) versi 26, merupakan pendekatan analisis yang dipakai. Temuan ini telah menunjukkan baik arus kas operasi maupun laba bersih tidak ditemukan pengaruh parsial pada harga saham. Meskipun demikian, terbukti harga saham dipengaruhi arus kas operasi serta laba bersih secara bersamaan.</p> Riani Maulidani, Nanu Hasanuh ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7174 Thu, 31 Oct 2024 03:18:37 +0700 PENGARUH KEBIJAKAN UTANG TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN SUB-SEKTOR FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2018-2023 https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7183 <p>Pada tahun 2021 tercatat ada 33 perusahaan sub-sektor <em>food and beverage</em> yang telah terdaftar di BEI. Penelitian ini mengambil sampel dari 6 perusahaan tersebut untuk dilakukan analisa mengenai topik tentang pengaruh kebijakan utang terhadap profitabilitas diperusahaan sub-sektor <em>food and beverage </em>periode 2018-2023, yang dari 6 perusahaan diatas adalah perusahaan yang sudah memenuhi kriteria dari teknik <em>purposive sampling</em> yang telah ditentukan. Untuk acuan dasar dari permasalahan ini akan menggunakan analisis perhitungan rasio keuangan. Rasio yang akan digunakan yaitu <em>Debt to Assets</em> dan <em>Debt to Equity</em> sebagai acuan perhitungan analisa kebijakan utang, dan variabel dependennya adalah <em>Return On Assets</em> sebagai acuan perhitungan profitabilitas. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik statistik deskriptif untuk mengetahui hasil data analisa lewat visualisasi tabel. Dengan dibantu alat analisis berupa <em>SPSS 26</em> diperoleh hasil bahwa <em>Debt to Assets</em> dan <em>Debt to Equity </em>memiliki pengaruh positif secara parsial maupun simultan terhadap rasio <em>Return On Assets</em>. Penulis menyadari bahwa adanya pengaruh dari kedua rasio utang tersebut pada ROA, menyebabkan timbul risiko yang dapat menghambat perusahaan dalam menghasilkan laba, untuk itu terdapat saran bagi peneliti selanjutnya agar dapat menganalisa dengan variabel lain yang tetap terkait dengan kebijakan utang dan profitabilitas untuk mengetahui keakuratan akan pengaruh dari faktor keduanya.</p> Selly Herdiyana, Nanu Hasanuh ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7183 Thu, 31 Oct 2024 03:22:22 +0700 PENGARUH DEBT TO ASSET RATIO (DAR) DAN CURRENT RATIO (CR) TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7178 <p>Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh dari DAR dan CR terhadap ROA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan sampel laporan keuangan dari 12 perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di BEI dalam periode 2018-2022 dan didapat melalui teknik pengambilan sampel <em>purposive sampling</em>. Dalam menganalisis data pada penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan bantuan alat pengolah data IBM SPSS Statistics 26. Data pada penelitian ini telah memnuhi kaidah asumsi klasik serta pengujian hipotesisnya dilakukan dengan menggunakan uji t (parsial) dan uji F (simultan). Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t menyatakan bahwa DAR secara parsial berpengaruh signifikan terhadap ROA sedangkan CR secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA. Sementara itu, hasil pengujian hipotesis menggunakan uji F menyatakan bahwa secara simultan DAR dan CR berpengaruh signifikan terhadap ROA.</p> Yuke Dwi Maritza, Nanu Hasanuh ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7178 Thu, 31 Oct 2024 03:25:18 +0700 PENGARUH LIKUIDITAS DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERCATAT DI BEI PERIODE 2019-2022 https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7167 <p>Salah satu prioritas perusahaan yaitu memperoleh keuntungan. Semakin tinggi keuntungan yang didapat menunjukkan keuangan perusahaan yang baik. Namun apakah tingkat kewajiban bisa mempengaruhi keuntungan yang didapat perusahaan. Penelitian ini digunakan untuk memeriksa terjadi pengaruh tidaknya likuiditas dan struktur modal terhadap profitabilitas. Pengambilan populasi dalam riset ini yakni semua perusahaan makanan dan minuman yang tercatat di BEI. Populasi ini kemudian didapat 9 sampel