https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/alfitrah/issue/feed Al-Fitrah (Jurnal Kajian Pendidikan Anak Usia Dini) 2025-07-28T07:57:54+07:00 Open Journal Systems <p>Jurnal AL Fitrah marupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) &nbsp;Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo. Terbit pertama kali tahun 2022. Jurnal Al Fitrah memuat artikel hasil penelitian maupun kajian ilmiah para peneliti, dosen, mahasiswa maupun para praktisi di bidang Pendiakan Anak Usia Dini. Jurnal Fitrah sebagai salah satu wadah yang bertujuan untuk memperluas dan menciptakan inovasi konsep, teori, paradigma, perspektif dan metodologi dalam mengembangkan pendidikan anak usia dini. Jurnal Al-Fitrah terbit 2 kali setahun pada bulan Januari dan Juli.</p> https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/alfitrah/article/view/9952 IMPLEMENTASI MEDIA KOTAK PINTAR UNTUK MENINGKATKAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI 2025-07-27T16:49:32+07:00 Lailatul Khomsiyah lailatulhidayat95@gmail.com <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris anak usia dini melalui implementasi media kotak pintar di RA Masyithoh Al-Manan, Kebrengan, Mojotengah, Wonosobo. Media kotak pintar adalah alat pembelajaran inovatif yang dirancang untuk menarik minat anak dengan kombinasi kartu bergambar dan huruf. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diterapkan dalam dua siklus, meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan mengenal kosa kata bahasa Inggris. Pada pra-siklus, sebagian besar anak berada di kategori "mulai muncul" (95,65%), sementara pada siklus II, 73,91% anak berada di kategori "sering muncul" dan 21,7% di kategori "konsisten." Penggunaan media kotak pintar efektif meningkatkan penguasaan kosa kata, antusiasme, dan rasa percaya diri anak. Media ini direkomendasikan sebagai metode pembelajaran kreatif untuk anak usia dini.</p> <p style="text-align: justify;"><strong>Kata kunci</strong>: Kotak Pintar, Pembelajaran Inovatif.</p> 2025-07-27T16:48:11+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/alfitrah/article/view/9953 PENERAPAN SAFETY TALK SECARA BERKALA: MEMBANGUN BUDAYA KESELAMATAN DI LINGKUNGAN PAUD 2025-07-27T17:17:27+07:00 Irna Anjarsari jengierna@gmail.com Atika Zahra Furi jengierna@gmail.com Siti Nurindah Sari jengierna@gmail.com Ririn Linawati jengierna@gmail.com Ana wiyati jengierna@gmail.com <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pelaksanaan stimulasi <em>safety talk</em> secara berkala dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan pengaruhnya terhadap kesadaran serta pemahaman anak-anak mengenai keselamatan dan kesehatan. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, studi ini menerapkan desain studi kasus di beberapa lokasi PAUD, yang melibatkan teknik pengumpulan data seperti wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan diskusi kelompok terfokus (FGD). Data yang terkumpul dianalisis secara tematik untuk mengidentifikasi pola dan tema yang muncul seputar pelaksanaan <em>safety talk</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stimulasi <em>safety talk</em> yang dilakukan secara berkala dapat meningkatkan kesadaran anak akan pentingnya keselamatan dalam lingkungan belajar. Orang tua dan pendidik juga menunjukkan partisipasi aktif dalam mendukung program ini, yang berkontribusi pada terciptanya lingkungan yang aman dan nyaman, di mana anak-anak menunjukkan peningkatan kesadaran dari 25% menjadi 75%, Guru atau tendik 40% menjadi 85 % dan orang tua dari 30% menjadi 80%. Selain itu, penelitian ini menekankan pentingnya penggunaan teknik dan strategi yang relevan dalam menyampaikan materi keselamatan kepada anak-anak. