https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/alfitrah/issue/feed Al-Fitrah (Jurnal Kajian Pendidikan Anak Usia Dini) 2025-01-23T05:29:13+07:00 Open Journal Systems <p>Jurnal AL Fitrah marupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) &nbsp;Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo. Terbit pertama kali tahun 2022. Jurnal Al Fitrah memuat artikel hasil penelitian maupun kajian ilmiah para peneliti, dosen, mahasiswa maupun para praktisi di bidang Pendiakan Anak Usia Dini. Jurnal Fitrah sebagai salah satu wadah yang bertujuan untuk memperluas dan menciptakan inovasi konsep, teori, paradigma, perspektif dan metodologi dalam mengembangkan pendidikan anak usia dini. Jurnal Al-Fitrah terbit 2 kali setahun pada bulan Januari dan Juli.</p> https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/alfitrah/article/view/6485 PENERAPAN PEMBELAJARAN PRACTICAL LIFE UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B DI TK PERTIWI DERODUWUR 2025-01-23T05:29:13+07:00 muflihah aini muflihahaini67@gmail.com Vava Imam Agus Faisal vavaimam@unsiq.ac.id <p><em>Independence in children is very important. Group B early childhood children at Pertiwi Deroduwur Kindergarten should have developed their independence, but there are some children who still need guidance from teachers, and some children's independence has not yet developed. The research aims to find out about independence in early childhood group B at Deroduwur Kindergarten, to find out the application of practical life to increase the independence of early childhood children in group B at Pertiwi Deroduwur Kindergarten, and to find out the supporting and inhibiting factors.</em></p> <p><em>The research results show that practical life learning at Pertiwi Deroduwur Kindergarten has gone well. Practical life learning such as taking off/putting on shoes, eating and drinking alone, washing hands, brushing teeth, not being accompanied by parents when in class, having the courage to appear in front of the class, saying please/excuse me/thank you can increase independence optimally.</em></p> <p><strong><em>Keywords:</em></strong><em> Independence, practical life, early childhood</em></p> 2025-01-14T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/alfitrah/article/view/8782 MENGASAH KECERDASAN INTRAPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MENDONGENG 2025-01-14T12:32:18+07:00 Rosa Imani Khan rossa_rose@unpkediri.ac.id <p>Kecerdasan intrapersonal ialah kecerdasan yang menekankan pada kemampuan untuk memahami diri sendiri dan bertindak secara adaptif berdasarkan pemahaman tersebut. Saat manusia mampu memahami diri sendiri dengan baik maka ia akan cenderung mampu memilih dan memutuskan tindakan yang tepat untuk kebaikan dirinya. Masa usia dini adalah saat paling tepat untuk mulai memberikan stimulasi perkembangan kecerdasan intrapersonal. Salah satu cara untuk mengasah kecerdasan intrapersonal pada anak usia dini adalah melalui kegiatan mendongeng. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan <em>(library research)</em>, yakni penelitian yang memiliki tujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan berbagai materi yang berasal dari kepustakaan, misalnya dari buku, makalah dan lain sebagainya, kemudian dilakukan interpretasi untuk menggambarkan tentang stimulasi kecerdasan intrapersonal anak usia dini melalui kegiatan mendongeng. Hasil analisis data dari penelitian ini akan disajikan dalam bentuk deskripsi. Pelibatan anak dalam kegiatan mendongeng seperti saat pemilihan tema dongeng, menanyakan perasaan anak tentang cerita yang sedang berjalan, meminta anak melanjutkan cerita dan penyediaan tokoh protagonis dalam dongeng akan menjadi wahana bagi anak untuk mengasah kecerdasan intrapersonalnya</p> <p><strong>Kata kunci</strong>: kecerdasan intrapersonal; anak usia dini; mendongeng.</p> 2025-01-14T12:32:18+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/alfitrah/article/view/8784 PENGGUNAAN PERMAINAN LEMPAR DADU AJAIB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA PADA KELOMPOK A DI RA NURUL JAMAL 2025-01-14T12:53:05+07:00 Niken Ramandhani Novi Enjelia nikenramandhani26@gmail.com Isfauzi Hadi Nugroho nikenramandhani26@gmail.com Veny Iswantiningtyas nikenramandhani26@gmail.com <p>Kemampuan mengenal angka anak di RA Nurul Jamal masih tergolong rendah. Terdapat anak masih mengalami kesulitan menghubungkan simbol dengan angka karena pembelajaran yang masih menggunakan media klasikal seperti papan tulis. Permainan lempar dadu ajaib adalah permainan modifikasi yang digunakan untuk meningkatkan pada aspek kognitif khususnya pada kemampuan mengenal angka. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan atau tindakan, observasi atau pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan dokumentasi, dengan instrumen yang digunakan berupa lembar penelitian catatan observasi, dokumentasi berupa foto, rencana pelaksanaan pembelajaran harian. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan lempar dadu ajaib efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak kelompok A menunjukkan bahwa pada pra siklus 31,57%, kemudian pada siklus I sebesar 63,15%, kemudian pada siklus II, terjadi peningkatan dengan hasil mencapai 84,21%. Temuan penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dalam kemampuan mengenal angka anak melalui permainan lempar dadu ajaib RA Nurul Jamal.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong><em> mengenal angka; lempar dadu ajaib</em>; <em>Anak usia dini</em></p> 2025-01-14T12:53:05+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/alfitrah/article/view/8792 MENINGKATKAN KREATIVITAS SENI ANAK USIA DINI MELALUI PENGGUNAAN WARNA 2025-01-23T05:17:48+07:00 Atika Wirdasari atikawirdasari@uinjambi.ac.id Nurlinda , atikawirdasari@uinjambi.ac.id Rahma Septiana atikawirdasari@uinjambi.ac.id <p>Penelitian ini membahas tentang peningkatan kreativitas seni anak usia dini menggunakan warna melalui media seni rupa di Taman Kanak-Kanak Al-Ikhlas Sungai Gelam, Desa Tri Mulya Jaya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain Kemmis &amp; Taggart yang berbentuk spiral, yang terdiri dari siklus-siklus yang saling berhubungan. Setiap siklus mencakup empat komponen utama: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media seni rupa efektif dalam meningkatkan kreativitas seni anak usia dini melalui penerapan warna di sekolah. Media seni rupa digunakan dalam kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Berdasarkan hasil dari dua siklus, terdapat peningkatan yang signifikan pada kreativitas anak-anak. Pada siklus 1 pertemuan 1, hasilnya adalah: BB (Belum Berkembang) 10 anak (62%), MB (Mulai Berkembang) 4 anak (25%), BSH (Berhasil Sesuai Harapan) 2 anak (12%), BSB (Berhasil Sangat Baik) 0 anak. Pada siklus 1 pertemuan 2, hasilnya adalah: BB 0 anak, MB 8 anak (50%), BSH 5 anak (31%), BSB 3 anak (18%). Pada siklus 2 pertemuan 1, hasilnya adalah: BB 0 anak, MB 0 anak, BSH 8 anak (50%), BSB 8 anak (50%). Pada siklus 2 pertemuan 2, hasilnya adalah: BB 0 anak, MB 0 anak, BSH 3 anak (18%), BSB 13 anak (81%).</p> <p><strong>Kata kunci</strong>: Kreativitas Anak, Seni Rupa, Usia Dini</p> 2025-01-15T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement##