Pengaruh Paparan Konten Tiktok @Andaza_Prof.Jawakarta Terhadap Gaya Komunikasi Generasi Z Di Tulungagung

  • Lutfi Ro’isatul Ummah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Elsa Via Adelia Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Abstract

Penelitian ini menganalisis dampak penggunaan TikTok, khususnya akun @andaza_prof.jawakarta, terhadap gaya komunikasi Generasi Z di Tulungagung. Fokus masalah yang dikaji adalah bagaimana paparan konten TikTok mempengaruhi gaya komunikasi generasi Z. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif melalui metode survei untuk mengumpulkan data dari Generasi Z yang aktif menggunakan TikTok. Hasil menunjukkan bahwa paparan konten TikTok berpengaruh signifikan terhadap Gaya Komunikasi Generasi Z. Temuan ini menyatakan bahwa media sosial dapat menjadi alat yang efektif untuk membentuk Gaya Komunikasi Generasi Z.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbari, Y. (n.d.). Hubungan intensitas penggunaan sosial media terhadap perilaku belajar mata pelajaran produktif pada siswa kelas XI Jasa Boga di SMK 3 Klaten [Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta].
Bitanti, I. M. (2023). Pengaruh intensitas penggunaan media sosial terhadap religiusitas peserta didik di SMA Negeri 1 Natar [Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung].
DataReportal. (2025). Digital 2025: Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital- 2025-indonesia
Detikcom. (2024, April 21). Gen Z tahun berapa? Ini urutan 7 generasi berdasarkan tahunnya. https://www.detik.com/jogja/berita/d-7642308/gen-z-tahun-berapa-ini-urutan-7- generasi-berdasarkan-tahunnya
Fadilah, I., & Ismah. (2024). Pengaruh intensitas penggunaan media sosial TikTok terhadap gaya komunikasi mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Al-Ghazali. HUJJAH: Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Penyiaran Islam, 8(1), 1–10.
Ginting, E. G., Sinaga, S. H., & Tinambunan, S. (2024). Pengaruh penggunaan aplikasi TikTok terhadap gaya komunikasi siswa-siswi kelas V di SD Swasta RK Santa Maria Penen. Jurnal Social Opinion, 8(1), 14–21.
Hasibuan, S. R., Sumanti, S. T., & Rozi, F. (2023). Pengaruh penggunaan media sosial terhadap pola perilaku komunikasi siswa SMA Ar-Rahman Medan. SIBATIK Journal, 2(5), 1411– 1414. https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i5.803
Mulyasa. (2002). Manajemen berbasis sekolah: Konsep, strategi, dan implementasi.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasution, A. D., & Marpaung, M. S. (2024). Pengaruh media sosial TikTok terhadap perilaku komunikasi remaja di Kota Medan. Jurnal Komunikasi dan Media, 6(1), 23–31.
Noerdjamil, A. A., & Yuningsih, A. (2024). Pengaruh terpaan akun TikTok Raffi Ahmad terhadap gaya komunikasi followers. Bandung Conference Series: Journalism, 4(2), 105–111. https://doi.org/10.29313/bcsj.v4i2.15612
Parianto, & Marisa, S. (2022). Komunikasi verbal dan nonverbal dalam pembelajaran. Analytica Islamica: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 11(2), 402–406. https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/index
Qosim, N., & Sa’diyah, H. (2022). Pentingnya manajemen komunikasi terhadap pengembangan karyawan (Studi kasus di Madrasah Aliyah Nurul Hasan). Bahtsuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(1), 47–50. https://lp3mzh.id/index.php/bahtsuna/index
Rahim, Z., Fitrya, A., & Hidayat, R. A. (2024). Komunikasi verbal dan non-verbal dalam konteks antar budaya dan agama. SHOUTIKA: Jurnal Studi Komunikasi dan Dakwah, 4(2), 80–94. https://jurnal.stainmajene.ac.id/index.php/shoutika
Sprout Social. (2024). Gen Z and social media: Everything you need to know. https://sproutsocial.com/insights/gen-z-social-media/
Zahroh, F. N. (2023). Pengaruh penggunaan media sosial TikTok terhadap gaya komunikasi siswa MI Salafiyah Barek Pucanganom Kebonsari Madiun [Skripsi, IAIN Ponorogo
Published
2025-06-27