Media Sosial Sebagai Saluran Komunikasi Digital Kewargaan: Studi Etnografi Digital

  • Bambang Arianto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dwimulya Banten
  • Bekti Handayani Universitas Bhakti Kencana Serang
Keywords:
Media Sosial, Komunikasi Digital, Kewargaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi peran media sosial sebagai saluran komunikasi digital kewargaan. Kehadiran media sosial telah membuat pola komunikasi kewargaan bertransformasi dari pola konvensional menjadi berbasis digital. Hal itu disebabkan meningkatnya penggunaan media sosial yang kemudian dapat mempengaruhi semua sendi kehidupan kewargaan. Media sosial telah menjadi saluran utama komunikasi digital kewargaan dalam berbagai aktivitas baik kepada rekan kerja, keluarga, maupun publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi digital dengan teknik wawancara mendalam dan observasi partisipatif secara digital kepada para generasi internet di Kabupaten Pandeglang, Banten. Hasil penelitian menemukan bahwa media sosial berperan penting menciptakan pola komunikasi dua arah yang demokratis, interaktif, dan partisipatif. Penelitian ini juga menemukan bahwa platform media sosial Whatsapp dan Facebook telah menjadi saluran utama komunikasi digital dalam aktivitas keseharian kewargaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andreas, R., & Kusuma, R. S. (2020). Rumah ramah rubella sebagai kelompok dukungan online di facebook. Jurnal Manajemen Komunikasi, 4(2), 81-102.
Akbar, Y. M., & Fadiyah, D. (2022). Media Sosial sebagai Sarana Komunikasi di Era Pandemi Covid-19 di Indonesia. Madani Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan, 14(02), 325-336. https://doi.org/10.52166/madani.v14i02.3265
Anggraini, Y., & Ayuh, E. T. (2020). Implementasi Keterbukaan Dalam Komunikasi Antar Pribadi Mahasiswi Pengguna Cadar Dengan Dosen di Universitas Bengkulu (UNIB). J-SIKOM, 1(1). https://doi.org/10.36085/j-sikom.v1i1.3047
Arianto, B. (2022a). Peran Media Sosial Dalam Penguatan Komunikasi Bisnis Kewargaan di Era Ekonomi Digital. Jurnal Ekonomi Perjuangan, 4(2), 132-146. https://doi.org/10.36423/jumper.v4i2.1148
Arianto, B. (2022b). Dampak Media Sosial Bagi Perubahan Sosial Ekonomi Masyarakat di Kabupaten Pandeglang. Journal of Digital Business and Innovation Management, 1(2), 147-167. https://doi.org/10.1234/jdbim.v1i2.50506
Arianto, B. (2023). Tata kelola media sosial sebagai institusionalisasi praktik akuntansi dalam pengelolaan dana desa di Indonesia. Akuntansi dan Teknologi Informasi, 16(2), 106-127. https://doi.org/10.24123/jati.v16i2.5644
Badea, M. (2014). Social media and organizational communication. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 149, 70-75.
Baruah, T. D. (2012). Effectiveness of Social Media as a tool of communication and its potential for technology enabled connections: A micro-level study. International journal of scientific and research publications, 2(5), 1-10.
Berlianty, S. (2020). Makna Simbol EmoticonWhatsapp Dalam Komunikasi Kelompok Mahasiswa Stisipol Pahlawan 12. Studia Komunika: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 19-42. https://doi.org/10.47995/jik.v3i1.38
Budiyono, M. (2016). Media Sosial Dan Komunikasi Politik: Media Sosial Sebagai Komunikasi Politik Menjelang Pilkada Dki Jakarta 2017. Jurnal Komunikasi, 11(1), 47-62. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol11.iss1.art4
Cohen, H. (2011). 30 social media definitions. Posted by Heidi Cohen on May 9, 2011 in actionable marketingSocial media, 101, (Available from: http://heidicohen.com/ social-media-definition/. Accessed on 25 February 2013)
Creswell, J. W., & Creswell, J. (2003). Research Design (pp. 155-179). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Duffett Mr, R. G., & Wakeham Dr, M. (2016). Social media marketing communications effect on attitudes among millennials in South Africa. The African Journal of Information Systems, 8(3), 2.
Faiqah, F., Nadjib, M., & Amir, A. S. (2016). Youtube sebagai sarana komunikasi bagi komunitas makassarvidgram. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 259-272. https://doi.org/10.31947/kjik.v5i2.1905
Graham, M. W., Avery, E. J., & Park, S. (2015). The role of social media in local government crisis communications. Public Relations Review, 41(3), 386-394. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2015.02.001
Hajar, I. (2018). Youtube Sebagai Sarana Komunikasi Dakwah Di Kota Makassar (Analisis Sosial Media). Jurnal Al-Khitabah, 4(2).
Hamsinah, H., Jannah, M., Ardhoyo, N. A. W., & Meliala, Y. H. (2022). Efektivitas Penggunaan Whatsapp Group di Kalangan Warga. Jurnal Cyber PR, 2(1), 12-24. https://doi.org/10.32509/cyberpr.v2i1.2122
Herna, H., Hiswanti, H., Hidayaturahmi, H., & Putri, A. A. (2019). Strategi komunikasi media sosial untuk mendorong partisipasi khalayak pada situs online kitabisa. com. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(2), 146-156. https://doi.org/10.46937/17201926843
