PENGARUH KARAKTERISTIK DEWAN KOMISARIS DAN DEWAN DIREKSI TERHADAP KINERJA KEUANGAN

(Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di BEI Periode 2015 sampai 2018)

  • Tika Lestari Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo
  • Kurniawati Mutmainah Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
gender diversity, age diversity, tenure diversity, etnis Thionghoa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari gender diversity, age diversity, tenure diversity, dan etnis Tionghoa pada komposisi dewan komisaris dan dewan direksi terhadap kinerja keuangan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 48 laporan tahunan perusahaan manufaktur industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2015 sampai 2018 dan didapat melalui teknik pengambilan purposive sampling sebanyak 12 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linear berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gender diversity dan etnis Tionghoa pada komposisi dewan komisaris dan dewan direksi tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan, age diversity pada komposisi dewan komisaris berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan, age diversity pada komposisi dewan direksi berpengaruh negatif terhadap kinerja keuangan, tenure diversity pada komposisi dewan komisaris berpengaruh negatif terhadap kinerja keuangan, dan tenure diversity pada komposisi dewan direksi tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ade Nur Selviani. 2018. Pengaruh Diversitas Dewan Direksi terhadap Kinerja Perusahaan Keluarga di Indonesia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2016. Skripsi Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.
Andina Nur Fathonah. 2018. Pengaruh Gender Diversity dan Age Diversity terhadap Kinerja Keuangan periode 2012-2016. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan. Universitas Widyatama. Bandung.
Apreria Anggitarani. 2009. Pengaruh Corporate Governance, Etnis, dan Latar Belakang Pendidikan terhadap Kinerrja Keuangan Perusahaan. Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Aris Kurniawan. 2019. Pengertian Etnis-Identitas, Pendekatan, Model, Konsep, Politik, Contoh, Para Ahli. https://www.gurupendidikan.co.id/. Diakses pada 18 Februari 2020.
Ariska Trisnandari. 2015. Mengenal Current Rasio. https://www.google.com/amp/s/www.kompasiana.com/disariska/mengenal-current-rasio. Diakses pada 20 Maret 2020.
Desy Anggraeni. 2015. Pengaruh Current Ratio, Quick Ratio, Debt To Equity Ratio dan Ukuran Perusahaan terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014). Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Universitas Budi Luhur. Jakarta.
Djoko Suhardjanto dan Novita Dian Permatasari. 2010. Pengaruh Corporate Governance, Etnis, dan Latar Belakang Pendidikan terhadap Environmental Disclosure: Studi Empiris pada Perusahaan Listing di BEI. Jurnal Akuntansi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Dyah Swastika Kalistarini. 2010. Pengaruh Board Diversity pada Dewan Direksi dan Konsentrasi Kepemilikan Saham terhadap Firm Value dalam Perspektif Corporate Governance pada Perusahaan Indonesia. Skripsi. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Ely Kartikaningdyah dan Resty Natalia Putri. 2017. Pengaruh Tax Avoidance dan Board Diversity terhadap Kinerja Perusahaan dalam Perspektif Corporate Governance periode 2010-2013. Jurnal Riset Akuntansi dan Perpajakan. Politeknik Negeri Batam.
Eni Puji Astuti. 2017. Pengaruh Diversitas Dewan Direksi terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2011. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang. Kota Tangerang Selatan.
Gianti Anggraeni, Farida Titik Kristanti dan Muhamad Muslih. 2016. Pengaruh Intellectual Capital, Gender Diversity, Age Diversity, dan Tenure Diversity terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan periode 2011-2014. Jurnal Universitas Telkom. Bandung.
Herien Puspitawati. 2012. Konsep, Teori dan Analisis Gender. Jurnal Institut Pertanian Bogor.
Herman Supardi, Suratno dan Suyanto. 2016. Pengaruh Current Ratio, Debt To Asset Ratio, Total Asset Turnover dan Inflasi terhadap Return On Asset periode 2010-2014. Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi. Universitas Pancasila. Jakarta.
Imam Ghozali. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit UNDIP. Semarang.
Imanuel Parluhutan Mangasi Nainggolan dan Monica Weni Pratiwi. 2017. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan Perusahaan Periode 2011-2013. Jurnal Media Ekonomi dan Manajemen. Universitas Bakrie. Jakarta Selatan.
Irham Fahmi. 2012. Analisis Kinerja Keuangan. ALFABETA. Bandung.
Kementrian Perindustrian RI. 2019. Industri Makanan dan Minuman Jadi Sektor Kampiun. https://kemenperin.go.id/artikel/20191/Industri-Makanan-dan-Minuman-Jadi-Sektor-Kampiun-. diakses pada 20 maret 2020.
Kementrian Perindustrian RI. 2019. Industri Manufaktur Berperan Penting Genjot Investasi dan Ekspor. https://kemenperin.go.id/artikel/20191/Industri-Manufaktur-Berperan-Penting-Genjot-Investasi-dan-Ekspor-. diakses pada 20 maret 2020
Kurniawati Mutmainah. 2016. Pengaruh Penilaian Kinerja Dengan Konsep Konvensional Dan Konsep Value Based Terhadap Rate Of Return Pada Perusahaan Yang Tergabung Dalam Lq 45. Universitas Sains Al-Qur’an. Wonosobo
Noval Krisander Rompis, Frederik G. Worang dan Joy Elly Tulung. 2018. Pengaruh Ukuran Dewan, Keberagaman Usia Dan Keberagaman Gender terhadap Kinerja Keuangan Bank Pembangunan Daerah di Seluruh Indonesia Buku 2 Tahun 2014-2016. Jurnal EMBA. Universitas Sam Ratulangi Manado.
Novandri Nur Amin dan Sunarjanto. 2016. Pengaruh Diversitas Dewan Komisaris dan Dewan Direksi terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan periode 2013. Jurnal Online Fokus Manajerial. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Nora Susanti, Syailendra Eka Saputra dan Gustia Harini. 2018. Pengaruh Diversifikasi Gender, Umur, Tenure dan Pendidikan terhadap Profitabilitas Perusahaan Perbankan di Bursa Efek Indonesia periode 2016. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Ekonomi. STKIP PGRI. Sumatera Barat.
Rahmad Dadue, Ivonne S. Saerang dan Victoria N. Untu. 2017. Analisis Kinerja Keuangan Industri Semen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015. Jurnal Universitas Sam Ratulangi Manado.
Ramadhani dan Adhariani. 2015. Pengaruh Keberagaman Gender terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan dan Efisiensi Investasi. Jurnal FE UI. Universitas Indonesia.
Rifany Angelia Ratu. 2016. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Pada PT. Kimia Farma Tbk dan PT. Kalbe Farma Tbk Periode 2011-2014. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Universitas Sam Ratulangi. Manado.
Rohail Hassan dan Maran Marimuthu. 2015. Global Business and Management Research : An International Journal. Malaysia.
Salamadian. 2017. Perusahaan Manufaktur : Pengertian, Contoh dan Daftar Perusahaan Manufaktur BEI. https://salamadian.com/perusahaan-manufaktur/ diakses pada 20 maret 2020.
Sari Kusumastuti, Supatmi dan Perdana Sastra. 2007. Pengaruh Board Diversity terhadap Nilai Perusahaan dalam Perspektif Corporate Governance. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Universitas Kristen Petra.
Septiandika Dwi Kartikaningrum. 2016. Pengaruh Karakteristik Dewan Direksi terhadap Kinerja Keuangan Bank Syariah di Indonesia periode 2011-2015. Jurnal Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.
Septian Yudha Kusuma, Sudarman dan Dwi Astutik. 2018. Pengaruh Diversitas Gender Dewan terhadap Kinerja Keuangan pada Perbankan yang terdaftar di BEI Periode 2014-2017. Jurnal Ekonomi Syariah. STIE AKA Semarang.
Setyawan dan Surya. 2005. Konteks Budaya Etnis Tionghoa dalam Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen dan Bisnis (BENEFIT). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sugiyono. 2007. Menjawab Stigma, Mewariskan Tradisi, http://www.kabarejogja.com/new/canthing2.html. diakses pada 18 Februari 2020.
Vina Dwi Maghfiroh. 2019. Pengaruh Diversitas Gender pada Struktur Dewan terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.
Published
2020-10-05
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 956 times
PDF downloaded = 744 times