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi pendidik, orang tua, dan pembuat kebijakan dalam meningkatkan pemasangan pengetahuan keselamatan di kalangan anak usia dini. Dengan pendekatan yang sistematis dan berkelanjutan, diharapkan program <em>safety talk</em> mampu menciptakan budaya keselamatan yang lebih baik di lingkungan PAUD</p> <p style="text-align: justify;"><strong>Kata kunci</strong>: stimulasi <em>safety talk</em>, lingkungan belajar</p> <p>&nbsp;</p> 2025-07-27T17:17:27+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/alfitrah/article/view/9956 PEMBELAJARAN COOKING CLASS MAKANAN TARDISIONAL UNTUK MENANAMKAN NILAI- NILAI KEARIFAN LOKAL PADA ANAK USIA DINI DI RA MASYITOH SINGKIR 2025-07-28T00:14:02+07:00 Fatna Nur fatnans07@gmail.com Hidayatu Munawaroh fatnans07@gmail.com Muhtar Sofwan Hidayat fatnans07@gmail.com <p style="text-align: justify;">Arus globalisasi memberikan pengaruh signifikan terhadap budaya lokal, termasuk dalam aspek kuliner, di mana keberadaan makanan cepat saji mulai menggantikan peran makanan tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kearifan lokal kepada anak usia dini melalui kegiatan pembelajaran <em>cooking class</em> yang berfokus pada pembuatan makanan tradisional di RA Masyitoh Singkir. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kegiatan <em>cooking class</em> makanan tradisional mampu menumbuhkan berbagai nilai kearifan lokal, antara lain nilai religius, kedisiplinan, kemandirian, kejujuran, sikap hormat dan santun, rasa percaya diri, kerja keras, semangat pantang menyerah, keadilan, jiwa kepemimpinan, serta kerendahan hati. Meskipun demikian, beberapa nilai seperti tanggung jawab, kreativitas, kepedulian, kasih sayang, toleransi, dan cinta damai belum sepenuhnya berkembang. Adapun kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya meliputi keterbatasan keterampilan motorik halus anak, aspek keamanan, tingkat konsentrasi, serta sarana prasarana yang belum memadai. Secara keseluruhan, pembelajaran <em>cooking class</em> makanan tradisional dinilai efektif dalam menanamkan nilai budaya lokal sejak usia dini.</p> <p style="text-align: justify;"><strong>Kata kunci</strong>: <em>cooking class</em> makanan tardisional, nilai- nilai kearifan lokal, anak usia dini</p> 2025-07-28T00:14:02+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/alfitrah/article/view/9957 PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI UMBRELLA GAMES DI TK PERTIWI WRINGINANOM 2025-07-28T00:32:09+07:00 Namira Kurnia Namirakurnia06@gmail.com Asep Sunarko Namirakurnia06@gmail.com Vava Imam Agus Faisal vavaimam@unsiq.ac.id <p style="text-align: justify;">Penelitian ini memiliki tujuan untuk peningkatan kemampuan kognitif anak pada usia dini melalui umbrella games di TK Pertiwi Wringinanom. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan kognitif anak usia dini dalam dapat meningkat setela diberi tindakan melalui Umbella games. Dengan Indikator pengenalan angka 1-20, mampu mengenal warna, mampu memecahkan masalah sederhana mampu membandingkan besar kecil dan mampu dalam penjumlahan pengurangan sederhana. Hal ini menunjukan hasil penelitian kemampuan kognitif anak usia dini sebelum tindakan 8,33% kemudian diberi tindakan pada siklus I mendapatkan presentase&nbsp; 75% dari hasil pengamatan pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 66,67% dengan kriteria berkembang sesuai harapan, kemudian pada siklus II ini kemapuan kognitif anak usia dini mengalami peningkatan yang sangat baik yaitu mencapai indikator keberhasilan 91,67% dari 12 anak mencapai indikator berkembang sangat baik,&nbsp; presentase peningkatan pra siklus sampai ke penelitian terakhir mengalami keberhasilan dengan presentase 83,34 % sehingga mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Demikian metode umbrella games dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini dalam kegiatan pembelajaran.</p> <p style="text-align: justify;"><strong>Kata Kunci: </strong><em>Peningkatan kemampuan kognitif, Umbrella games</em></p> <p><em>s</em></p> 2025-07-28T00:26:19+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/alfitrah/article/view/9958 HUBUNGAN BACKSOUND SOSIAL MEDIA TIKTOK TERHADAP PERKEMBANGAN KELANCARAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI 2025-07-28T01:54:35+07:00 Nurul Zalsa Nabillah zalsanabillah803@gmail.com Widi Wulansari zalsanabillah803@gmail.com Dema Yulianto zalsanabillah803@gmail.com <p style="text-align: justify;">Penelitian ini dilatarbelakangi pengalaman dan hasil pengamatan peneliti, bahwa permasalah yang terjadi yaitu melihat banyaknya anak yang terpapar sosial media<em> TikTok</em> khususnya pada <em>Backsound </em>&nbsp;Sosial Media <em>TikTok</em> terutama yang terjadi pada TK Pertiwi II Sukoharjo. Dampaknya rata rata anak cenderung untuk menonton konten <em>TikTok </em>yang di dalamnya terdapat <em>Backsound TikTok </em>yang mana di asumsikan berpengaruh terhadap kelancaran kemampuan berbicara pada anak usia dini. