Upaya Guru PAI Dalam Mencegah Kenakalan Siswa Di SMP Negeri 1 Kejajar Kabupaten Wonosobo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mencegah kenakalan siswa di SMP Negeri 1 Kejajar Kabupaten Wonosobo. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari guru PAI, kepala sekolah, dan siswa di SMP Negeri 1 Kejajar. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Berdasarkan hasil pembahasan & analisis disimpulkan bahwa bentuk-bentuk kenakalan siswa di SMP Negeri 1 Kejajar mencakup perilaku seperti membolos, datang terlambat, berkata tidak sopan, menggunakan HP saat pembelajaran, serta pelanggaran tata tertib lainnya. Meskipun tidak tergolong berat, perilaku tersebut menunjukkan indikasi lemahnya kontrol diri dan kurangnya kesadaran akan tanggung jawab sebagai pelajar. Upaya yang dilakukan guru PAI dalam mencegah kenakalan siswa dilakukan melalui pendekatan edukatif dan spiritual. Upaya tersebut meliputi pembiasaan kegiatan keagamaan seperti tadarus, salat Dhuha, dan bimbingan rohani yang disampaikan secara rutin. Selain itu, guru menggunakan pendekatan personal dengan mengajak siswa berdialog secara individu, memberi teladan dalam sikap, serta membangun hubungan yang hangat dan terbuka. Faktor penghambat meliputi lemahnya kontrol diri siswa, tekanan dari keluarga, kurangnya perhatian orang tua, pengaruh media sosial, serta tuntutan peran ganda guru. Faktor pendukung antara lain adanya dukungan dari kepala sekolah dan guru lain, keterlibatan sebagian orang tua, kesadaran dari dalam diri siswa, serta lingkungan sekolah yang religius dan kondusif. Temuan ini menyarankan guru PAI agar terus meningkatkan pendekatan pembinaan spiritual dan moral kepada siswa melalui kegiatan keagamaan yang berkelanjutan. Selain itu, pendekatan personal tetap perlu dikedepankan agar siswa merasa lebih dekat dan terbuka dalam menyampaikan permasalahan yang mereka hadapi.
Downloads
References
Fajar, Muhammad. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Yogyakarta: Deepublish, 2021.
Farhan, Muhamad. “Kenakalan Remaja Indonesia, Analisis Terkini Dan Strategi Penanggulangan.” Kompasiana.Com, June 20, 2024. https://www.kompasiana.com/muhamadfarhan8435/.
Febrianty, Brelin, and Aulia Suhesty. “Hubungan Fatherless Dengan Kenakalan Remaja Pada Remaja Laki-Laki.” Innovative: Journal Of Social Science Research 5, no. 2 (2025): 1868–1877. https://doi.org/10.31004/innovative.v5i2.18524.
Fuadi, Salis Irvan, Robingun Suyud El Syam, and Ngatoillah Linaja. “Konsep Keseimbangan Ranah Pendidikan Dalam Kitab Ta’lim Muta’allim: (Telaah Taksonomi Benjamin S. Bloom).” Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman 10, no. 2 (2022): 239–254. https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v10i2.1073.
Kementerian Agama. “Al-Qur’an Dan Terjemahannya.” Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, 2024.
Kustriyono. “Hasil Wawancara Dengan Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kejajar Tetang Kenakalan Siswa Dan Upaya Pencegahannya.” Interview, May 22, 2025. SMP Negeri 1 Kejajar.
Langgulung, Hasan. Kreativitas Dan Pendidikan Islam: Suatu Kajian Psikologi Dan Falsafah. Jakarta: Pustaka Al-Husna, 2004.
Lokollo, Valenchiend M.T., and Aleta Apriliana Ruimassa. “Remaja Dan Post a Picture (PAP) Media Sosial (Suatu Kajian Psiko-Pastoral Terhadap Remaja).” KAMBOTI: Jurnal Sosial Dan Humaniora 3, no. 1 (2023): 11–21. https://doi.org/10.51135/kambotivol3iss1pp11-21.
Machali, Imam. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2021.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta : Remaja Rosdakarya, 2021.
Pratiwi, Rina Ayu. Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish, 2022.
Rubiyanto, Anton. “Hasil Wawancara Dengan Guru Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 1 Kejajar Tetang Kenakalan Siswa Dan Upaya Pencegahannya.” Interview, 2025. SMP Negeri 1 Kejajar.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2022.
Syam, Robingun Suyud El, Andika Saputra, Azah Zumroh, Nurlita Dwi Oktavia, Supangat Supangat, Etty Nur Rahmawati, and Nur Hasanah. “Pendampingan Dan Sosialisasi Pemahaman Bahaya Kenakalan Remaja Melalui Forum Anak Kreatif Wonosobo (Forkos) Di Desa Pakuncen Kecamatan Selomerto.” Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia 2, no. 1 (2023): 01–11. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i1.223.
Syam, Robingun Suyud El, and M. Yusuf. AN. “Rekognisi Moderasi Beragama Melalui Deklarasi Tiga Dosa Besar Pendidikan Di SMP Pelita Al-Qur’an Wonosobo.” CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan 3, no. 4 (2023): 17–31. https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i4.1737.