IMPLEMENTASI MEDIA KOTAK PINTAR UNTUK MENINGKATKAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris anak usia dini melalui implementasi media kotak pintar di RA Masyithoh Al-Manan, Kebrengan, Mojotengah, Wonosobo. Media kotak pintar adalah alat pembelajaran inovatif yang dirancang untuk menarik minat anak dengan kombinasi kartu bergambar dan huruf. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diterapkan dalam dua siklus, meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan mengenal kosa kata bahasa Inggris. Pada pra-siklus, sebagian besar anak berada di kategori "mulai muncul" (95,65%), sementara pada siklus II, 73,91% anak berada di kategori "sering muncul" dan 21,7% di kategori "konsisten." Penggunaan media kotak pintar efektif meningkatkan penguasaan kosa kata, antusiasme, dan rasa percaya diri anak. Media ini direkomendasikan sebagai metode pembelajaran kreatif untuk anak usia dini.
Kata kunci: Kotak Pintar, Pembelajaran Inovatif.