Hine, C. (2000). Virtual Ethnography. SAGE Publications Ltd
Hootsuite.com. (2022). https://www.hootsuite.com/resources/digital-trends-q2-update
Horst, H., Lewis, T., Hjorth, L., Postill, J., & Pink, S. (2015). Digital ethnography: Principles and practice. Digital Ethnography, 1-216.
Iriantara, Y. (2010) Komunikasi Bisnis. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Juwita, R. (2017). Media sosial dan perkembangan komunikasi korporat. Jurnal Penelitian Komunikasi, 20(1). https://doi.org/10.20422/jpk.v20i1.136
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business horizons, 53(1), 59-68.
Karlina, E., Suratriadi, P., Mutiah, T., & Kurniawan, F. (2021). WhatsApp Sebagai Media Literasi Digital Sebagai Media Untuk Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Dimasa Pandemi. Journal of Global Komunika, 4(1), 41-50. https://doi.org/10.33822/gk.v4i1.2370
Kaur-Gill, S., & Dutta, M. J. (2017). Digital Ethnography. The International Encyclopedia of Communication Research Methods. https://doi.org/DOI: 10.1002/9781118901731.iecrm0271
Kurniawan, P. (2017). Pemanfaatan media sosial Instagram sebagai komunikasi pemasaran modern pada Batik Burneh. Competence: Journal of Management Studies, 11(2).
Masi, L., Sudia, M., Salim, S., Prajono, R., & Sarina, S. (2020). Pemanfaatan media sosial sebagai sarana komunikasi dalam pencegahan meluasnya wabah covid-19 di kalangan pelajar. Humanism: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3). https://doi.org/10.30651/hm.v1i3.5754
Matthews, L. (2010). Social media and the evolution of corporate communications. The Elon Journal of Undergraduate Research in Communications, 1(1), 17-23.
Meikle, G. (2016). Social media: Communication, sharing and visibility. Routledge.
Mubarok, F. S. (2022). Pemanfaatan New Media untuk Efektivitas Komunikasi di Era Pandemi. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 10(1), 28-42. http://dx.doi.org/10.30659/jikm.v10i1.20302
Nurhadi, Z. F. (2017). Model komunikasi sosial remaja melalui media twitter. Jurnal Aspikom, 3(3), 539-549.
Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi digital marketing dalam membangun brand awareness. PRofesi Humas, 3(1), 1-20. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878
Russo, A., Watkins, J., Kelly, L., & Chan, S. (2008). Participatory communication with social media. Curator: The Museum Journal, 51(1), 21-31. https://doi.org/10.1111/j.2151-6952.2008.tb00292.x
Rutsaert, P., Regan, Á., Pieniak, Z., McConnon, Á., Moss, A., Wall, P., & Verbeke, W. (2013). The use of social media in food risk and benefit communication. Trends in food science & technology, 30(1), 84-91. https://doi.org/10.1016/j.tifs.2012.10.006
Schivinski, B., & Dabrowski, D. (2016). The effect of social media communication on consumer perceptions of brands. Journal of Marketing Communications, 22(2), 189-214. https://doi.org/10.1080/13527266.2013.871323
Setyanto, Y., & Angagrina, P. (2016). Media Sosial sebagai Sarana Komunikasi Perusahaan dengan Media. Jurnal Komunikasi, 1, 1-3. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.02.21
Sudaryono, S., Rahwanto, E., & Komala, R. (2020). E-Commerce Dorong Perekonomian Indonesia, Selama Pandemi Covid 19 Sebagai Entrepreneur Modern Dan Pengaruhnya Terhadap Bisnis Offline. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(02), 110-124. https://doi.org/10.47080/10.47080/vol1no02/jumanis
Sukrillah, A., Ratnamulyani, I. A., & Kusumadinata, A. A. (2017). Pemanfaatan media sosial melalui whatsapp group FEI sebagai sarana komunikasi. Jurnal Komunikatio, 3(2).
Siagian, H. F. (2015). Pengaruh Dan Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Saluran Komunikasi Politik Dalam Membentuk Opini Publik. Jurnal Al-Khitabah, 2(1).
Stieglitz, S., & Dang-Xuan, L. (2013). Social media and political communication: a social media analytics framework. Social network analysis and mining, 3(4), 1277-1291.
Virgiawan, Z., Faizal, M. I., Firmansayah, R., & Ramadyta, A. D. (2022). Aanalisis Media Sosial Sebagai Sana Komunikasi Bisnis Bagi Online Shop di Daerah Bandung. Majalah Bisnis & IPTEK, 15(2), 84-100.
Wells, W. H. (2011). Social media and social networking: What's the difference? Available online. http://www.williamhwells.com/2011/06/18/social-media-and-socialnetworking-whats-the-difference/ (Accessed on 9 December 2013)
Wulan, R. R., & Wahyuni, I. I. (2015). Komunikasi keluarga lintas negara: Studi kasus tentang penggunaan media sosial sebagai sarana komunikasi keluarga tenaga kerja wanita Indonesia. Jurnal PIKOM (Penelitian Komunikasi dan Pembangunan), 16(2), 76-87. https://doi.org/10.31346/jpikom.v16i2.1349
Published
2023-12-29

STATISTICS

Abstract viewed = 438 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 262 times