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan dan seberapa besar, serta arah hubungan antara <em>backsound</em> sosial media <em>TikTok </em>dengan kelancaran kemampuan berbicara anak usia dini. Pendekatan yang di lakukan pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasional. Teknik pengumpulan data yang di gunakan berupa angket atau kuisioner dengan subjek penelitian adalah anak didik di TK Pertiwi II Sukoharjo dan KB Tunas Bangsa Sukoharjo dan orang tua sebagai respondennya. Terdapat 2 (dua) jenis angket yang digunakan, yaitu angket untuk mengukur kemampuan berbicara dan angket untuk mengetahui Penggunaan sosial media <em>TikTok</em> pada anak, khususnya <em>backsound</em> pada konten sosial media <em>TikTok</em>. Hasil pada penelitian ini diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara <em>Backsound </em>Sosial Media TikTok terhadap Kelancaran Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini, dengan arah korelasi positif dan nilai koefisien korelasi sebesar 0.342. Hasil tersebut berdasarkan perhitungan uji korelasi Spearman NonParametrik yang mendapatkan hasil signifikasi 0.022 yang mana hasil tersebut kurang dari tingkat signifikansi yang telah di tentukan yaitu &lt; 0.05. Dengan hasil tersebut didapatkan kesimpulan bahwasanya terdapat hubungan yang signifikan dan positif dari Backsound Sosial Media Tiktok Terhadap Kelancaran Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini.</p> <p style="text-align: justify;">&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong><em>Backsound TikTok, </em>Kelancaran, Kemampuan Berbicara, Anak Usia Dini.</p> 2025-07-28T01:54:35+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/alfitrah/article/view/9959 PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA ANAK USIA DINI 2025-07-28T07:57:54+07:00 Fitri Junianti fitrijunianti09@gmail.com Sibawaihi Sibawaihi fitrijunianti09@gmail.com Sigit Purnama fitrijunianti09@gmail.com Nadia Futhira fitrijunianti09@gmail.com Khoirotin Khoirotin fitrijunianti09@gmail.com Awallia Romadhona fitrijunianti09@gmail.com <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan Islam berbasis kearifan lokal pada anak usia dini di TK Sambino, Aceh, serta menelaah peranannya dalam membentuk karakter dan identitas anak di tengah arus globalisasi. Menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data melaluii observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan informan utama guru disekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur agama dan budaya lokal diintegrasikan secara efektif dalam kegiatan pembelajaran, seperti pembiasaan mengaji dengan pendekatan bilingual (bahasa Indonesia dan Aceh), pengenalan serta penggunaan pakaian adat Aceh, pengajaran lagu-lagu daerah, dan pelibatan anak dalam permainan tradisional. Kegiatan mengaji tidak hanya memperkuat pemahaman agama dan kemampuan membaca Al-Qur’an, tetapi juga melestarikan bahasa daerah sebagai identitas budaya. Penggunaan pakaian adat dan lagu daerah memperkuat rasa bangga dan cinta anak terhadap warisan leluhur, sementara permainan tradisional berperan dalam pengembangan aspek motorik, sosial, dan emosional. Penelitian ini juga menekankan pentingnya kolaborasi antara guru dan orang tua dalam mendukung pembiasaan positif di sekolah dan di rumah. Temuan ini membuktikan bahwa pendidikan Islam berbasis kearifan lokal mampu membentuk generasi yang berakhlak mulia, mencintai budaya, dan siap menghadapi tantangan global tanpa kehilangan jati diri. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam pengembangan kurikulum pendidikan Islam yang relevan, kontekstual, dan adaptif terhadap budaya lokal di berbagai daerah Indonesia.</p> <p style="text-align: justify;">&nbsp;</p> <p style="text-align: justify;"><strong>Kata Kunci: </strong><em>Anak Usia Dini, Pendidikan Islam, Kearifan Lokal</em></p> 2025-07-28T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement##