Analisis Pesan Dakwah Dalam Novel Bumi Cinta Karya Habiburrahman El Sirazy
Abstract
Aktivitas dakwah harus dilakukan oleh orang yang mempunyai rasa keterpanggilan dalam menyebarluaskan ajaran agama islam. Metode dakwah yang paling banyak digunakan bil qalam karena penulis dapat menyampikan ide maupun gagasannya kepada para pembaca. Novel sangat tepat dijadikan media dalam berdakwah sebagai tempat memperkenalkan keindahan islam dalam bahasa yang halus dan indah, dengan penggunaan metode dakwah yang khas oleh pengarang untuk disampaikan kepada pembaca. Dengan adanya hal tersebut membuat para da’i dituntut kreatif dalam memanfaatkan media dalam menunjang keberhasilan dakwah. Habiburrahman berhasil memadukan sastra ke dalam dakwah di dalam novel Bumi Cinta miliknya. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui apa saja pesan dakwah yang terkandung dalam novel Bumi Cinta. Pesan dakwah yang peneliti cari yaitu tentang ibadah dan muamalah. Dengan menggunakan metode penelitian Studi Pustaka melalui pendekatan Hermeneutik Paul Recouuer dengan menerapkan teori Distansi, Interpretasi dan Apropriasi. Adapun hasil penelitian yang penulis dapatkan bahwa novel Bumi Cinta mengandung dua unsur pesan dakwah yaitu ibadah dalam kategori Sholat, Beriman kepada Al-Quran, Dzikir serta doa dan muamalah yaitu saling tolong menolong dalam berbuat kebaikan. Walaupun tidak seluruh bab dalam novel Bumi Cinta mengandung dakwah akan tetapi setiap kalimat yang penulis sampaikan dalam novel tersebut mampu menyampaikan arti dalam kalimat kebaikan yang bisa dijadikan pedoman dalam kehidupan.
Downloads
References
Abror, M. (2021). Rahasia Dibalik Terkendalinya Hawa Nafsu Saat Berpuasa. 31, https://islam.nu.or.id/puasa/rahasia-di-balik-terkendalinya-hawa-nafsu-saat-berpuasa-XcAYk
Catatan Muslimah. (2022). Pengertian Doa Dalam Islam dan Dalilnya Lengkap. 31, https://catatanmoeslimah.com/pengertian-doa/
Dianto, I. (2018). PERANAN DAKWAH DALAM PROSES PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM. hal 99. https://repo.uinsyahada.ac.id/457/1/B7.pdf
Fajriyah, S., Juwandi, W., & Baharun, M. (2019). ANALISIS PESAN DAKWAH DALAM NOVEL KETIKA CINTA BERTASBIH 1 DAN 2. Maddah : Jurnal Komunikasi Dan Konseling Islam, 1(2), hal 43. https://doi.org/10.35316/maddah.v1i2.507.
Harianto, A. S. (2024). Prospek Dakwah Bil Qalam di Era New Media. Bil Hikmah: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 2 (1), hal 156 https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v2i1.27
Jurayz, I., Erawati, D., Syah, H., & Aji, N. B. (2022). Media Cetak dan Dakwah Bil Qalam: Opini Pembaca Terhadap Kolom Mimbar Jumat di Kalteng Pos. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 4 (2), hal 161. https://doi.org/10.32332/jbpi.v4i2.5693
Khaled, A. (2007). The Power Of Dzikir (Rahasia Kekuatan Dzikir). (subhan Nur). Jakarta: Dar Ar-raudhah.
Mutiara Alquran, (2023), (08) Tafsir QS Al-Baqarah:45 Minta Pertolongan Dengan Sabar dan Sholat. 31, https://www.risalahislam.com/2023/09/qs-al-baqarah-45-sabar-shola.html.
Meliono, I. & Muhammad, H. (2015). Teori Interprestasi Paul Ricoeur, Yogyakarta: Lkis Printing Cemerlang.
Purnamasari, M., & Thoriq, A. M. (2021). Peran Media Dalam Pengembangan Dakwah Islam. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 2(2), 87–99. https://doi.org/10.52593/mtq.02.2.01
Saadi, T. Z. (2020). Memelihara Kehidupan Mnusia. 31, https://kemenag.go.id/nasional/memelihara-kehidupan-manusia-4cnb29
Shirazy. E, H. (2019). Bumi Cinta. (ed1). (Aniah Monif Al Hasyir). Jakarta Selatan: Republika Penerbit.
Syafriwaldi. (2022). Pesan Dakwah dalam Novel Bumi Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy. Istikharah: Riset Keagamaan, Sosial dan Budaya, 4(1). https://ejournal.uinmybatusangkar.ac.id/ojs/index.php/istinarah/index
Tafsir surat al-Ala ayat 18. (31) https://tafsirweb.com/12560-surat-al-ala-ayat-14.html#arrow-down.
Tafsir Surat An-Nisa ayat 101. https://tafsirweb.com/1633-surat-an-nisa-ayat-101.html.
Tuasikal, A. M. (2019). Doa Meminta Hidayah dan Istiqomah. 31, https://rumaysho.com/20123-doa-meminta-hidayah-dan-istiqamah-di-atas-kebenaran.html.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.