Dinamika Politik Dan Strategi Dakwah Muhammad SAW Di Kota Makkah

  • Muflih Fahmi Kaunain Universitas Sains Al-Qur'an
  • Sri Rahayu Universitas Sains Al-Qur'an
Keywords:
Muhammad, Strategi Politik, Makkah

Abstract

Artikel ini membahas tentang strategi politik Nabi Muhammad SAW dalam dakwahnya di Makkah, terutama di masa awal berdakwah. Fokus tulisan ini yaitu pada strategi dakwah Muhammad dari sisi sosial dan politik yang memang merupakan strategi logis dari seorang manusia biasa yang berstatus sebagai nabi dan rasul. Adapun metodologi yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif-studi pustaka. Yaitu dengan sumber data utama menggunakan referensi-referensi terkait sejarah nabi, strategi dakwah dan diplomasi politik dalam menyebarkan Islam di Makkah. Adapun teori yang digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh adalah teori Interpersonal Communication. Teori ini dipilih karena merupakan salah satu teori yang menjelaskan tentang strategi atau kemampuan seseorang dalam berkomunikasi dan menjalin relasi kepada orang lain baik secara individu maupun kelompok. Kesimpulan yang didapat dari artikel ini yaitu bahwa strategi politk dan diplomasi yang dilakukan Muhammad SAW dalam berdakwah di Makkah merupakan strategi dakwah insaniyah yang memang diatur dan direncakanan sedemikian rupa sehingga mampu diterima secara alamiyah dan manusiawi oleh masyarakat Makkah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, U. (2021). Metode Dakwah Rasulullah Dan Relevansinya Dengan Dalam Kehidupan Di Dunia. Murabby : Jurnal Pendidikan Islam 4(1), 12–22. https://doi.org/10.15548/mrb.v4i1.2320
Hana, M. Y. (2020). Perubahan Sosial Masyarakat di Jazirah Arab : Transformasi Kultural Ashabiyah dalam Menunjang Kekuasaan Nabi Muhammad. 15(2), 35–48.
Hanif, M. (2022). Method (Manhaj) Of Proselytizing Of The Prophet In The Phase Of Makkah And Medina. 5(2), 2–12.
Knapp, Mark L. & Daly, John A., 2002. Handbook of Interpersonal Communication,Cambridge University Press, New York
Made, Saihu (2021). Ekspresi Miliu Komersial Arab Makkah Dalam Al- Quran. 5(01), 1–13.
Mahmuddin, M. (2020). Strategi Dakwah Rasulullah Di Madinah. Jurnal Dakwah Tabligh, 21(1), 87. https://doi.org/10.24252/jdt.v21i1.12428
Muhammad, Adnan. (2019). Wajah Islam Priode Makkah-Madinah. Jurnal Inteleksia. Vol. 4 No.1
Sakdiah, H. (2017). Komunikasi Interpersonal sebagai Strategi Dakwah Rasulullah (Perspektif Psikologi). Alhadharah, 15(30), 1. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v15i30.1219
Shofwan, A. M. (2022). Kajian Konsep Pendidikan Multikultural dalam Islam. Islamika, 4(1), 21–36. https://doi.org/10.36088/islamika.v4i1.1490
Ummatin, K. (2014). Tiga model interaksi dakwah rasulullah terhadap budaya lokal. XV(1), 179–205.
Wahyudi, W. (2019). Al-Wujuh Wa Al-Nazhair Dalam Alquran Perspektif Historis. AL QUDS : Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 3(1), 21. https://doi.org/10.29240/alquds.v3i1.575
Wahyudiyanto (2022). Perspektif Analisis Pentad. 04(01), 157–182. https://doi.org/10.22146/kawistara.40397.11
Published
2024-12-29

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times