Standarisasi Human Muslim: Telaah Kitab Nurul Mubin
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep standarisasi manusia Muslim ideal sebagaimana dirumuskan oleh KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Nurul Mubin. Fokus kajian ini adalah untuk mengidentifikasi nilai-nilai iman, amal, dan akhlak yang menjadi dasar pembentukan karakter Muslim yang moderat dan kontributif. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik studi kepustakaan, serta menggunakan empat pendekatan analisis: tekstual, historis, normatif, dan filosofis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nurul Mubin menyajikan konsep manusia Muslim yang tidak hanya religius secara ritualistik, tetapi juga berperan aktif dalam kehidupan sosial. Nilai-nilai seperti keikhlasan, tawadhu’, dan toleransi menjadi bagian penting dari konstruksi moral yang ditawarkan. Kitab ini relevan dijadikan acuan dalam pendidikan karakter Islam yang kontekstual dan aplikatif dalam menghadapi tantangan era globalisasi.
Downloads
References
adar BakhshBaloch, Q. (2017). Kajian Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Kitab Nurul-Mubin Karya KH. Hasyim Asy’ari dan Bagaimana Metode Penanamnya kepada Siswa. 11(1), 92–105.
Adinugraha, H. H., & Ulama’i, A. H. A. (2020). Understanding of Islamic Studies Through Textual and Contextual Approaches. Farabi, 17(1), 26–48. https://doi.org/10.30603/jf.v17i1.1281
Alawiyah, T. (2024). Metodologi Studi Islam: Pendekatan Kontemporer Dan Tradisional.
Arrizqi, M. Y. (2023). Mahabbah Kepada Rasulullah Perspektif Hadis (Analisis Hadis dalam Kitab Nurul Mubin fi Mahabbati Sayyidil Mursalin Katya K.H Hasyim Asy’ari. Gunung Djati Conference Series, 24(3418), 110.
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & ... (2022). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Pendidikan Sains Dan Komputer.
Astuti, M., Herlina, H., Ibrahim, I., Juliansyah, J., & ... (2023). Pentingnya pendidikan Islam dalam membentuk karakter generasi muda. ….
Aziz, M. (2021). SIGNIFIKANSI PERANGKAT IJTIHAD DALAM KAJIAN UṢHŪL FIQH. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman.
Dalimunthe, D. S. (2023). Transformasi pendidikan agama Islam: Memperkuat nilai-nilai spiritual, etika, dan pemahaman keislaman dalam konteks modern. Al-Murabbi Jurnal Pendidikan Islam.
Das, W. H., & Halik, A. (2020). Pendidikan Islam di Pondok Pesantren: Problematika dan Solusinya. repository.iainpare.ac.id.
Fakhruddin, F., Asha, L., Sumarto, S., Warlizasusi, J., & ... (2021). Studi Islam Internasional; Kajian dan Pendekatan Multidisipliner. repository.iaincurup.ac.id. http://repository.iaincurup.ac.id/id/eprint/548
Farandhika, N. A. (2023). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KEIMANAN MELALUI MAHABBAH DALAM KITAB MAULID DIBA’. repositori.unimma.ac.id.
Fibrianti, D., Nur, D., & Sopingi, I. (2025). Tawasul dalam Pendidikan Islam Perspektif Hadrotus Syaikh KH Muhammad Hasyim Asy’ari: Telaah Kitab Nurul Mubin. 5(1), 128–138.
Fitria, N. (2023). Kajian Prinsip Dasar Manajemen Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.
Helandri, J., & Supriadi, S. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Konteks Modern: Tinjauan Terhadap Praktik Dan Tantangan. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan ….
Hermawan Sigit, B. S. (2019). Buku Ajar Akuntansi Perilaku. 29.
HOLIL, Z. (n.d.). KAJIAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KITAB NŪRUL-MUBĪN DAN BAGAIMANA METODE PENANAMANNYA. Academia.Edu.
Huda, M. C., & HI, M. H. S. (2021). Metode Penelitian Hukum (Pendekatan Yuridis Sosiologis). books.google.com.
Jauhari, M. I. (2020). Konsep pendidikan Ibnu Khaldun dan relevansinya terhadap pendidikan di era modern. … Manar: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam.
Khairi, A., Pd, M., NURHADI, S. P. I., Sy, S. E., & SH, M. S. (2020). Pendidikan adab dan karakter menurut hadis nabi muhammad SAW.
Khuluq, L., Sahal, H., & Usman, A. (2023). IKHTISAR BIOGRAFI HADRATUSSYAIKH KH. M. HASYIM ASY’ARI 1871-1947.
Kisnanudin, A. (2024). PEMIKIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM KH. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB AD.
Minarti, S. (2022). Ilmu Pendidikan Islam: Fakta teoretis-filosofis dan aplikatif-normatif. books.google.com.
Mubin, F. (2020). Pengembangan Model Perencanaan Pendidikan. osf.io.
Mubin, M. U., & Siddiq, A. (2022). Contextualization of Mustaḥiq Zakat at LAZNAS Nurul Hayat Surabaya. Al-Manahij: Jurnal Kajian Hukum Islam, 16(2), 193–208. https://doi.org/10.24090/mnh.v16i2.6915
Muhammadiyah, T. P. P. (2020). NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM BUKU HIMPUNAN PUTUSAN TARJIH JILID III KARYA MAJELIS. WALISONGO 137p.
Muhtarom, A., Fuad, S., & Latif, T. (2020). Moderasi beragama: konsep, nilai, dan strategi pengembangannya di pesantren.
Munawaroh, N., Alif, M., & Rosyadi, S. (2025). Analisis Hadis terhadap Fenomena Filial Crisis Kontemporer. Al-Mu’tabar.
Mustafida, F. (2020). Integrasi Nilai-nilai Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Jurnal Pendidikan Islam Indonesia.
Musyrifin, Z. (2020). Implementasi sifat-sifat Rasulullah dalam konseling behavioral. Al Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam.
Nafsaka, Z., Kambali, K., Sayudin, S., & ... (2023). Dinamika pendidikan karakter dalam perspektif Ibnu Khaldun: Menjawab tantangan pendidikan Islam modern. Jurnal Impresi ….
Ngadi, M., Posangi, S. S., & Anwar, H. (2022). PERENCANAAN PENDIDIKAN DALAM STUDI ALQURAN DAN HADITS. Journal of Islamic ….
Ningsih, W., & Zalisman, Z. (2024). Pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) dalam konteks global.
Nisa, K., & Sopingi, I. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Emosional Marketing dan Spiritual Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan. JIES: Journal of Islamic Economics Studies.
Nurliana, N., & Zaki, K. (2021). Ilmu Ekonomi Islam: Teori, Hukum, Dan Aplikasi.
Priyatna, Y. (2020). Rihlah Ilmiah dan Kitabah dalam Tradisi Intelektualisme Islam Nusantara. Muqoddima Jurnal Pemikiran Dan Riset Sosiologi. https://www.journal.unusia.ac.id/index.php/Muqoddima/article/view/35
Putri, S., Budianto, E. W. H., & Dewi, N. D. T. (2023). Bank Bukopin Syariah dan Konvensional: Studi Pustaka (Library Research) dan Bibliometrik VOSviewer. academia.edu. https://www.academia.edu/download/108434343/Bukopin_Indonesia.pdf
Rajab, K. (2024). Psikologi ibadah: memakmurkan kerajaan ilahi di hati manusia.
Ridwan, M., Ghofur, A., Rokhmadi, R., & Pratama, G. (2023). Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Khaldun: Sebuah Pendekatan Sosio Historis. … of Justice and Welfare for Indonesia.
Rosyada, D. (2020). Penelitian kualitatif untuk ilmu pendidikan.
Saihu, M. (2020). Merawat Pluralisme Merawat Indonesia (Potret Pendidikan Pluralisme Agama Di Jembrana-Bali).
Sari, D. N. (2020). Implementasi Hukuman Qisas Sebagai Tujuan Hukum Dalam Al-Qur’an. Muslim Heritage. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/muslimheritage/article/view/263
Sari, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter dan Etika Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Al-Mujahadah: Islamic Education Journal.
Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang …. http://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555
Sritutur, F. F., Hidayaty, D. E., & Sopingi, I. (2024). Metode Penelitian Ekonomi: Konsep, Metode, dan Implementasi. Penerbit Mifandi …. http://jurnal.mifandimandiri.com/index.php/penerbitmmd/article/view/26
Sulistiyono, A. (2020). Implikasi Metode Menghafal Al Quran Dalam Memotivasi Bertambah Hafalan Siswa Kelas VII SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta. dspace.uii.ac.id. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/23515
Tarigan, M., & Amini, A. (2024). Konsep Dasar dan Tujuan Pendidikan dalam Islam: Ta’lim, Tarbiyah dan Ta’dib. Al-Anshor: Jurnal Pendidikan. https://ejournalstithasiba.my.id/index.php/ansor/article/view/2
Thoyyib, M. (2021). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan Non Formal Dan In Formal Di Kabupaten Tuban. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman.
Utari, A. S., Dayantri, M. N., & Yulia, F. (2024). Konsep Metodologi Pendidikan Islam Klasik dan Relevansinya dengan Masa Modern. Reflektika.
Yaqin, A. (2021). Pendidikan Multi Kultural.
Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. H. M. (2020). Metode penelitian kualitatif,kuantitatif,action research and devolepment (R n D).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.