PENERAPAN ALGORITMA SEQUENTIAL SEARCH DALAM PENGELOLAAN DATA PENDUDUK PADA KANTOR KELURAHAN GARUNG

  • Lasimin lasimin Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali
  • Romido Romido Politeknik Ganesha Medan
  • Khoerul Anhari Universitas Sains Al-Quran
Keywords:
Pengelolaan Data Penduduk dan Bantuan Sosial, Algoritma Sequential Search, Aplikasi e-BIP

Abstract

Kantor Kelurahan Garung merupakan suatu kantor yang bergerak dibidang pelayanan publik yang harus meningkatkan pelayanan dan kualitas sumber daya manusia yang ada dengan selalu mengikuti perkembangan teknologi. Dalam mencari arsip-arsip atau data-data yang ada di Kelurahan, setiap pegawai sering kesulitan dengan adanya deretan arsip yang terlalu banyak. Oleh sebab itu Kelurahan seharusnya memiliki sistem Pengelolaan Data Penduduk yang sudah terkomputerisasi dalam ruang lingkup kantor sehingga pegawai yang ingin mencari data penduduk, mengidentifikasi data penduduk serta mengelola data bantuan sosial dari Pemerintah dapat berjalan dengan baik. Dalam penelitian ini, untuk mempermudah dalam melakukan proses pencarian data nantinya menggunakan metode pencarian Sequential yang akan diterapkan pada Aplikasi e-BIP. Aplikasi e-BIP merupakan aplikasi berbasis web yang dibuat guna memenuhi kebutuhan pegawai di Kelurahan Garung dalam proses pengelolaan data penduduk, identifikasi penduduk serta melakukan pengelolaan data Bantuan Sosial dari Pemerintah. Aplikasi e-BIP juga dapat menampilkan informasi kepada penggunanya berkaitan dengan data kependudukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriyadi, Pasko Dusla. (2017). Penerapan Mesin Pencari Dokumen Menggunakan Algoritma Sequential Search pada Aplikasi Data Manajemen AIPT. Universitas Kristen Satya Wacana. Salatiga.
Barakbah, Ali Ridho., Karlita, Tita., & Ahsan, Ahmad Syauqi. (2013). Logika dan Algoritma. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Surabaya. Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalam Saukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah. Malang: UM Press.
Irwanto, Djon. (2005). Perancangan Object Oriented Software dengan UML. Yogyakarta: Andi Publisher.
Published
2020-05-31
How to Cite
lasiminL., RomidoR., & AnhariK. (2020, May 31). PENERAPAN ALGORITMA SEQUENTIAL SEARCH DALAM PENGELOLAAN DATA PENDUDUK PADA KANTOR KELURAHAN GARUNG. Device, 10(1), 23-27. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/device.v10i1.1482
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)