Pengaruh Komunikasi Visual Dalam Konten Dakwah 2Istgfr.id Terhadap Kepuasan Informasi Followers Instagram
indonesian
Abstract
Pemanfaatan komunikasi visual sebagai media penyampaian informasi atau pesan melibatkan penggunaan gambar untuk menyajikan informasi secara visual. Komunikasi visual dalam menyampaikan informasi dalam konteks konten dakwah Islam memiliki beberapa keunggulan, terutama dalam meningkatkan dampak visual yang kuat dalam postingan Instagram dan fokus pada gambar untuk secara langsung memuaskan kebutuhan informasi pengguna. Penelitian ini meneliti dampak komunikasi visual terhadap kepuasan informasi pengikut di Instagram. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif, dengan fokus pada pengumpulan dan analisis data numerik. Penelitian ini menemukan bahwa komunikasi visual dalam konten dakwah @istgfr.id sangat tinggi, dengan frekuensi 47 dan persentase 47%. Tingkat kepuasan informasi di kalangan pengikut masuk dalam kategori “puas”, dengan frekuensi 37 dan persentase 37%. Penelitian ini juga menemukan adanya pengaruh yang signifikan antara komunikasi visual terhadap kepuasan informasi, yang dibuktikan dengan nilai Pearson Correlation sebesar 0,784, nilai t-value sebesar 3,814, dan nilai koefisien determinasi sebesar 61,4%. Hal ini menunjukkan bahwa komunikasi visual berperan penting dalam menyampaikan informasi secara efektif dalam konteks konten dakwah.
Downloads
References
Christanto, M. M. P., & Wiksana, W. A. (2021). Prosiding Manajemen Komunikasi Fotografi sebagai Media Komunikasi Visual dalam Digital Marketinag. Prosiding Manajemen Komunikasi, &(1), 195-197. https:??doi.org/10.29313/.v7i1.26163.
Isa, A. M., Mahmud, W. A. W., & Sulaiman, W. I. W. (2020). The combining of intrinsic and extrinsic motives for employing OTT media and comprehending the audience’s gratification in Malaysia. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 36(4), 266–280. https://doi.org/10.17576/jkmjc-2020-3603-16
Khanza, K. K. Z., & Kurniati, N. (2023). Pengaruh Desain Komunikasi Visual pada Akun Instagram@ sirah. nabawiyah terhadap Pemahaman Sejarah Nabi Para Followersnya. Bandung Conference Series …, 272–276. https://proceedings.unisba.ac.id/index.php/BCSIBC/article/view/8237
Nabillah, T. A., Bagus, I., Trinawindu, K., Erg, M., Agus, I. G., Bayu, I., Sn, S., & Sn, M. (n.d.). PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL UNTUK PROMOSI FAIRME BATH & BODY CARE DI FLORTO STUDIO DENPASAR.
Ni’matul Rohmah, N. (2020). Media Sosial Sebagai Media Alternatif Manfaat dan Pemuas Kebutuhan Informasi Masa Pandemik Global Covid 19 (Kajian Analisis Teori Uses And Gratification). 4(1), 1–16. https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/29/092500765/update-virus-corona-di-dunia-29-maret--662.073-kasus-di-200-
Prihantoro, E., K, S. D., & Ohorella, N. R. (2021). Instagram dan Prokrastinasi Akademik Bagi Mahasiswa Saat Pandemi Covid 19. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 5(2), 167. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v5i2.9672
Rohmah, N. N. M. (2020). Media Sosial Sebagai Media Alternatif Manfaat dan Pemuas Kebutuhan Informasi Masa Pandemik Global Covid 19 (Kajian Analisis Teori Uses And Gratification). Al-I'lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 4(1), 1-16.
Sadono, T. P. (2022). Komunikasi Visual: Feeds Instagram @Yurezalina Dalam Membangun Self-Image. Jurnal Penelitian Komunikasi, 02(03), 1–23.
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Terry, G. R. (2010). Dasar-dasar Manajemen (Cetakan 11). PT. Bumi Aksara.
Yenni, Y., Utnasari, I., & Rahmawati, M. (2021). Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Internet Berbasis Media Sosial Sebagai Usaha dan Transaksi. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v4i1.543
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.