Penyebaran Isu Perempuan Melalui New Media (Konten Video TikTok @mubadalah.id)

  • Reny Atika Asya'roni Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Abstract

Isu terkait perempuan adalah pembahasan yang amat menarik. Permasalah kesetaraan gender, marginalisasi, subordinasi, kekerasan seksual menjadi perjuangan terhadap sejarah gerakan perempuan. Kemajuan tegnologi informasi dan ditambah hadirnya New Media semakin membuat gerakan perempuan menjadi semakin pesat. Seperti Media perempuan, contohnya Mubadalah.id yang sebelumnya hanya mempunyai websait. Namun saat ini sudah mengepakkan sayapnya ke salah satu New Media yaitu tiktok. Didalam penelitian ini mempunyai tujuan agar dapat mengetahui terkait bagaimana media Mubadalah memanfaatkan konten vidio Tiktok dalam menyebarkan isu perempaun. Metode yang sesuai dengan penilitian ini  dengan menggunakan metode kualitatif serta studi kepustakaan. Analisis data dilakukan dengan teknik tinjauan sistematik literatur review dimana penelitian menginterprestasikan kajian yang berkaitan dengan peran new media dalam fenomena penyebaran isu perempuan di Indonesia. Hasil dari penelitiaan ini menunjukkan bahwa Mubadalah.id memanfaat kan New Media (Tiktok) dalam menyebarkan isu perempuan dan dikemas secara menarik sehingga bisa dinikmati oleh semua kalangan bukan hanya yang suka membaca.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadhliza Izzati T.F, Hetty Krisnani, “Perilaku Generasi Z Terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok: Tiktok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme”: Social Work Journal. Vol.10, No.2 hal: 200
Gamson, William, David S. Meyer, 2004, “Framing Political Opportunity” dalam Doug McAdam, John D. McCarthy, Mayer N. Zald, Comparative Perspectives on Social Movements: Political Opportunities, Mobilizing Structures and Cultural Framing, Cambridge University Press, Cambridge.
Hardiansyah, Heris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Selemba Humanika.
Ibnu Hamad. 2004. Konstrukasi Realitas Politik dalam Media Massa, Jakarta, Grani.
Lexy J, Moleong. 1997. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja/Rosdakarya.
Lievrouw, L.A. (2011). Alternative and New Media. Cambridge: Polity Press.
McQuail, D. 1987. Teori Komunikasi Suatu Pengantar, diterjemahkan oleh Agus Dharma dan Aminuddin Ram, Jakarta: Erlangga.
Machya Astuti Dewi. 2009. Media Massa dan Penyebaran Issue Perempuan.Jogjakarta: Jurnal Imu Komunikasi.
Molyneux, Maxine, 1986, “Mobilization without Emancipation? Women’s Interests, State and Revolution” dalam R.R. Fagen, C.D. Derre, J.L. Coraggio, Transition and Development: Problems of Third World Socialism, New York Monthly Review Press, New York.
Tarrow, Sidney 1994, Power in Movement: Social Movement, Collective Action and Politics, Cambridge University Press, Cambridge.
Published
2023-12-29

STATISTICS

Abstract viewed = 176 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 86 times