PENERAPAN SAFETY TALK SECARA BERKALA: MEMBANGUN BUDAYA KESELAMATAN DI LINGKUNGAN PAUD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pelaksanaan stimulasi safety talk secara berkala dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan pengaruhnya terhadap kesadaran serta pemahaman anak-anak mengenai keselamatan dan kesehatan. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, studi ini menerapkan desain studi kasus di beberapa lokasi PAUD, yang melibatkan teknik pengumpulan data seperti wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan diskusi kelompok terfokus (FGD). Data yang terkumpul dianalisis secara tematik untuk mengidentifikasi pola dan tema yang muncul seputar pelaksanaan safety talk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stimulasi safety talk yang dilakukan secara berkala dapat meningkatkan kesadaran anak akan pentingnya keselamatan dalam lingkungan belajar. Orang tua dan pendidik juga menunjukkan partisipasi aktif dalam mendukung program ini, yang berkontribusi pada terciptanya lingkungan yang aman dan nyaman, di mana anak-anak menunjukkan peningkatan kesadaran dari 25% menjadi 75%, Guru atau tendik 40% menjadi 85 % dan orang tua dari 30% menjadi 80%. Selain itu, penelitian ini menekankan pentingnya penggunaan teknik dan strategi yang relevan dalam menyampaikan materi keselamatan kepada anak-anak. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi pendidik, orang tua, dan pembuat kebijakan dalam meningkatkan pemasangan pengetahuan keselamatan di kalangan anak usia dini. Dengan pendekatan yang sistematis dan berkelanjutan, diharapkan program safety talk mampu menciptakan budaya keselamatan yang lebih baik di lingkungan PAUD
Kata kunci: stimulasi safety talk, lingkungan belajar