perusahaan dengan menggunakan metode yang dipilih yakni metode <em>purposive sampling</em>. Data sekunder ini diteliti memakai metode kuantitatif. Data yang diteliti dianalisis menggunakan SPSS versi 26 dengan pengujian statistik deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji parsial (uji t), dan uji simultan (uji F), serta koefisien determinasi. Hasil yang didapatkan bahwa CR memiliki pengaruh positif, DER memiliki pengaruh negatif, serta gabungan CR dan DER secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap ROA. Sehingga didapatkan bahwa secara parsial likuiditas terhadap profitabilitas terjadi pengaruh signifikan. Sedangkan struktur modal terhadap profitabilitas tidak terjadi pengaruh signifikan. Kemudian hasil uji simultan ditemukan bahwa likuiditas dan struktur modal yang digabungkan terhadap profitabilitas secara bersama-sama terjadi pengaruh signifikan.</p> Polinda Polinda, Nanu Hasanuh ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7167 Thu, 31 Oct 2024 03:28:22 +0700 PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA E-COMMERCE SEBAGAI UAPAYA PENINGKATAN LAYANAN https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7061 <p>Di era digital yang terus berkembang, E-Commerce menghadapi tuntutan mendesak untuk menggabungkan teknologi canggih dalam rangka meningkatkan efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini memfokuskan pada implementasi Customer Relationship Management (CRM) dalam sektor E-Commerce fashion, mengkaji pengaruh teknologi dan strategi CRM terhadap peningkatan layanan pelanggan dan penguatan hubungan dengan pelanggan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengeksplorasi strategi CRM yang efektif yang bisa diintegrasikan ke dalam operasi bisnis E-Commerce fashion untuk maksimalisasi kepuasan pelanggan, peningkatan retensi pelanggan, dan mendorong pertumbuhan penjualan. Melalui metode kuantitatif dan kualitatif, penelitian ini mengevaluasi data dari berbagai sumber, termasuk survei pelanggan, wawancara dengan manajer, dan tinjauan terhadap sistem serta platform CRM yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi fitur personalisasi, dukungan pelanggan melalui berbagai kanal, dan segmentasi pasar yang efektif dalam CRM memberikan kontribusi besar terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Hasil ini menandakan bahwa integrasi CRM yang strategis dan berbasis teknologi dalam E-Commerce fashion tidak hanya memperbaiki efisiensi layanan, tetapi juga menguatkan hubungan dengan pelanggan, yang sangat penting dalam persaingan pasar saat ini.</p> Intan Oktaviani, Pipin Widyaningsih, Triana Triana ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7061 Thu, 31 Oct 2024 03:34:31 +0700 PENGARUH MOTIVASI, KOMUNIKASI, DAN LINGKUNGAN KERJA KARYAWAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN (SURVEY KARYAWAN DIKABUPATEN KARAWANG) https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7237 <p>Pentingnya sumber daya manusia dalam organisasi mengharuskan adanya fokus pada aspek-aspek yang berhubungan dengan karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak motivasi, komunikasi, dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan di Kabupaten Karawang. Melalui pengumpulan data melalui kuesioner dan penggunaan pendekatan kausal komparatif,&nbsp; Berusaha untuk membangun hubungan&nbsp; antara motivasi, komunikasi, lingkungan kerja, dan kinerja. Penelitian ini tergolong ex facto, yaitu meneliti variabel yang telah ada sebelum penelitian dilakukan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, yang melibatkan pengumpulan data primer. Motivasi secara langsung mempengaruhi Kinerja Karyawan, menunjukkan bahwa tingkat motivasi tinggi di dalam perusahaan akan meningkatkan kinerja karyawan. Komunikasi yang efektif secara langsung mempengaruhi Kinerja Karyawan, menunjukkan bahwa komunikasi yang jelas dan transparansi dalam perusahaan melakukan peningkatan kinerja karyawan. Lingkungan Kerja merupakan faktor kunci dalam mempengaruhi Kinerja Karyawan, dengan lingkungan kerja yang positif dikaitkan dengan tingkat kinerja karyawan yang tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa komunikasi efektif, motivasi, dan lingkungan kerja penting dalam mempengaruhi kinerja karyawan. Meningkatkan kejelasan komunikasi dilingkungan kerja dapat meningkatkan produktivitas karyawan dengan memastikan informasi mudah dipahami. Disarankan untuk menyelidiki faktor atau variabel tambahan yang relevan dalam penelitian di masa depan.</p> Jimi Jimi, Reyfaldy Jumeston Sitorus, Febriansyah Firdaus, Muhammad Reza Sobari, Muhammad Adhimawan Wijaya ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7237 Thu, 31 Oct 2024 03:40:29 +0700 ANALISIS KINERJA SIMPANG 4 AIR HITAM DAN RUAS JALAN KADRIE OENING, KOTA SAMARINDA https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7136 <p>Kota Samarinda adalah kota terpadat penduduk di Provinsi Kalimantan Timur dengan proyeksi jumlah penduduk sebesar 834.824 jiwa dan laju pertumbuhan penduduk periode 2020 – 2022 sebesar 0,41 % per tahun (samarindakota.bps.go.id). Seiring meningkatnya jumlah penduduk akan menyebabkan jumlah kendaraan semakin bertambah, sehingga dapat mengakibatkan masalah lalu lintas seperti kemacetan lalu lintas di jalan Kadrie Oening dan simpang 4 Air Hitam pada jam-jam tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kinerja ruas jalan Kadrie Oening dan simpang 4 Air Hitam dengan menggunakan metode MKJI 1997 dan pemodelan simpang dengan program PTV Vissim student version. Proses penelitian ini meliputi persiapan dan pengamatan pendahuluan, mengidentifikasi masalah, survei dan pengumpulan data volume lalu lintas di lapangan, analisis data, dan pengembangan alternatif solusi peningkatan kinerja ruas jalan dan simpang. Hasil analisis pada tahun 2024, untuk kinerja ruas jalan didapatkan nilai derajat kejenuhannya untuk arah 1 sebesar 0,41 dan untuk arah 2 sebesar 0,28 dengan tingkat pelayanan B serta nilai tundaan pada simpang 4 diperoleh nilai tundaan rata-rata sebesar 140,18 det/smp dengan tingkat pelayanan F. Pada tahun 2029, untuk kinerja ruas jalan didapatkan nilai derajat kejenuhannya untuk arah 1 sebesar 0,49 dengan tingkat pelayanan C dan untuk arah 2 sebesar 0,32 dengan tingkat pelayanan B serta nilai tundaan pada simpang 4 diperoleh nilai tundaan rata-rata sebesar 250,48 det/smp dengan tingkat pelayanan F.</p> Johannes E. Simangunsong, Masayu Widiastuti, Afyza Gita Utami, M. Jazir Alkas, Fachriza Noor Abdi, Budi Haryanto ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7136 Thu, 31 Oct 2024 03:45:25 +0700 PENGARUH STORE ATMOSPHERE, KUALITAS PRODUK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI WARUNG MAKAN SEKITAR UNIVERSITAS SLAMET RIYADI SURAKARTA https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7192 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh <em>store atmospher</em>e, kualitas produk, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada warung makan di sekitar Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Besar sampel yang digunakan adalah 46 responden dengan menggunakan metode random sampling. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner. Data tersebut kemudian dianalisis dengan teknik kuantitatif menggunakan SPSS versi 25 yang meliputi uji validitas serta reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesis yang mencakup uji F serta T. Hasil pengujian hipotesis adalah (1) <em>Store Atmosphere </em>mempunyai pengaruh positif dan signifikan pada kepuasan konsumen, (2) kualitas produk mempunyai pengaruh positif serta signifikan pada kepuasan konsumen, dan (3) kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif serta signifikan pada kepuasan konsumen.</p> Aprilia Ambarwati, Kinaryosih Lugita Pangestika, Ardanisyahara Berliana Firdaus, Marjam Desma Rahadhini ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7192 Thu, 31 Oct 2024 03:49:35 +0700 ANALISIS PERHITUNAN ESTIMASI BIAYA PERAWATAN ARSITEKTURAL INTERIOR BANGUNAN (STUDI KASUS AULA GEDUNG FAKULTAS VOKASI UM) https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7106 <p>Fakultas Vokasi merupakan Fakultas yang baru di Universitas negeri malang (UM) yang menempati bangunan yang sudah ada sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komponen arsitektural interior apa saja yang mengalami kerusakan, serta memerlukan perawatan dan untuk mengetahui estimasi biaya pekerjaan perawatan arsitektural interior Aula Gedung A27 FV UM. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian adalah kuantitatif dengan metode analisis harga satuan. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti, ditemukan beberapa kerusakan di arsitektur pada bangunan FV. Salah satu kerusakannya terdapat pada arsitektural interior Aula Gedung A27 FV. Komponen yang mengalami kerusakan antara lain : dinding, plafon, pintu dan jendela, serta rambu tanda pintu keluar. Adapun hasil analisis perhitungan estimasi biaya perawatan arsitektural interior bangunan (studi kasus aula gedung fakultas vokasi um) dapat disimpulkan bahwa biaya yang akan dikeluarkan sebesar Rp. 18.438.000,00. Nilai estimasi tersebut didapat dari perkalian antara volume pekerjaan perawatan dan harga satuan.</p> Webri Rahmat Akbar, Viola Malta Ramadhani ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7106 Thu, 31 Oct 2024 03:53:05 +0700 PENGARUH RETURN ON ASSET DAN RETURN ON EQUITY TERHADAP HARGA SAHAM PADA ENTITAS PERTAMBANGAN PERIODE 2018-2022 https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7301 <p>Salah satu bidang yang memiliki fungsi esensial pada perekonomian nasional yakni bidang pertambangan. Eskalasi dalam bidang pertambangan tidak lepas dari posisi investor yang menanamkan modalnya. Harga saham ialah harga yang ditetapkan oleh suatu entitas atau emiten terhadap kepemilikan saham di entitas mereka. Nilai suatu Entitas juga dapat tercermin dari harga saham yang dimiliki. Harga Saham ini bisa menjadi sebuah sebuah tolak ukur kinerja keuangan. Kinerja keuangan suatu entitas dapat dinilai dengan menggunakan rasio keuangan. Pada penelitian ini rasio yang digunakan ialah Return on Asset dan Return on Equity. ROA dapat dihitung dengan membagi margin bersih yang diciptakan oleh entitas dengan total aset yang dimiliki. ROE merupakan komparasi antara margin bersih tahun berjalan dengan total ekuitas. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif. Jenis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah data sekunder. Populasi yang dipakai untuk adalah entitas bidang pertambangan yang terdaftar di BEI pada tahun 2018-2022. Sampel penelitian ini diambil dengan metode Purposive Sampling. Metode analisa data yang akan dipakai adalah analisis regresi linear berganda. Menurut hasil uji F yang telah dilaksanakan disimpulkan bahwa ROA dan ROE berpengaruh terhadap Harga Saham secara bersama-sama. Namun, jika secara parsial baik itu ROA maupun ROE, kedua variabel tersebut menunjukkan tidak berpengaruh terhadap harga saham.</p> Sasqia Ivo Marinda Rajagukguk, Nanu Hasanuh ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7301 Thu, 31 Oct 2024 03:56:11 +0700 GREEN ACCOUNTING, CASH HOLDING, SALES GROWTH, TAX AVOIDANCE Dan PENGARUHNYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR CONSUMER NON-CYCLICALS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2020 SAMPAI 2023) https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/8137 <p>Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh <em>green accounting, cash holding, sales growth</em> dan <em>tax avoidance</em> terhadap nilai perusahaan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 laporan keuangan tahunan perusahaan sektor <em>consumer non-cyclicals</em> yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2020 sampai 2023. Pengambilan sampel menggunakan teknik <em>purposive sampling</em> dan diperoleh sampel sebanyak 9 perusahaan dengan 4 periode amatan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda yang datanya diolah menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian membuktikan bahwa <em>green accounting,</em> <em>sales growth</em> dan <em>tax avoidance</em> tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, <em>cash holding</em> berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.</p> Selfi Anggi Saputri, Kurniawati Mutmainah ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/8137 Thu, 31 Oct 2024 10:48:44 +0700 FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PEMAHAMAN IFRS PADA MAHASISWA AKUNTANSI (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN JAWA TENGAH DI WONOSOBO) https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7176 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pemahaman mahasiswa akuntansi UNSIQ terhadap IFRS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiwa aktif akuntansi yang terdaftar di Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo. Jumlah sampel sebanyak 96 responden, sedangakan teknik pengambilan sempel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria Mahasiswa akuntansi yang telah menempuh mata kuliah akuntansi pengantar 1 dan 2, akuntansi keuangan menengah 1 dan 2, akuntansi keuangan lanjutan 1, akuntansi keuangan lanjutan 2, dan teori akuntansi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan tingkat signifikani 5%. Hasil penelitian membuktikan bahwa kecerdasan emosional dan minat belajar berpengaruh terhadap pemahaman IFRS sedangkan budaya dan kecerdasan <em>adversity</em> tidak berpengaruh terhadap pemahaman IFRS mahasiswa prodi akuntansi UNSIQ.</p> Fikri Muamar, Kurniawati Mutmainah, Nanang Agus Suyono ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7176 Thu, 31 Oct 2024 13:38:51 +0700 DAKSA MEDICAL LABORATORY BUSINESS DEVELOPMENT PROJECT PLANNING AND OPERATIONAL STRATEGY https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7118 <p><em>Building a Medical Laboratory business in Bekasi district requires operational process planning according to plan. Therefore, it is necessary to analyze operational plans in business development and long-term strategies that are appropriate to achieve the business objectives of developing Daksa Laboratory. The purpose of this research is to analyze the company's operational plans in developing the Medical Laboratory Business. This research uses qualitative research methods. Data collection techniques in this research use literature study, interviews and observation. The data collected was then evaluated and analyzed thematically. The results of the research show that the operational plan for developing the Daksa Medical Laboratory business has been well prepared. This operational planning is carried out through several stages of selecting the construction site, service facility infrastructure, service planning and operational implementation programs.</em></p> Morten Elson, Tantri Yanuar Rahmat Syah, Rhian Indradewa, Ketut Sunaryato ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/7118 Thu, 31 Oct 2024 00:00:00 +0700 PENERAPAN SISTEM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DALAM PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK PADA WEBSITE PEMESANAN PERCETAKAN MADJOE OFFSET https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/8258 <p>Percetakan Madjoe Offset merupakan perusahaan yang bergerak di bidang percetakan offset di Surakarta. Selama ini, proses pemesanan dan pengelolaan data pelanggan masih dilakukan secara manual, sehingga menyebabkan ketidak efisienan dalam pelayanan dan pengelolaan data penjualan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menerapkan sistem Customer Relationship Management (CRM) berbasis website guna meningkatkan penjualan produk serta memperbaiki hubungan dengan pelanggan. Sistem CRM yang diusulkan memungkinkan pelanggan untuk melakukan pemesanan secara online, mempermudah percetakan dalam mengelola data pesanan, serta meningkatkan interaksi dan komunikasi antara perusahaan dan pelanggan. Implementasi sistem ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional, mempercepat proses transaksi, dan meminimalisir kesalahan dalam pencatatan data. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan desain sistem dan pengujian fungsionalitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sistem CRM berbasis website dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, mempercepat proses pemesanan, serta mendukung pertumbuhan penjualan produk di Percetakan Madjoe Offset. Dengan adanya sistem ini, diharapkan Percetakan Madjoe Offset dapat meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas pelayanan, serta mencapai tujuan bisnis jangka panjang.</p> Triana Triana, Intan Oktaviani, Esa Galang Prasetia ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/8258 Thu, 31 Oct 2024 00:00:00 +0700